TipsTrick

3 Cara Mudah Untuk Menghubungkan Xbox One Controller ke PC

Umumnya gamer PC menggunakan keyboard dan mouse untuk memainkan game-game PC. Tetapi selain keyboard dan mouse, game-game PC juga bisa dimainkan dengan cara lain. Salah satunya adalah dengan menggunakan Xbox One controller.

Jadi, buat kamu yang punya Xbox One controller dan ingin menggunakannya untuk main game dI PC, maka langsung saja simak 3 cara mudah untuk menghubungkan Xbox One Controller ke PC berikut.

Menghubungkan Xbox Controller ke  PC Melalui Kabel USB

Cara yang paling umum untuk menghubungkan Xbox One controller ke PC adalah dengan menggunakan kabel micro-USB. Caranya pun cukup mudah. Sambungkan  Xbox One controller ke PC dengan menggunakan kabel USB tersebut. Setelah itu tekan tombol Xbox untuk menyalakan controller tersebut.

Jika kamu menggunakan Windows 10, maka biasanya komputer akan langsung mengenali Xbox One controller. Sementara pada Windows versi sebelumnya, OS akan mendownload drivers yang dibutuhkan secara otomatis sehingga controller pun dapat digunakan setelah beberapa detik kemudian.

Untuk kamu yang menggunakan cara ini, penting untuk diperhatikan bahwa meski Xbox One controller terhubung secara langsung ke PC melalui kabel USB, daya baterai yang terdapat di dalam controller tersebut akan tetap terkuras. Jadi jangan kaget jika tiba-tiba controller yang kamu gunakan mati saat memainkan game di PC karena kehabisan baterai.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menggunakan Xbox One Play and Charge Kit. Perangkat ini akan membuat baterai terisi kembali saat kamu menghubungkan Xbox Controller ke  PC.

Menghubungkan Xbox Controller ke  PC Menggunakan  Bluetooth

Untuk menghubungkan Xbox Controller ke PC  melalui Bluetooth, kamu memerlukan Xbox One controller terbaru. Jadi jika Xbox One controller yang kamu miliki merupakan versi lama atau bagian yang dekat tombol Xbox-nya berbahan plastik, maka controller tersebut tidak bisa dihubungkan ke PC melalui Bluetooth. Sebagai gantinya kamu memerlukan Xbox Wireless Adapter.

Sementara itu Jika kamu memiliki Xbox Controller yang sudah mendukung Bluetooth dan OS Komputer yang kamu gunakan adalah Windows 10, maka langsung saja masuk ke menu Settings, lalu ke Devices dan pilih Bluetooth & other devices.

Setelah itu Add Bluetooth or Other Device. Pilih Bluetooth.

Jika sudah selesai, maka tekan saja tombol Xbox untuk menyalakan Xbox Controller. Setelah menyala, tekan dan tahan tombol Bind (tombol kecil dekat tombol LB) yang terdapat di atas controller. Maka tombol Xbox akan berkedip-kedip.

Kalau sudah sampai sini, harusnya Xbox controller yang kamu gunakan sudah muncul di komputermu. Pilih menu tersebut dan ikuti langkah-langkahnya.

Menghubungkan Xbox Controller Menggunakan Xbox Wireless Adapter

Untuk menghubungkan Xbox Controller dengan menggunakan Xbox Wireless Adapter, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasukan Xbox Wireless Adapter tersebut port USB dan biarkan PC menginstal driver yang dibutuhkan.

Setelah selesai, tekan dan tahan tombol yang terdapat di adapter tersebut. Nanti kamu akan melihat lampu berkedip.

Setelah itu pada Xbox Controller, tahan tombol Xbox untuk menyalakan controller. Lalu tekan dan tahan tombol Bind yang terdapat di atas Controller. Tunggu beberapa detik, controller dan adapter akan terhubung.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghubungkan Xbox Controller ke perangkat komputer yang kamu miliki. Bagaimana? Mudah bukan?

JIka kamu berhasil melakukannya, maka jangan lupa, setelah bermain tahan tombol Xbox selama sepuluh detik untuk mematikan Xbox One controller.

About the author

Alvin

Leave a Comment