TipsTrick

Cara mudah mengetahui security code pada kartu kredit

Halo Sobat blogger kali ini admin akan membagikan Tutorial atau Tips dan trik tentang bagaimana “Cara mudah mengetahui security code pada kartu kredit” Berbicara tentang kartu kredit banyak sekali macam kartu kredit seperti yang kita ketahui. Apa sih sebenarnya kartu kredit itu ?? MAri kita bahas sedikit apa yang dimaksud dengan kartu kredit.Kartu kredit atau dalam bahasa inggris credit card adalah kartu yang dikeluarkan oleh pihak bank dan sejenisnya untuk memungkinkan pembawanya membeli barang-barang yang dibutuhkannya secara hutang. Sementara dalam kamus Ekonomi Arab menjelaskan, ”sejenis kartu khusus yang dikeluarkan oleh pihak bank-sebagai pengeluar kartu-, lalu jumlahnya akan dibayar kemudian. Pihak bank akan memberikan kepada nasabahnya itu rekening bulanan secara global untuk dibayar, atau untuk langsung didebet dari rekeningnya yang masih berfungsi.

Istilah istilah yang dikenal didalam kartu kredit seperti CVV (Cardholder Verification Value) merupakan sebuah kode angka rahasia atau security kode yang terletak di bagian belakang kartu tersebut. kode rahasia atau security kode pada kartu kredit berfungsi sebagai nomor otorisasi manual yang bertujuan untuk bisa melakukan transaksi. Nah biasanya kode rahasia tersebut terdiri dari 3 atau 4 angka yang tertera disetiap kartu kredit. Visa dan Mastercard Memiliki 3 digit CVV/CVC, sedangkan American Express Memiliki 4 digit CIN (Card Identification Number) Kode rahasia CVV (Cardholder Verification Value) memiliki banyak sebutan diantaranya adalah :

  • CSC (Card Security Code) atau CVN (Card Verification Number).
  • Perusahaan American Express menyebutnya CIN (Card Identification Number).
  • Perusahaan Visa menyebutnya sebagai CVV2,
  • Mastercard menyebutnya sebagai CVC2
  • Diners Club menyebutnya sebagai CVV2

Dalam bertransaksi online uji keabsahan sebuah kertu kredit sangatlah penting. untuk mengetahui masa berlaku kartu kredit tersebut, mengetahui valid atau tidaknya kartu kredit tersebut. pengecekan sistem yang salah akan menyebabkan fatalnya transaksi tersebut yang bisa jadi merujuk kepenipuan.Untuk menghindari hal hal tersebut diperlukan rumus yang sah untuk menentukan kartu tersebut valid atau tidak. Lalu bagaimanakah cara mengeceknya, mari simak penjelasan berikut ini :

Kode algoritma yang digunakan pada kartu kredit yang biasa dikenal dengan Luhn Algoritma anda bisa membacanya apa itu luhn algoritma DISINI dan bentuk bentuk kode algoritma yang dipakai disetiap card number anda bisa membacanya DISINI 

Cara mengecek Kartu kredit sah atau VALID

Oke admin akan sedikit memberikan deskripsi tentang algoritma luhn yang dipakai kita andaikan saja nomor kartu kredit kita sebagai berikut : 5376-5438-1045-8356 nomor diatas terdiri dari 16 digit nomor. Kalikan semua ANGKA GANJIL dengan “2” jika hasilnya lebih dari 9 maka kurangi hasilnya dengan 9 dan jika hasilnya kurang dari “9” maka tidak usah diapaapain atau dibiarkan saja

Oke mari kita mulai penghitungan:

Hitungan Pertama :

Digit 1 : 5 ; 5×2 = 10 {Lebih dari 9}, jadi 10 – 9 = 1

Digit 3 : 7 ; 7×2 = 14 {Lebih dari 9}, jadi 14 – 9 = 5

Digit 5 : 5 ; 5×2 = 10 {Lebih dari 9}, jadi 10 – 9 = 1

Digit 7 : 3 ; 3×2 = 6 {Biarkan saja, karena KURANG DARI 9}

Digit 9 : 1 ; 1×2 = 2 {Biarkan saja, karena KURANG DARI 9}

Digit 11 : 4 ; 4×2 = 8 {Biarkan saja, karena KURANG DARI 9}

Digit 13 : 8 ; 8×2 = 16 {Lebih dari 9}, jadi 16 – 9 = 7}

Digit 15 : 5 ; 5×2 = 10 {Lebih dari 9}, jadi 10 – 9 = 1

Lalu jumlahkan :

1 + 5 + 1 + 6 + 2 + 8 + 7 + 1 = 31

Hitungan Kedua :

Ambil jumlah digit GENAP dari angka 5376-5438-1045-8356 lalu jumlahkan

Digit 2 : 3

Digit 4 : 6

Digit 6 : 4

Digit 8 : 8

Digit 10 : 0

Digit 12 : 5

Digit 14 : 3

Digit 16 : 6

———-+

Hasilnya = 35

Hitungan Ketiga :

Ambil dan jumlahkan hasil hitungan pertama dan kedua :

31 + 35 = 66

Catatan : Hasil hitungan ketiga tersebut harus habis dibagi “10” jika masih menyisakan bilangan desimal dan tidak habis maka bisa dikatakan kartu kredit tersebut tidak sah dan bisa dikatakan kartu kredit tersebut TIDAK VALID untuk digunakan.( Hasil dari hitungan ketiga diatas adalah 66 jika dibagi 10 maka hasilnya 6,6 masih menyisakan bilangan desimal, maka dapat disimpulkan nomer kartu kredit yang tertera diatas TIDAK VALID atau tidak sah atau tidak bisa digunakan)

Cara mengecek Kartu kredit sah atau VALID

Nah bagaimana mudah bukan begitulah cara mengecek kartu kredit tersebut VALID atau Tidak atau kartu kredit tersebut bisa digunakan atau tidak. lalu bagaimanakah cara mengetahui CVV atau CIN atau CSC  atau security code pada nomor kartu tersebut ?

OKE simak penjelasan berikut ini :

Nomer kartu kredit 5376-5438-1045-8356

Cara pertama:

Cari Digit ke 8 : yaitu 8

Cari Digit ke 12 : yaitu 5

Cari Digit ke 3 : yaitu 7 (TAMBAHKAN DENGAN “1”) , berarti 7 + 1 = 8

Maka ketahuan CVVnya adalah 858 mudah kan ?

Cara Kedua :

Cari Digit ke 7 : yaitu 3

Cari Digit ke 13 : yaitu 8

Cari Digit ke 3 : yaitu 7 (TAMBAHKAN DENGAN “1”) , berarti 7 + 1 = 8

Maka ketahuan CVVnya adalah 388 ,

Cara Ketiga:

Cari Digit ke 9 : yaitu 1

Cari Digit ke 3 : yaitu 7

Cari Digit ke 6 : yaitu 4 (TAMBAHKAN DENGAN “1”) , berarti 4 + 1 = 5

Maka ketahuan CVVnya adalah 175

Nah begitulah tentang rumus bagaimana cara mengetahui sebuah nomer security code dari kartu kredit, cara ini bisa dikatakan 95% manjur dari hasil perhitungan kartu kredit saya tepat pada perhitungan cara yang ketiga, sobat juga bisa melakukan ekperimen dengan rumus yang sobat punya sendiri, dan demikianlah tutorial kali ini yang dapat admin sampaikan, Terima kasih 😀

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment