Tutorial Aplikasi

Cara Mengunduh dan Menginstal Patch Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.b

Dalam melakukan pengunduhan dan penginstalan untuk patch aplikasi dapodikdasmen versi 2020.b terbaru. Ada beberapa hal yang harus operator sekolah perhatikan diantaranya sebelum melakukan perubahan data sekolahnya harus mengetahui beberapa perubahan dan perbaikan yang telah dilakukan oleh dapodikdasmen.

Dengan mengetahui beberapa informasi dapat mengurangi kesalahan dalam penginputan data sekolahnya. Karena kesalahan sekecil apapun dalam penginputan data, dapat merugikan sekolah yang kalian datanya telah tersingkron dengan server pusatnya.

Sebab jika data yang telah terkirim secara online terkadang langsung berubah bahkan paling lama perubahan dapat terjadi selama 24 jam. Jadi jika data yang kalian kirimkan ada kesalahan maka harus menunggu dengan waktu yang cukup lama kembali.

Usahakan dalam melakukan penginputan lebih teliti agar data yang telah tersingkron secara benar tidak mengalami perubahan. Sebaiknya check terlebih dahulu dengan melakukan pengulangan pengecheckan secara teliti sebelum data yang sudah terinput akan disingkronkan nantinya.

Dalam melakukan penginputan ada beberapa hal yang harus operator sekolah lakukan yaitu melakukan pengunduhan data melalui situs web dapodikdasmen atau mengetahui link unduhan aplikasi dapodikdasmennya.

Dibawah ini adalah alamat web situs dapodikdasmen dan link unduhan aplikasi dapodidasmen versi 2020.b yang dapat kalian unduh dengan cepat dan mudah. Bagi sekolah yang akan melakukan penginstalan aplikasi dari awal atau baru.

Mungkin itu beberapa Link dan Situs Web Dapodikdasmen yang dapat kalian pergunakan setelah melakukan pengunduhan sebagai langkah awal dalam melakukan mengunduhan file dapodiknya.

Sebelum kalian melakukan penginstalan dengan patch dapodik yang baru ada beberapa perubahan dan perbaikan yang perlu kalian pelajari dan ketahui. Dan dapat bermanfaat bagi kelancaran proses penginputan dan pengsingkronan data pada aplikasi dapodikdasmen terbarunya.

Proses penguduhan telah dilakukan, untuk langkah selanjutnya kalian lakukan penginstalan patch aplikasi dapodikasmen yang versi 2020.b kedalam server laptop operator sekolahnya. Jika aplikasi dapodikdasmen sudah tersedia didalam laptop servernya tinggal kalian lakukan penginstalan perubahan seperti yang dilakukan dibawah ini:

Langkah Penginstalan Patch Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.b

  • Langkah pertama masuk kedalam aplikasi dan login dengan menggunakan user dan password sekolahnya.
  • Langkah kedua setelah masuk cari didalam menu dapodiknya dengan mengklik cek pembaharuan aplikasi. Kemudian klik pada tombol pembaharuan maka dapodik akan secara otomatis melakukan langkah pembaharuan.
  • Langkah ketiga setelah selasai melakukan proses pembaharuan kalian jangan menutup jendela browser aplikasinya. Karena jika kalian tutup maka harus kalian ulang kembali pembaharuannya.
  • Langkah keempat setelah itu klik untuk langkah terakhir muat ulang halaman sekarang, maka akan memuat kembali data yang sudah kalian perbaharui. Jika ingin merefresh kembali dapat kalian gunakan dengan mengkik tombol Crtl+F5.

Setelah melakukan perubahan secara otomatis lakukan pengecheckan data yang sudah diperbaharui untuk melengkapinya. Dan jangan lupa pastikan dapodikdamsen sudah menjadi versi terbaru menjadi dapodikdasmen 2020.b.

Setelah dapodik sudah benar dan terpasang dengan versi yang terbaru. Saatnya kalian melakukan penginputan data sekolahnya yang sekiranya belum kalian lengkapi dan masih kosong. Namun dalam penginputan data diusahakan harus lebih teliti dan lebih hati-hari dalam pengisiannya.

Dalam melakukan penginstalan pembaharuan dan perbaikan data aplikasi tersebut jangan lupa jaringan internet laptop kalian harus tersambungan. Karena penginstalan secara mudah dan cepat dengan cara jaringan internetnya selalu on.

About the author

AgusMBA

Leave a Comment