TipsTrick

Cara Mudah Menghapus Video Youtube

Jika kamu punya Channel YouTube, maka mungkin kamu pernah berpikir untuk menghapus salah satu video yang kamu upload. Atau mungkin kamu ingin menghapusnya sekarang juga? tapi tidak tahu bagaimana cara menghapus video tersebut.

Itulah kenapa kamu membaca artikel ini?

Ada banyak alasan kenapa orang ingin menghapus video yang diupload olehnya. Mungkin hal ini terjadi karena rasanya video tersebut tidak layak lagi ditampilkan di Channel YouTube mereka. Alasan lainnya mungkin saja karena mereka ingin kembali mengupload video yang sama tapi yang telah diperbaiki sebelumnya.

Apapun alasannya, ada cara mudah untuk menghapus video YouTube. Cara tersebut pun bisa langsung kamu praktekan.

Menghapus Video YouTube Di PC

Jika kamu ingin menghapus video TouTube melalui perangkat komputer, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka browser dan masuk ke youtube.com.

Setelah itu kilk icon profile yang berada di bagian kanan atas dan pilih YouTube Studio.

Setelah ini kamu akan melihat menu di bagian kiri. Klik video untuk melihat semua video yang telah kamu upload ke YouTube.

Pilih video yang ingin kamu hapus dan klik tiga titik yang muncul di sebelah simbol komentar. Dengan begitu, akan terlihat sejumlah pilihan baru. Pilihlah Delete Forever.

Bagaimana jika kita ingin menghapus beberapa video sekaligus. Untuk melakukannya, gunakan checkboxes yang terdapat di sisi kiri video untuk memilih video mana saja yang akan dihapus. Jika sudah siap, maka klik More Actions yang terdapat di bagian atas dan pilih Delete Forever.

Sebelum menghapus video, perlu diingat bahwa melakukan hal ini berarti menghapus video tersebut secara permanen. Jadi kamu tidak akan bisa lagi mengembalikan video yang terhapus.

Cara Menghapus Video Youtube di Smartphone

Jika kamu lebih suka menggunakan smartphone dibanding komputer, kamu bisa mengikuti langkah berikut untuk menghapus video YouTube yang telah kamu upload.

Langkah pertama, buka aplikasi YouTube di smartphonemu. Setelah masuk ke aplikasi tersebut, tap Library yang terdapat di bagian kanan bawah.

Langkah selanjutnya adalah pilih My Videos. Setelah itu, kamu pun akan melihat semua video yang telah kamu upload.

Cari video yang ingin kamu hapus. Nantinya di bagian kanan, kamu akan menemukan pilihan menu dengan simbol tiga titik. Klik simbol tersebut untuk memunculkan menu pilihan baru. Setelah itu pilih OK untuk mengkonfirmasi pilihanmu.

Itulah cara mudah untuk menghapus video YouTube di smartphone dan komputer. Cukup mudah untuk dilakukan, bukan?

Tapi sebelum menghapus video, ada baiknya dipikirkan terlebih dahulu mengingat setelah video tersebut terhapus, maka video itu tidak bisa dikembalikan lagi. Data-data yang berkaitan dengan video seperti komen dan like pun juga akan terhapus.

Video yang kamu hapus nantinya tidak akan bisa ditemukan meski orang lain mencarinya di mesin pencari YouTube. Selain itu, jika videomu disematkan di situs web lain atau disimpan ke playlist, maka siapa pun yang mencoba untuk menontonnya akan mendapat pesan “video dihapus”

Jika kamu berubah pikiran setelah menghapus video, maka kamu sebenarnya bisa menghubungi pusat bantuan YouTube untuk meminta mereka mengembalikan video yang telah kamu hapus. Meski demikian, kecil kemungkinan mereka akan menindaklanjuti permintaanmu.

Jadi sangat disarankan bagi kamu yang ingin menghapus video untuk mendownload terlebih dahulu video yang akan dihapus. Youtube sendiri menyediakan fitur ini.

About the author

Alvin

Leave a Comment