Tutorial Aplikasi

Cara Menonaktifkan InPrivate Browsing di Microsoft Edge

Versi Chromium dari Microsoft Edge membuat browser ini benar-benar menarik sehingga mampu meningkatkan popularitasnya. Hanya dalam beberapa bulan saja, popularitas browser ini pun berhasil mengalahkan Mozila Firefox.

Ada banyak fitur yang dibawa oleh Microsoft Edge, seperti kemampuan untuk menyinkronkan data penelusuran untuk semua perangkat, bisa menggunakan ekstensi Google Chrome dan fitur InPrivate Browsing yang membuat pengguna merasa aman saat mengakses internet.

Untuk fitur terakhir, yaitu InPrivate, fitur tersebut memiliki kesamaan dengan fitur InPrivate di Microsoft Edge versi sebelumnya dan fitur Incognito di Google Chrome. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna bisa mengakses website dan melakukan sejumlah aktivitas lain tanpa perlu khawatir jika ada orang yang melihat riwayat penelusurannya.

Ini karena fitur tersebut membuat catatan history atau riwayat penelusuranmu di Microsoft Edge tidak akan tersimpan secara offline.

Jika kamu berbagi komputer atau laptop dengan orang lain, baik teman ataupun keluarga dan tak ingin aktivitasmu diketahui orang lain, maka tentu ini akan menjadi fitur yang sangat berguna.

Tetapi hal ini akan berbeda jika kamu berbagi laptop atau komputer dengan keluarga dan kamu tidak suka menggunakan InPrivate Browsing. Tentunya kamu juga tidak ingin anggota keluarga mengakses komputer dan berselancar di Internet tanpa kamu tahu apa yang mereka lakukan dan website mana yang mereka kunjungi.

Apalagi jika kamu memiliki anak. Kamu tentu ingin melindungi anakmu dari konten negatif. Jika anak menggunakan InPrivate Browsing, maka kamu tidak akan bisa melacak aktivitasnya.

Jika demikian, maka pilihan terbaik adalah dengan menonaktifkan InPrivate Browsing di Microsoft Edge sehingga anak atau keluarga kita yang lain tidak dapat mengakses fitur tersebut.

Lalu bagaimana cara menonaktifkan InPrivate Browsing di Microsoft Edge?

Menonaktifkan InPrivate Browsing di Microsoft Edge

Untuk menoaktifkan InPrivate Browsing di Microsoft Edge, kamu bisa membuat pengaturan sederhana di system registry. Tetapi daripada bermain-main dengan system registry yang dapat berpotensi merusak sistem, lebih baik gunakan cara yang lebih sederhana.

Caranya adalah dengan menggunakan Command Prompt atau Windows PowerShell.

Pertama, buka Windows Search dengan menekan kombinasi tombol Windows+S. Atau jika kolom pencarian sudah tersedia di taskbar, langsung saja ketik cmd. Setelah itu pilih Run as Administrator untuk memjalankan Command Prompt dalam mode administrator.

Jika kamu lebih nyaman menggunakan Windows PowerShell, maka ketik powershell di kolom pencarian dan klik Run as Administrator untuk menjalankan program tersebut dalam mode administrator.

Selanjutnya, jika kamu menggunakan Command Prompt, copy dan paste perintah berikut.

REG ADD HKLMSOFTWAREPoliciesMicrosoftEdge /v InPrivateModeAvailability /t REG_DWORD /d 1

ketik Y untuk melanjutkan proses.

Tapi jika kamu menggunakan Windows PowerShell, maka copy dan paste perintah berikut.

cmd.exe /c REG ADD HKLMSOFTWAREPoliciesMicrosoftEdge /v InPrivateModeAvailability /t REG_DWORD /d 1

Tekan Enter. Lalu begitu The Operation Completed Successfully muncul di layar, tutup jendela Command Prompt atau PowerShell.

Tutup Microsoft Edge, lalu buka kembali.

Setelah itu, buka menu Microsoft Edge Chromium. Di sana, kamu akan menemukan pilhan New InPrivate Windows menjadi abu-abu dan tidak dapat digunakan. Begitu pun dengan Ctrl+Shift+N. Shortcut keyboard tersebut tidak dapat membuka New InPrivate Window.

Mengaktifkan Kembali InPrivate Browsing

Jika kamu ingin kembali mengaktifkan InPrivate Browsing, maka buka Command Prompt dan jalankan perintah ini.

REG DELETE HKLMSOFTWAREPoliciesMicrosoftEdge /v InPrivateModeAvailability /f

Jika kamu menggunakan PowerShell, jalankan perintah ini

cmd.exe /c REG DELETE HKLMSOFTWAREPoliciesMicrosoftEdge /v InPrivateModeAvailability /f

Setelah menjalankan perintah tersebut, pastikan kamu menutup jendela Command Prompt atau PowerShell. Setelah itu, tutup Microsoft Edge Chromium dan buka kembali.

About the author

Alvin

Leave a Comment