Tutorial

Cara Menyortir Semua Email Menggunakan Notepad++

Halo teman teman semua. Melanjutkan postingan kita yang sudah sudah. Kali ini admin jagoan kode akan membagikan lagi nih. Trik mengenai notepad++ ini. Nah pada kesempatan kali ini. Tema nya adalah bagaimana sih cara untuk kita menyeleksi hanya email nya saja. Ditengah tengah tumpukan ribuan file atau data.

Biasanya jika saat grabbing data melalui teknik apapun kita akan mendapati file mentahan seperti source code html. Yang didalamnya terdapat ribuan file kode karakter dan tanda baca yang bercampur menjadi satu. Nah untuk membuangnya satu persatu dan hanya ingin menyisihkan email-nya saja. Tentu hal ini jika dilakukan dengan cara manual pasti repot dan ribet sekali. Belum lagi ditambah ada kata yang hilang.  Akan menggagalkan seluruh file yang sudah kita filter sebelumnya.

Di artikel sebelumnya admin telah mengulas bagaimana cara mengekstrak semua yang berbau URL atau link dengan bantuan aplikasi notepad++. Jika kalian belum membacanya silahkan terlebih dahulu membaca artikelnya dibawah ini :

Baca juga : Cara Ambil Semua Url Atau Link Dengan Notepad++

Oke di trik selanjutnya ini kita akan mencoba menyeleksi dan mengambil semua hal yang berbentuk email saja ya. Jadi jika didalam data yang kita punya ada nomer hp ataupun yang lainnya maka secara otomatis tidak terseleksi. Karena trik ini berfungsi memfilter  semua alamat email aktif. Yang ditandai setelah tanda @. Nah jadi jika ada karakter @ akan dikenali sebagai terusan dari email.

Seperti biasanya diartikel sebelumnya saya juga sedikit sudah menjelaskan. Beberapa ulasan mengenai fungsi regex. Untuk dokumentasi regex notepad++ kalian bisa melihatnya disini. Menurut saya pribadi fungsi ini mirip seperti fungsi script didalam bahasa pemrograman lainnya. Ini sangat cocok sekali membantu kalian yang kurang paham dengan script bisa menggunakan bantuan aplikasi ini.

Menyortir semua email bisa dilakukan dengan mudah. Jika kalian menguasai beberapa bahasa pemrograman ini tentu akan sangat mudah sekali. Kenapa kita menggunakan notepad++ ? Selain ringan. Aplikasi ini juga tidak besar spacenya. Cocok sekali digunakan untuk berbagai keperluan. Jadi bagi teman teman yang belum menyimpan ini dilaptop Atau dikomputer kalian . Silahkan install dulu aplikasinya dengan mendownload melalui link ini.

Oke teman teman tanpa memperpanjang waktu mari sekarang kita langsung saja masuk kedalam prakteknya.

Cara filter seluruh email menggunakan notepad++

1. Silahkan buka aplikasi notepad++
2. Selanjutnya bukalah data kalian dan masukan kedalam notepad++
3. Oke jika sudah klik menu search>>replace

4. Silahkan pergi ke tab menu MARK

Lalu masukan kode berikut dikolom find what :

(?:[a-z0-9!#$%&’*+/=?^_`{|}~-]+(?:.[a-z0-9!#$%&’*+/=?^_`{|}~-]+)*|”(?:[x01-x08x0bx0cx0e-x1fx21x23-x5bx5d-x7f]|\[x01-x09x0bx0cx0e-x7f])*”)@(?:(?:[a-z0-9](?:[a-z0-9-]*[a-z0-9])?.)+[a-z0-9](?:[a-z0-9-]*[a-z0-9])?|[(?:(?:25[0-5]|2[0-4][0-9]|[01]?[0-9][0-9]?).){3}(?:25[0-5]|2[0-4][0-9]|[01]?[0-9][0-9]?|[a-z0-9-]*[a-z0-9]:(?:[x01-x08x0bx0cx0e-x1fx21-x5ax53-x7f]|\[x01-x09x0bx0cx0e-x7f])+)])

5. Kemudian sesuaikan settingan seperti gambar dibawah ini :

6. Langkah selanjutnya Jika semua settingan sudah pas jangan lupa untuk menekan tombol MARK ALL Hingga semua yang berbentuk email akan terseleksi secara otomatis menjadi seperti ini :

7. Sampai pada tahap ini kita berhasil menyisihkan semua yang berbentuk email aktif. Oke langkah selanjutnya kita akan mengcopy seluruh tulisan yang berisi link yang ditandai blok berwarna merah tersebut caranya pergi ke menu search>>Bookmark>>copy bookmark lines

8. setelah bookmark berhasil dicopy waktunya untuk memindahkannya dengan mempastekan pada lembar kosong

HASIL :

Demikianlah yang dapat admin sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi teman teman semua sekain dan terima kasih 😀

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment