Perbankan Tutorial

Cara Menonaktifkan SMS Notifikasi BRI Saat Transaksi Bank BRI

Hai gaes, hari ini saya akan sedikit cerita terkait bagaimana cara menonaktifkan sms notifikasi dari bri. Yang pada saat setiap transaksi pada rekening yang kamu miliki. Kamu akan mendapatkan pemberitahuan lewat sms yang akan memotong biaya pulsa pada saldo atm di rekening bank bri kamu. Terutama yang sudah aktivasi internet bank bri di aplikasi mobile banking bri. Kamu akan otomatis menerima sms seperti pemberitahuan transaksi uang masuk dan keluar. Dan bisa saja merugikan kamu dalam pemotongan saldo di rekening bank.

Jujur, saya baru membuat bank bri akhir akhir ini. Dan baru tahu, bahwa sms akan dikenakan biaya pada saldo atm kita. Dan sebenarnya layanan sms ini sudah dibuat sejak awal oleh bank bri. Untuk memberitahukan kepada user bahwa ada transaksi yang masuk.

Termasuk kamu pengguna mobile banking bri (sms banking) serta internet banking. Akan tetap menerima sms notifikasi dari bri setiap ada aktivitas transaksi pada rekening kamu. Biasanya sms akan terkirim pada nomor yang terdaftar di bri, dan kamu akan mendapatkan pemberitahuan rutin setiap kali transaksi. Sekalipun hal tersebut anda tidak menginginkannya.

Mungkin bagi sebagian orang malah suka dan menginginkan dengan adanya pemberitahuan otomatis lewat sms ini. Tetapi, ada juga yang malah tidak suka karena saldo rekening nya terpotong oleh biaya sms. Yang biasanya dikenakan tarif 500 rupiah per sms notifkasi.

Lalu hal apakah yang seharusnya yang kamu lakukan untuk menonaktifkan sms notifikasi dari BRI saat melakukan transaksi ?.

Cara Menonaktfikan SMS Notifikasi BRI

Yang saya ketahui, bahwa untuk menonaktifkan sms notifikasi ada 2 opsi. Sesuai dengan pengalaman saya, kamu bisa datang ke kantor bri terdekat untuk menonaktifkan pemberitahuan sms bri ini. Opsi kedua adalah juga dapat dilakukan dirumah, yaitu melalui telepon call center pusat dari bri. Jadi, kamu dapat menonaktifkan sms notif ini melalui rumah saja.

Cara Menonaktifkan SMS Notifikasi Tanpa Ke Kantor BRI

  1. Telpon Ke Kantor Pusat BRI dengan nomor telpon perusahaan 14017 / 1500017
  2. Kalau di wilayah saya Tanjungpinang Menggunakan kode di awal 0771 + nomor kantor bri 14017. Sesuaikan dengan kode wilayah anda jika menggunakan kartu prabayar biasa. Jika menggunakan telpon rumah, kalian dapat menghubungi nomor tersebut.
  3. Usahakan pulsa diatas 20.000 agar durasi menelpon agak lama. Biasanya telepon kantor/perusahaan memakan pulsa yang lumayan agak menguras pulsa.
  4. Setelah tersambung, silahkan ceritakan keluhan anda pada petugas kantor bri disana.
  5. Kamu akan diarahkan bagaimana cara menonaktifkan sms notifikasi tersebut.
  6. Petugas Menindaklanjuti Permasalahan Anda.
  7. Selesai. Seharusnya, Notifikasi SMS Tidak akan Muncul Lagi.

Cara Menonaktifkan SMS Notifikasi Ke Kantor BRI Terdekat

  1. Datang ke kantor BRI terdekat
  2. Persyaratan yang harus dibawa adalah Buku tabungan BRI, KTP, KK dan Kartu ATM Anda.
  3. Ambil Nomor Antrian.
  4. Ceritakan Keluhan anda, dan minta untuk menonaktifkan sms notifikasi BRI setiap kali ada transaksi.
  5. Petugas akan menindaklanjuti permasalahan kamu.
  6. Selesai. Seharusnya, Notifikasi SMS Tidak akan Muncul Lagi.

Catatan Singkat

Perlu diketahui bahwa potongan tarif pulsa per sms adalah 500 rupiah.

Jadi, kalau sobat ada transaksi kisaran 10 saja perbulan, maka perkaliannya adalah 500 x 10 = 5000 rupiah. Semua biaya bukan dikenakan ada potongan pulsa di nomor yang terdaftar. Namun, biaya akan dipotong dari saldo rekening bank bri kamu.

Sebagai contoh, ini adalah riwayat mutasi rekening bank saya yang dipotong oleh BRI.

SMS BANK BRI
SMS BANK BRI

Saya mencari beberapa referensi dari pihak BRI, dan dikatakan bahwa pemotongan saldo dilakukan secara berkala. Yaitu 4 kali dalam sebulan. Yang artinya dimulai dari tanggal 1, 4, 8, 12, 16, 20, 24 28 setiap bulannya. Menurut saya sih, agak rugi bukan dengan adanya biaya pemotongan saldo ini. Sebaiknya itu terserah kalian, apabila berguna biarin saja. Dan apabila merugikan, dapat di nonaktifkan atau menghentikannya dengan cara diatas tadi.

Sekiranya, ini bisa membantu, silahkan dibagikan ke teman teman lain yang membutuhkan ya. Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kamu semua pengguna rekening BRI. Saya akhiri dulu artikel ini, Semoga menginspirasi.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment