Internet TipsTrick Tutorial Blog

Cara Menulis Komentar Di Blog Orang Yang Baik Dan Benar

Cara Menulis Komentar Di Blog Orang Yang Baik Dan Benar ~ Apakah masih banyak dari kamu yang masih belum mengetahui bagaimana cara berkomentar di blog orang lain dengan baik dan benar, sekaligus saya akan memberikan tips agar komentar kamu disetujui oleh pemilik blog tersebut. mungkin kata “Blog” sudah tidak asing lagi bukan di telinga kamu, blog itu sendiri sekarang sudah berkembang pesat jauh dari sebelumnya, blogger sangat membantu keperluan yang dibutuhkan oleh seseorang disaat ada kesulitan entah itu online maupun offline.

Di Zaman teknologi yang begitu canggih kini kita bisa memanfaatkan fungsi komentar sebagai sesi diskusi atau tanya jawab. dengan adanya fungsi komentar kita dapat terbantu langsung dari pemilik blog/website tersebut. tidak terlepas dari itu semua, entah itu sosial media, youtube, atau media apapun. pasti tidak asing lagi dengan isitilah komentar.

Komentar di blog berfungsi untuk menanyakan suatu hal, bisa juga menganggapi artikel tersebut, bisa juga mengkritik dengan sifat membangun. ingat ya mengkritik beda halnya dengan mencela. jika salah diartikan maka jika kamu komentar di blog tersebut tidak akan disetujui oleh pemilik blog atau web tersebut.

Dengan catatan, ada pemilik blog/website yang sering aktif dan ada juga yang jarang aktif. jadi tidak semua pemilik blog itu aktif dan bisa jadi mereka mempunyai pekerjaan tetap yang dimilikinya. oleh karena itu jika ingin melihat blog/website itu aktif atau tidak. bisa dilihat dari update artikel terbaru dari blognya. untuk itu saya akan memberikan sedikit tips bagi yang belum mengetahui bagaimana cara menulis komentar di blog orang lain, dan apa apa saja adab ketika berkomentar di blog orang.

Cara Menulis Komentar Di Blog Orang

Suatu Blog/Website juga tidak semuanya sama, ada yang menggunakan platform blogger, ada yang menggunakan platform wordpress dan masih banyak yang lain. dari beberapa jenis platform tadi untuk sekarang yang paling umum digunakan ialah platform blogger dan wordpress. dan ada juga yang sering digunakan oleh seorang pemilik blog/web menggunakan Disqus.

Komentar biasanya terletak pada akhir artikel, bukan diawal ataupun ditengah, apapun blognya biasanya akan diakhiri dengan sesi komentar. tetapi ada juga situs atau website yang tidak ada komentarnya karena keinginan si pemilik web tadi, jadi jika kamu menjumpai sebuah artikel saat browsing di google, anda dapat berinteraksi secara langsung dengan pemilik web tadi melalui form komentar(jika ada ya).

Pada dasarnya, blog mempunyai jenis komentar yang berbeda-beda yang tadi saya katakan, jika kalian menjumpai jenis komentar dibawah ini.. silahkan di ikuti caranya..

Sebelum masuk ke inti pembicaraan, setiap situs/website pasti ada 2(dua) kemungkinan :
Model Komentar Yang Langsung Diterbitkan(Ialah komentar yang bisa langsung tampil)
Model Komentar Yang Menggunakan Moderasi(Ialah komentar yang harus dimoderasi atau disetujui dulu oleh pemilik situs/website)

Jadi Ada Yang Sesi Pertanyaan Begini..

A : Komentar Di Blog Orang Lain, Jika Saya Tidak Mempunyai Blog Bagaimana Mas? Apa Bisa ?
B : Jawabannya Tentu Bisa.

Umumnya yang tadi saya sampaikan, terdapat 2 Model Komentar jika kamu mengomentari blog/website orang lain. berikut ini caranya

#1 Cara Komentar Blog Orang Yang Menggunakan Platform Blogger.

Untuk tips yang pertama ini ialah berkomentar di blog orang lain yang menggunakan paltform blogger

1. Kunjungi Blog Yang Menggunakan Platform Blogger(Contoh : Blog Jagoan Kode)
2. Lihat Kolom Komentar Biasanya Terletak Dibawah.
3. Pastikan Kamu Sudah Login Email Di Browser Kamu

#1 Cara Komentar Blog Orang Yang Menggunakan Platform Blogger.

Bentuk Komentar Jika Blog Menggunakan Platform Blogger

4. Klik Publish/Publikasikan.

Jika Mendapatkan Notice Begini..

“Komentar Anda akan terlihat setelah disetujui.”

5. Biasanya Ada Beberapa Blog Yang Dimoderasi Sehingga Membutuhkan Persetujuan Dari Admin Blog Atau Pemilik Website Tersebut.

6. Selesai.

#2 Cara Komentar Blog Orang Yang Menggunakan Platform WordPress.

Untuk blog yang menggunakan platform wordpress, terkadang mempunyai bentuk form kotak komentar yang berbeda-beda.silahkan baca panduan dibawah ini untuk lebih lengkapnya..

1. Kunjungi Blog Yang Menggunakan Platform WordPress.
2. Biasanya Form Komentarnya Berbeda-beda Variasi Namun Tujuannya Tetap Sama.
3. Silahkan Di Isi Semuanya Dengan Lengkap Seperti Gambar Dibawah Ini

#2 Cara Komentar Blog Orang Yang Menggunakan Platform WordPress.

