Tutorial Aplikasi

Cara Mudah Untuk Mengamankan Akun Google

Dengan jumlah pengguna yang sangat banyak di seluruh dunia dan miliaran pesan yang dikirim setiap hari, tidak mengherankan jika Gmail menjadi salah satu layanan email yang menjadi incaran para hacker.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan hacker untuk membobol akun Gmail-mu dan jika kamu lengah, maka akun Gmail yang kamu miliki bisa berakhir ditangan orang lain.

Jadi jika kamu memiliki data-data penting, baik di Gmail ataupun layanan Google lainnya, maka sangat disarankan melakukan langkah pengamanan untuk mengamankan akun Google-mu.

Untuk melakukannya, silahkan ikuti cara berikut.

Buka Pengaturan Akun Google

Setiap layanan dari Google, termasuk Gmail, memiliki pengaturan masing-masing. Namun jika kamu membuat akun Gmail, maka Google pun membuatkanmu satu akun Google untuk mengakses semua layanan milik mereka.

Pada akun Google tersebut, kamu bisa melakukan sejumlah pengaturan seperti mengubah kata sandi, melakukan otentikasi dua factor dan mengupdate data pribadi.

Untuk mengakses akun Google, buka Gmail dan klik foto profile yang terdapat di kanan atas. Dari sana, klik Manage your Google Account.

Dari Menu yang terdapat di sebelah kiri, klik keamanan atau Security.

Menyelesaikan Masalah Keamanan

Di bagian atas, kamu akan melihat kotak dengan tulisan Masalah keamanan ditemukan. Di kotak tersebut, klik Amankan akun untuk melihat masalah keamanan yang ditemukan oleh Google.

Setelah mengklik Amankan akun, maka kamu akan masuk ke jendela Pemeriksaan Keamanan.

Di sana, akan tampak sejumlah pilihan, seperti Aplikasi pihak ketiga yang menampilkan sejumlah aplikasi yang memiliki akses ke data di akun Google, Login & Pemulihan yang menampilkan pilihan untuk konfirmasi email pemulihan dan Peristiwa keamanan baru-baru ini yang menampilkan informasi login terbaru dari akun Google-mu.

Cek pilihan-pilihan tersebut untuk mencari tahu mengenai masalah kemanan akun Google dan lakukan perbaikan.

Ganti Password Dan Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Untuk mengganti Password, masuk ke menu Keamanan. Di sana, lihat Login ke Google. Di bawahnya, kamu bisa melihat kapan terakhir kalinya kamu mengubah password akun Google.

Jika sudah lama dan kamu merasa perlu menganti password, maka tidak ada salahnya untuk mengganti password lamamu dengan password baru yang lebih rumit sehingga sulit ditembus.

Caranya, klik Sandi dan ikuti pentunjuk yang tampak di layar. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel cara mengubah password Gmail. 

Lalu jangan lupa, aktifkan Verifikasi 2 Langkah. Caranya, klik Verifikasi 2 Langkah.

Selanjutnya, klik Mulai.

Masukan password akun Gmail dan klik Berikutnya. 

Di jendela selanjutnya, kamu bisa mengklik Coba sekarang untuk mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah.

Sebelum mengklik Coba sekarang, kamu juga bisa mengklik Pilih Opsi lain untuk menampilkan pilihan fitur keamanan yang ingin kamu gunakan.

Jika kamu ingin menggunakan SMS atau panggilan suara, maka kamu akan diminta untuk memasukan nomor telepon. Setelah itu lanjutkan dengan memilih SMS atau Panggilan telepon dan pilih Selanjutnya.

Nantinya Google akan mengirim SMS atau telepon. Masukan kode yang dikirim Google untuk mengkonfirmasi nomor teleponmu.  Jika sudah, klik lanjutkan.

Di halaman selanjutnya, tinggal klik Aktifkan untuk mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah.

Periksa Perangkat Yang Terhubung Dengan Akun Google

Pada menu keamanan, cari menu Perangkat Anda. Lalu klik Kelola perangkat yang terdapat di menu tersebut.

Setelah itu, kamu bisa melihat semua perangkat yang terhubung dengan akun Gmail-mu. Di sana, kamu bisa mengeluarkan perangkat yang tidak digunakan atau perangkat yang tidak kamu kenali.

Caranya, klik icon tiga titik di kanan atas perangkat dan pilih Logout.

Kelola Aplikasi Pihak Ketiga

Selain melihat perangkat yang terhubung dengan akun Google, kamu juga perlu melihat aplikasi pihak ketiga apa saja yang dapat mengakses akun tersebut.

Kamu bisa melihat aplikasi tersebut di menu Aplikasi pihak ketiga dengan akses akun yang terdapat di sebelah perangkat Anda.

Klik Kelola akses pihak ketiga.

Nanti kamu akan masuk halaman baru. Di sana, scroll ke bawah. Kamu akan menemukan semua aplikasi pihak ketiga yang terhubung dengan akun Google.

Kamu bisa menghapus aplikasi yang tidak kamu kenali atau tidak kamu gunakan. Caranya, klik aplikasi dan pilih hapus di kanan atas.

About the author

Alvin

Leave a Comment