Tutorial

Cara Menyisipkan Karakter Paling Awal Dengan Notepad++

Jika kalian sedang menyelesaikan sebuah tugas baik itu koding script ataupun sedang menginput data mungkin pasti ada salah satu dari teman teman yang membutuhkan cara ini.Bila data yang akan kita tambahkan itu berjumlah ratusan atau mungkin ribuan sangat mustahil untuk kita ketikan satu persatu.

Tidak sah rasanya jika bekerja, tidak dengan kreativitas. Karena selain capek dan repot. Kita juga akan kehabisan banyak waktu.Bukan tanpa alasan admin menulis artikel dengan tema ini. Karena sebelumnya admin telah mencari dan menggunakannya pada projects admin sebelumnya. Dan terbukti sangat membantu sekali. Selain mudah kita hanya perlu melakukannya secara otomatis.

Jadi dengan kata lain kita tidak perlu memeriksa inputan yang salah. Karena data yang telah ditambahkan tadi sudah sesuai dengan format yang kita inginkan. Dari awal hingga akhir. Pada artikel admin yang sebelumnya mengenai

Baca artikel : Cara Menambahkan Tanda Kutip Diawal Dan Akhir Dengan Notepad++

Telah dijelaskan mengenai cara blablaba. Nah cara yang dilakukan pada artikel sebelumnya itu adalah mengganti semua kata diawal dan diakhir sekaligus secara otomatis. Lalu untuk menggantinya diawal saja maka caranya sudah berbeda. Kita tidak bisa menggunakan cara diartikel sebelumnya.

Nah pada kesempatan inilah admin akan membagikan lagi trik di notepad++ untuk mengganti kata yang berada paling depan suatu kalimat atau paragraf baru/new line untuk kemudian disisipkan karakter,angka,huruf ataupun simbol-simbol lain. Direplace atau diganti sebelum huruf pertama dari suatu kata ataupun suatu kalimat.

Menambahkan karakter,angka,huruf ataupun simbol di paling awal sebuah kata/kalimat/paragraf baru/baris baru. 

Nah untuk cara ini kita masih melakukannya dengan bantuan aplikasi notepad++. Kenapa harus notepad++ karena notepad ini yang bisa memberi kita banyak kemudahan. Apalagi aplikasi ini tergolong ringan dan kompatibel dengan semua perangkat komputer atau PC.

Selain itu di aplikasi ini ada fitur REGEX (regular expression) yang benar benar membantu kita dalam berbagai keperluan dengan suatu fungsi yang sedang kita butuhkan. Untuk dokumentasi REGEX mengenai apa apa saja fungsi yang tersedia disana kalian bisa melihatnya disini REGEX Notepad++

Lalu bagaimanakah cara penerapan penggunaan REGEX ini untuk kasus dan masalah kita pada judul hari ini mari simak langkah dan tutorial lengkapnya berikut ini :

Cara Menambahkan Karakter Didepan kata/kalimat Dengan Notepad++

1. Silahkan buka aplikasi notepad++ kalian masing masing.
2. Open file data atau dokumen yang akan kita ganti setiap kata didepannya.
3. Silahkan klik CTRL+A atau select all semua tulisannya.
4. Pergi ke menu search>>replace

meyisipkan karakter di kata pertama

5. Lalu masukan kode berikut ini :

Pada kolom find what masukan : ^
Pada kolom replace with masukan :

memasukan kata atau karakter di awal

Lihat dan sesuaikan semua settingan persis seperti gambar.

6. Jika settingan sudah sesuai silahkan langsung tekan tombol replace all.
7. Secara otomatis semua akan berubah sekaligus dari atas sampai kebawah

HASIL :

mereplace seluruh kata di depan

Langkah diatas menyisipkan karakter (‘) tanda petik satu atau one equal sign pada awal kalimat tepatnya sebelum huruf h dihuruf pertama pada kalimat. Kalian bisa menggantinya dengan karakter apapun yang kalian mau sesuai keinginan kalian masing masing.

Silahkan lakukan pengecekan apabila didalam data yang kita replace sekaligus tadi masih terdapat kesalahan. Atau ada kata yang tidak tergantikan formatnya.

Sejauh ini semua file yang admin ganti menggunakan REGEX semuanya berhasil. Namun jika ada yang masih belum terganti. Silahkan ulangi langkah diatas.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment