Blogging Tutorial Tutorial Blog

Cara Submit URL Artikel Baru Di Google Webmaster Versi Terbaru

Cara Submit URL Artikel Baru Di Google Webmaster Versi Terbaru Google search console model terbaru. Halo sobat blogger setelah sekian lama tidak mempostng seputar webmaster kini admin jagon kode akan menyempatkan diri menulis sedikit tutorial mengenai search console. beberapa tahun berlalu kini google pun mengupdate tampilan search console terbarunya. pada awal 2018, tampilan ini dimuncukan masih diklaim versi beta artinya versi ini belum sempurna masih dalam tahap pengembangan,

dulu yang kita tahu saat mensubmit artikel terbaru memberi perintah robot untuk mengcrawl postingan yang baru saja diterbitkan dikenal dengan istilah submit URL. fitur submit URL dibuat khusus bagi para penulis yang hendak menerbitkan tulisannya kedalam archive google. namun para blogger pun sempat bingung saat fitur tersebut dicabut dan sudah tidak tersedia lagi untuk mensubmit postingan terbaru.

alasan fitur submit URL dicabut selidik punya selidik rupanya google sudah mempersiapkan fitur inspeksi halaman URL ini diletakan pada versi tampilan webmaster yang terbaru. fitur ini lebih friendly menjadi satu dengan webmaster baru dan tidak terbagi seperti halnya dulu. menurut admin tampilan versi terbaru dari webmaster ini sangat lengkap jelas serta juga tidak membingungkan, untuk kelengkapan nya sama dengan search console versi lawas. bagi teman teman yang tidak terbiasa dengan tampilan baru ini masih tetap bisa menggunakan yang versi lama, jadi kita masih bisa kok tetap menggunakan webmaster versi sebelumnya.

sekedar intermizzo aja gaes dulu cara mensubmit artikel lewat URL ini https://www[dot]google[dot]com/webmasters/tools/submit-url namun sekarang url ini ditutup kemudian dialihkan ke tampilan terbaru dari versi webmaster tools. sebenarnya submit teknik submit URL tidaklah begitu penting cukup jika kalian sudah menginput data sitemap kedalam search console admin rasaitu juga sudah cukup. tujuan mensubmit ini ialah agar artikel yang baru dipublish bisacepat terindex oleh mesin pencari. meski tidak menggunakan fitur inspeksi url artikel kalian tetap akan keluar di google namun waktunya mungkin agak sedikit lambat.

Nah bagi kalian yang masih penasaran bagaimana cara yang benar mensubmit artikel di webmaster terbaru ini maka langsung saja simak tutorial lengkapnya dibawah ini :

Cara Submit URL Artikel Baru Di Google Webmaster Versi Terbaru

1. Sebelum masuk ke langkah kita andaikan artikel kalian sudah siap ditulis dan akan langsung kita submit ke webmaster langsung saja Silahkan kalian akses ke search console atau kalian bisa langsung klik link ini https://search.google.com/search-console jika kalian login maka akan otomatis masuk dengan data blog kalian.

2. pada jendela depan search console terbaru silahkan pilih dan klik INSPEKSI URL/URL inspection maka akan otomatis kalian disuruh mengisi kolom URL di atas,masukan URL artikel terbaru kalian.jangan lupa menekan tombol enter.

Cara Submit URL Artikel Baru Di Google Webmaster Versi Terbaru

3.oke sampai pada tahap ini tunggu sampai google selesai mengindeks data kalian, biasanya proses ini ada yang lama dikarenakan postingan atau artikel yang terlalu banyak, selain itu jika blog tersebut banyak sekali meletakan gambar dan video juga faktor loading indeks menjadi lambat jadi tunggulah hingga selesai.proses ini mencari url artikel yang belum dicrawl oleh indeks google.

4. proses selanjutnya jika loading sudah selesai silahkan klik tombol minta pengindeksan agar url artikel kalian langsung bisa dirayapi robot crawl.

5. oke sobat pada langkah ini tunggulah hingga proses indeks selesai

6. jika sudah selesai maka akan muncul report seperti ini silahkan kalian lewati dengan mengklik tombol oke.

7. oke langkah selanjutnya kita akan mengecek apakah url yang dikirim tadi berhasil diindeks oleh google. caranya dengan memasukan URL artikel yang telah kalian submit tadi di search bar atas. pada kasus ini admin submit artikel tentang ini https://jagoankode.blogspot.com/2019/02/cara-screenshot-ambil-layar-tanpa.html. maka jika berhasil diindeks google akan menjadi hijau seperti ini


CATATAN :Saat Kalian mensubmit artikel bukan berarti google langsug mengindeks artikel kalian, ada kasus sampai 3 hari baru terindeks, ada yang seminggu bahkan ada yang sebulan. dalam kasus ini blog jagoan kode bisa sampai seminggu baru terindeks dihalaman search console.

Lalu bagaimana caranya agar artikel cepat diindeks??

Silahkan kalian gunakan fitur FETCH AS GOOGLE di webmaster yang lama karena, di search console yang baru ini admin tidak melihat adanya fitur fetch as google caranya silahkan buka search console yang lama, gulir scroll kebawah cari tab Buka versi lama/go to old version.

Setelah terbuka search console versi lama, langsung saja pergi kemenu crawl>>fetch as google masukan URL artikel kalian yang belum terindeks tadi lalu klik fetch

Oke mantaap sampai langkahini kalian sudah berhasil mensubmit artikel baru secara keseluruhan , yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah menunggu artikel sampai benar benar terindeks oleh google.

Catatan Penting : Fitur Fetch As mungkin akan dinonaktifkan pada tanggal 28 Maret 2019. Sebagai gantinya kita submit url baru hanya dengan fitur inspeksi URL seperti cara diatas 😀

oke sobat demikianlah yang dapat admin sampaikan terebih terkurang admin mohon maaf semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua, nantikan tutorial lain nya sekian dan terima kasih 😀

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

6 Comments

Leave a Comment