Tutorial Aplikasi

Cara Untuk Mengunci Cell di Google Sheets

Sama seperti dokumen digital lain, spreadsheet juga merupakan dokumen yang mudah sekali diedit. Bahkan, seorang bisa secara tidak sengaja mengedit cell sehingga merusak data atau format yang terdapat di dalam spreadsheet.

Oleh sebab itulah, jika kamu sering membuat dan mengedit spreadsheet, maka kamu perlu belajar bagaimana cara menggunci cell yang terdapat di spreadsheet. Dengan begitu, spreadsheet yang kamu buat bisa terhindar dari kesalahan saat melakukan pengeditan.

Untuk tutorial kali ini, kita akan membahas cara mengunci cell di Google Sheet.

Jadi, buat kamu yang terbiasa menggunakan Google Sheets atau baru beralih dari Excel ke layanan dari Google tersebut, maka kamu bisa mempelajari cara untuk mengunci cell di Google Sheets yang kami bahas di bawah.

Apa Yang Terjadi Saat Cell Dikunci Di Google Sheets?

Sebelum membahas cara untuk mengunci cell di Googel Sheets, maka kita bahas dulu apa yang akan terjadi saat kita melakukan hal tersebut.

Ketika kamu mengunci cell, maka ada dua pilihan yang tersedia.

Menampilkan Peringatan

Jika kamu atau orang lain mencoba untuk mengedit cell yang dilindungi, maka Google Sheet akan menampilkan peringatan.

Meski nantinya kamu atau orang lain tetap dapat mengedit cell tersebut, tetapi peringatan yang muncul di Google Sheet akan mencegah perubahan yang tidak disengaja.

Membatasi Pengeditan

Pilihan kedua adalah membatasi pengeditan. Dengan demikian, hanya kamu dan beberapa orang yang kamu pilih saja yang dapat melakukan pengeditan pada cell yang kamu lindungi.

Mengunci Cell di Googe Sheets

Kamu bisa mengunci satu atau beberapa cell di Google Sheet. Untuk melakukan hal ini, pertama blok cell yang ingin kamu kunci.

Klik kanan pada cell yang telah diblok. Setelah itu, scroll ke bawah pada menu yang muncul. Lalu pilih Protect Range, atau pilih Lindungi rentang jika Google Sheet menggunakan bahasa Indonesia.

Lihat ke sebelah kanan, kamu akan menemukan Protected sheets & ranges atau Rentang & Lindungi.

Klik pada Masukan deskripsi dan beri nama cell yang kamu kunci. Tapi jangan tekan Enter setelah mengetikan nama.

Oh iya, sebagai info tambahan. Sebenarnya kamu tidak perlu melakukan hal tersebut. Tetapi dengan memberi nama pada cell yang dikunci, kamu akan lebih mudah dalam menemukan cell tersebut nantinya.

Lanjutkan dengan mengklik Set permissions atau Setel izin.

Nanti akan terbuka menu Izin pengeditan rentang. Pada menu tersebut, kamu bisa memilih untuk menampilkan peringatan saja atau membatasi orang yang bisa mengedit cell.

Jika kamu memilih yang kedua, kamu bisa mengklik kotak dibawahnya untuk memilih Hanya Saya atau Custom.

Pilih Custom jika kamu ingin menambahkan orang lain yang dapat mengedit cell.

Masukan alamat email dari orang yang kamu beri izin untuk mengedit cell. Jika sudah, lanjutkan dengan klik Ok untuk menutup jendela Izin Pengeditan.

Cara Membuka Cell yang Dikunci

Jika kamu ingin membuka kembali cell yang telah kamu kunci, kamu bisa melakukanya dengan cara mengklik icon kotak sampah yang terdapat di kanan nama cell yang kamu lindungi.

Tetapi jika menu Protected sheets & ranges atau Rentang & sheet dilindungi tidak tersedia, maka kamu bisa mengklik tab Data yang terdapat di bagian atas dan memilih Protected sheets and ranges atau Sheet dan rentang dilindungi.

Dengan begitu, menu Protected sheets & ranges akan langsung terbuka di sebelah kanan spreadsheet.

About the author

Alvin

Pemiliki Warnet yang merangkap sebagai Op Warnet dan penulis Freelancer.

Leave a Comment