Tutorial Windows

Cara Mudah Mengambil Screenshot Di Windows

Fitur untuk mengambil screenshot di Windows memiliki banyak manfaat bagi pengguna komputer. Hasil screenshot bisa digunakan untuk banyak hal. Salah satunya adalah melengkapi artikel di media social atau di website.

Cara untuk mengambil screenshot sendiri terbilang cukup mudah. Kamu  bahkan tidak perlu bantuan software lain untuk melakukannya. Cukup gunakan fitur yang dimiliki Windows.

Cara Mengambil Screenshot Di Windows

Pertama, coba lihat keyboard yang kamu gunakan. Di keyboard tersebut terdapat tombol Print Screen. Pada sebagian keyboard, tombol tersebut bertulisan PrtScn.

Tekan tombol tersebut. Dengan begitu, kamu sudah bisa melakukan screenshot tanpa menggunakan software. Semua yang tampak dilayar pun akan tersimpan.

Jika kamu hanya membutuhkan gambar atau bagian tertentu dari semua yang tampak di layar, maka kamu bisa menekan Windows + Shift + S. Pada Windows 10, shortcut keyboard tersebut akan memunculkan Snipping Tool.

Itu tidak berlaku pada Windows 7. Mengenai Snipping Tool ini, kita bahas nanti.

Setelah menekan tombol PrtScn, kamu bisa membuka Microsoft Paint. Caranya, klik Start menu yang bisa kamu temukan di kanan bawah. Ketik Paint di kolom pencarian. Di bawah program, nanti akan muncul Paint. Langsung klik saja.

Paste hasil screenshot tersebut dengan cara menekan Ctrl+V.

Langkah selanjutnya, klik menu yang terdapat di kiri menu Home.  Di sana, pilih Save As. Lalu klik JPEG atau jenis file mana saja yang kamu suka.

Jika mengklik JPEG, maka hasil screenshot akan disimpan sebagai file JPEG. Begitu pun, jika mengklik PNG atau GIF, akan disimpan sebagai PNG atau GIF.

Setelah memilih jenis file, beri nama hasil screenshot tersebut dan klik Save untuk menyimpan file.

Menggunakan Snipping Tool

Windows 7 hingga Windows 10 dilengkapi dengan Snipping Tool. Dengan menggunakan tool tersebut, kamu bisa screenshot layar secara penuh atau di bagian tertentu saja.

Ada beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan Snipping Tool. Salah satunya adalah hasil tangkapan screenshot dengan menggunakan Snipping Tool bisa berbeda-beda, bisa kotak ataupun persegi panjang. Selain  itu, hasil dari Snipping Tool tersebut bisa disimpan atau langsung dikirim melalui email.

Dengan menggunakan Snipping Tool, kamu juga tidak perlu menggunakan Microsoft Paint karena Snipping Tool bisa langsung menyimpan file hasil screenshot.

Jika kamu ingin menggunakan tool ini, maka langsung saja ikuti langkah berikut untuk membuka dan menggunakan Snipping Tool.

Klik Start menu dan ketik Snipping Tool pada kolom pencarian. Di bawah progam, nanti akan muncul Snipping Tool. Klik untuk membuka progam tersebut.

Setelah Snipping Tool terbuka, kamu bisa klik New untuk menscreenshoot layar. Gunakan mouse untuk memilih area yang ingin kamu ambil.

Dengan Snipping Tool, kamu juga bisa mengambil gambar dari menu drop-down yang biasanya menghilang ketika kursor mouse diarahkan ke tempat lain.

Contonnya, jika kamu arahkan kursor mousemu ke menu yang terdapat di website ini, misalnya pada menu Tech, maka akan muncul menu baru yang menampilkan artikel di kategori tersebut.

Gambar menu tersebut sulit untuk ditangkap jika kamu menggunakan Snipping Tool. Karena mouse diarahkan ke tempat lain dan perlu menekan tombol New untuk mengambil gambar.

Tetapi jika OS yang kamu gunakan adalah Windows 10, maka kamu tetap bisa mengambil gambar menu tersebut. Caranya adalah dengan menekan Ctrl+PrtScn.

Screenshot Menu Dropdown Di Windows 7

Pada Windows 7, kamu tidak dapat melakukan hal tersebut. Jadi jangan gunakan Snipping Tool untuk menangkap gambar menu dropdown. Ada cara lain yang bisa kamu gunakan.

Caranya, arahkan mouse ke menu tersebut. Nanti akan muncul menu baru. Setelah itu, klik tombol print screen.

Paste hasil screenshot ke Microsoft Paint. Klik menu Selection, lalu blok area yang ingin kamu ambil. Setelah itu klik Crop.

Jika sudah, kamu bisa menyimpan hasil screenshot tersebut.

About the author

Alvin

Leave a Comment