TipsTrick

Cara Mudah Mengatur Tingkat Kecerahan Layar Di Windows 10

Mengatur tingkat kecerahan pada layar monitor umumnya bukanlah hal yang wajib bagi para pengguna window. Bahkan sering kali mereka melupakannya. Padahal, layar yang terlalu terang bisa mempengaruhi kesehatan mata.

Jika kamu merasa ada masalah pada matamu atau terasa sakit di bagian kepala saat menggunakan komputer dalam waktu yang lama, bisa jadi ini disebabkan oleh layar yang terlalu terang. Jika demikian, lakukan solusi berikut untuk mengurangi tingkat kecerahan layar pada Window 10.

Mengubah Tingkat Kecerahan Layar Secara Manual

Untuk melakukan hal ini, tekan secara bersamaan tombol Window dan I. Nantinya akan terbuka menu Setting. Setelah itu masuk ke System lalu pilih Display.

Di bawah Brightness And Color, terdapat Change Brightness Slider. Gunakan slide yang terdapat dibawahnya untuk mengatur tingkat kecerahan layar secara manual.

Lalu bagaimana jika slidernya tidak tersedia?

Jika memang demikian, maka kamu bisa coba untuk mengupdate software display atau melakukan pengaturan manual pada layar monitormu.

Menyesuaikan Kecerahan Layar Untuk Menghemat Baterai

Jika kamu menggunakan laptop, maka kamu bisa menggunakan tips ini untuk menjaga kesehatan mata sekaligus menjaga daya tahan baterai.

Window 10 sendiri mempunyai fitur Battery Saver yang bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan baterai dengan cara menurunkan tingkat kecerahan layar.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu hanya perlu menekan tombol Window dan I secara bersamaan. Masuk ke System dan pilih Battery. Scroll ke bawah untuk menemukan Battery Saver Settings.

Ceklis kolom Turn Battery Saver On Automatically If My Battery Falls Below. Jangan lupa, setting di level berapa fitur ini akan aktif secara otomatis. Setelah itu, ceklis pada bagian Lower Screen Brightness While In Battery Saver.

Mengatur Tingkat Kecerahan Layar Dengan Menggunakan Keyboard

Pengguna laptop dapat memanfaatkan Function Keys yang ditandai dengan hurup Fn pada keyboard. Sementara tombol untuk mengatur kecerahan layar biasanya ditandai dengan symbol matahari. Umumnya kamu harus menekan dan menahan tombol Fn serta menekan tombol fungsi untuk mengatur kecerahan layar secara bersamaan.

Namun kombinasi tombol yang tepat untuk mengatur tingkat kecerahan bisa berbeda-beda, tergantung dari model laptop yang kamu gunakan.

Mengatur Kecerahan Layar Dengan Fungsi Shortcuts

Kamu bisa mengatur tingkat kecerahan layar di window 10 dengan cara yang sangat mudah dan cepat. Caranya, klik icon Action Center yang terdapat di taskbar. Atau kamu juga bisa melakukannya dengan cara menekan tombol Window dan tombol A secara bersamaan.

Gunakan slider untuk mengatur tingkat kecerahan layar. Geser ke kanan untuk meningkatkan kecerahan layar dan geser ke kiri untuk menguranginya.

Jika kamu tidak bisa melihat icon tersebut, maka coba tekan tombol Window dan tombol I secara bersamaan. Setelah itu masuk ke System. Pilih Notifications & Actions. Pilih Edit Your Quick Actions dan klik Add lalu Brightness. Setelah itu klik Done.

Memanfaatkan Fitur Adaptive Brightness

Jika laptopmu dilengkapi dengan sensor ambient light, maka kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengatur tingkat kecerahan layar secara otomatis. Fitur ini memungkinkan Window 10 untuk menyesuaikan tingkat kecerahan layar berdasarkan cahaya yang terdapat di sekitar laptop.

Untuk mengaktifkan fitur ini, cobalah buka menu Setting dengan menekan tombol Window dan tombol I secara bersamaan. Setelah itu masuk ke System lalu pilih Display. Jika kamu melihat Change Brightness Automatically When Lighting Changes, maka akfitkan dengan mengubahnya ke On. Jika kamu tidak menemukan pilihan tersebut, maka laptopmu tidak memiliki sensor ambient light.

About the author

Alvin

Leave a Comment