Tutorial Tutorial Windows

Cara Merapikan Tulisan dan Spasi di Word

Cara Merapikan Tulisan dan Spasi di Word โ€“ Dalam mengerjakan tulisan baik itu untuk tugas, presentasi maupun makalah sebaiknya membuat  dokumen word yang rapih dan formal.

Banyak hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat dokumen word rapih, mulai dari letak kalimat, struktur kata, penggunaan tanda koma dan titik, spasi, huruf besar kecil hingga cover dokumen. Tidak hanya itu, kamu juga perlu memperhatikan sumber referensi, gambar, daftar isi dan lain sebagainya.

Hal itu bertujuan agar tulisan atau dokumen yang kamu buat agar terlihat rapih dan formal. Dalam pembuatan dokumen sendiri tidak jarang kita mengambil kutipan-kutipan dari berbagai situs atau website, hal itu sering kali membuat tulisan menjadi berantakan.

Untuk mengatasinya kamu bisa memanfaatkan fitur yang sudah Microsoft Word sediakan. Fitur yang di sediakan dapat membantu kamu dalam merapihkan kalimat, text atau paragraf dengan bantuan Paragraph Alignment.

Selain bisa untuk merapikan tulisan atau dokumen, kamu juga bisa mengatur perataan suatu objek, seperti shape, gambar, chart dan SmartArt dalam lembar kerja atau dokumen yang kamu buat.

Cara Merapikan Tulisan dan Spasi

Merapikan tulisan atau dokumen mungkin bagi yang sudah lama di dunia IT terdengar mudah, namun bagi beberapa orang meratakan text dan menyesuaikan margarin adalah hal baru.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba untuk membuat tulisan terlihat rapih dan formal pada Microsoft Word.

Merapikan Tulisan hasil Copy/Salin

Seperti yang kita tahu, ketika mengcopy suatu kalimat atau kutipan dari berbagai situs atau website maka ketika kamu paste ke dalam dokumen word hasilnya akan menjadi berantakan. Nah, agar tulisan atau kalimat yang kamu copy-paste menjadi rapi dan tidak berantakan, kamu perlu merapikan tulisan tersebut dengan beberapa cara berikut ini.

  1. Pertama kamu Blok semua tulisan tersebut dengan menekan tombol shortcut CTRL + A pada keyboard komputer kamu.
Cara Merapikan Tulisan dan Spasi di Word

2. Kemudian kamu pilih Normal pada bagian menu Styles.

Cara Merapikan Tulisan dan Spasi di Word

3. Maka tampilan hasilnya akan seperti ini.

Cara Merapikan Tulisan dan Spasi di Word

4. Lalu klik kanan pada text yang kamu blok dan pilih Keep Text only pada menu Paste Option.

Cara Merapikan Tulisan dan Spasi di Word

5. Nah, hasilnya akan nampak lebih rapi dari sebelumnya.

Cara Merapikan Tulisan dan Spasi di Word

Meratakan Paragraf

Dalam meratakan paragraf kami bisa memilih 4 (empat) opsi, Align Left, Center,  Align Right dan Justify. Hal ini di kenal dengan Paragraph Aligment, namun aligment ini hanya meratakan format tulisan saja, tidak akan merubah jarak margarin.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk meratakan paragraf.

1. Pilih teks yang akan kamu rapikan, kemudian Block teks tersebut.

2. Dalam menu paragraph pilih Align Left (CTRL + L) untuk rata kiri.

3. Pilih Align Center (CTRL + E) untuk rata tengah.

4. Pilih Align Right (CTRL + R) untuk rata kanan.

5. Atau bisa pilih Justify (CTRL + J) .

6. Untuk membatalkan bisa tekan CRTL + Z pada Keyboard komputer kamu.

Merapikan Spasi Tulisan di Word

Agar tulisan atau dokumen yang kamu buat terlihat rapi, maka kamu perlu mengatur spasi pada tulisan dengan ukuran spasi yang kamu butuhkan. Berikut ini langkah-langakah yang bisa kamu ikuti untuk merapikan tulisan atau dokumen.

1. Block semua tulisan yang ingin kamu rapikan spasinya.

Merapikan Spasi Tulisan di Word

2. Setelah itu, klik ikon kecil (seperti panah) pada bagian samping menu paragraph.

Merapikan Spasi Tulisan di Word

3. Kemudian akan muncul jendela paragraph. Nah, pada jendela tersebut kamu bisa mengatur spasi tulisan pada menu Indents and Spasing.

4. Misal kamu mengatur spasi tulisan seperti yang saya contohkan pada gambar berikut ini.

Merapikan Spasi Tulisan di Word

5. Untuk menyimpan perubahan, kamu bisa klik OK.

6. Maka hasilnya akan seperti ini.

Merapikan Spasi Tulisan di Word

Mengatur Indent pada Paragraf/Tulisan

Untuk mengatur Indentasi pada tulisan kamu bisa ikuti langkah-langkah sebagai berikut.

1. Pertama kamu aktifkan Ruler terlebih dahulu. Untuk mengaktifkanya kamu bisa pergi ke menu View, lalu centang pada bagian Ruler.

Mengatur Indent pada Paragraf/Tulisan

2. Jika Ruler sudah kamu aktifkan, selanjutnya Blok semua paragraf atau tulisan yang ingin kamu indentasi dengan menekan tombol shortcut CRTL + A.

4. Pada ruler terdapat dua ikon kecil seperti jam pasir. Icon yang paling atas adalah First Line Indent, jika ikon tersebut digeser maka akan merubah indentasi tulisan pada awal paragraf.

Mengatur Indent pada Paragraf/Tulisan

5. Berbeda dengan ikon bagian bawah Hanging Indent yang bisa kamu gunakan untuk memberikan spasi pada semua tulisan lainnya selain awal paragraf.

Mengatur Indent pada Paragraf/Tulisan

6. Jika ikon bagian bawah atau Hanging Indent kamugeser maka hasilnya akan seperti pada gambar berikut ini. Perhatikan spasi yang kami tandai dengan kotak merah.

Mengatur Indent pada Paragraf/Tulisan

Selesai. Itulah Cara Merapikan Tulisan dan Spasi di Word yang bisa kamu coba untuk merapikan tulisan atau dokumen di Microsoft Word, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

About the author

Handika Prasetya Ramadhan

Penulis JagoanKode yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar SIM Card Prabayar dan Pascabayar lewat akun Instagram @kemocengtakberbulu

Leave a Comment