Bentuk Komentar Jika Blog Menggunakan Platform WordPress

4. Silahkan Submit

5. Biasanya Ada Beberapa Blog Yang Dimoderasi Sehingga Membutuhkan Persetujuan Dari Admin Blog Atau Pemilik Website Tersebut.

6. Selesai

#3 Cara Komentar Di Disqus

Biasanya disqus ini juga amat sering dipakai dikalangan blogger, jadi wajar saja jika disqus ini ditemui digunakan oleh banyak orang, karena fitur terbarunya yang menggunakan icon yang membuat fitur komentar lebih menarik dari sebelumnya, kalian wajib coba.. untuk caranya silahkan lihat cara dibawah berikut ini..

1. Jika Belum Pernah Membuat Akun Disqus, Silahkan Daftar Klik Disini..
2. Kunjungi Blog Yang Menggunakan Disqus.

#3 Cara Komentar Di Disqus

Bentuk Komentar Jika Menggunakan Disqus

3. Langsung Tekan Tombol Post Disana
4. Selesai Dan Langsung Tampil Jika Menggunakan Disqus.
Adab – Adab Ketika Berkomentar Di Blog Orang Lain

Pastinya setiap berkomentar juga mempunyai adab bukan ?, nah apa apa saja yang harus anda ketahui ketika berkomentar di blog orang dan apa saja larangan yang biasanya ditetapkan oleh si pemilik situs/website tadi. yukk simak..

1. Berkomentarlah Sesuai Topik Dari Artikel Tersebut

Hal yang paling diutamakan ketika berkomentar ialah berkomentar sesuai dengan topiknya, itu artinya jangan berkomentar yang aneh-aneh, biasanya saat sipemilik membaca komentar kamu yang berlainan dari topik, tidak akan bertahan lama. admin biasanya akan langsung menghapus komentar kamu dengan sekejap mata.

2. Sopan Dalam Bertanya.

Jika kamu tinggal di indonesia, pasti kamu sering melihat fenomena ini. bukan hanya di blog namun di sosial media apalagi, kerap kali kita sering menghujat orang yang ingin maju sehingga membuat mental seseorang menjadi down. biasakannlah berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak memaksa orang lain untuk menjawab pertanyaan kamu.

3. Tidak Meletakkan Link Atau Sejenisnya.

Bukannya tidak mau di poin ketiga ini, link pada komentar juga berpengaruh terhadap dampak seo blog pemilik situs, banyaknya link keluar yang tidak jelas membuat pemilik admin blog/situs tersebut akan langsung menanggapi dan langsung menghapusnya secara permanen. jadi jika ingin meletakkan link lihat dulu beberapa blog yang menyetujui seperti umumnya berkomentar di platform wordpress dan disqus.

4. Tidak Mengandung Unsur Promosi, O*bat, P*rn*grafi, J*di, H*ck.

Paling pantang ketika seseorang berkomentar menggunakan Promosi, O*bat, P*rn*grafi, J*di, H*ck atau sejenisnya, karena sudah berlainan dari tujuan komentar tersebut sehingga biasanya komentar Promosi, O*bat, P*rn*grafi, J*di, H*ck promosi tidak akan ditampilkan dengan secara cuma-cuma oleh admin blog tersebut

5. Berikan Feedback yang Bagus Terhadap Pemilik Blog.

Untuk membangun negara kita yang tercinta ini, biasakanlah untuk memberi pujian kepada orang lain, jangan biasakan mencela orang lain. tujuan feedback tersebut dapat membantu penyemangat admin blog tersebut untuk pembangunan situs yang lebih sempurna lagi.

Akhir Kata.

Jadi Itulah tadi penjelasan saya mengenai “Cara Menulis Komentar Di Blog Orang Yang Baik Dan Benar” apabila anda membacanya dari awal sampai habis saya mengucapkan terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat bagi kelangsungan blog di indonesia juga tentunya. jadi sekarang kamu dapat berkomentar deh ke blog orang lain. biasakan juga membaca tiap harinya, karena dengan membaca kamu dapat menambah ilmu yang kamu miliki, mungkin sekian saja saya tutup apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf, sampai jumpa ^_^

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment

2 Comments

  • Wajarin saja mas, di indonesia memang begitu individu-nya, hehe kebanyakan yang berkomentar di blog saya juga banyak begitu. bukan maksud apa apa. tetapi terkadang ada saja yang ingin menjatuhkan mental kita sendiri mas, karena di indonesia kebanyakan orang yang cuman bisa berkomentar dan mencela orang lain tapi dianya gabisa apa-apa, nah pola pikir kita sebagai blogger nanggepin itu sih cuek aja mas 🙂 Semoga Bermanfaat

  • Ulasan yang mencerahkan gan. saya tertarik dengan poin 5. Saya berlabuh di artikel agan ini karena ada juga beberapa orang yang berkomentar tidak memperhatikan perbedaan antara memberi masukan dengan menyalahkan tulisan yang telah dibuat.

    Beberapa waktu lalu, saya mendapat komentar dari salah satu artikel yang ane publish. Bahasa sang komentator zeolah-olah apa yang saya tulis salah besar.

    Sebetulnya saya ingin mempublish komentar seperti itu, dan melakukan sanggahan. Namun, bisa saja para pembaca nanntinya menjadi bingung kalau melihat perdebatan yang ada dalam komentar.