Tutorial Windows

Cara Untuk Menonaktifkan Startup Programs di Windows 7 Dan Windows 10

Setiap versi terbaru dari Windows memiliki waktu booting yang lebih cepat dibanding versi pendahulunya. Misalnya pada Windows XP, versi Windows tersebut membutuhkan waktu booting selama beberapa menit. Tetapi di Windows 10, kita hanya perlu menunggu beberapa detik saja.

Sebenarnya waktu booting ini tidak hanya dipengaruhi oleh versi Windows, tetapi juga hardware yang digunakan dan program startup yang berjalan saat komputer masuk ke Windows.

Jika komputer membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk masuk ke Windows, maka kamu perlu mengecek startup program. Mungkin ada banyak program yang berjalan saat proses tersebut.

Menonaktifkan Startup Programs Di Window 7

Jika kamu menggunakan Windows 7, maka kamu bisa masuk ke System Configuration untuk mengaktifkan atau menonaktifkan startup program.

Tetapi saat menonaktifkan program startup di System Configuration, harap berhati-hati karena banyak program yang muncul di menu tersebut dengan nama yang tidak jelas. Jangan sampai kamu menonaktifkan fitur penting. Oleh sebab itu, ikuti langkah-langkah berikut dengan benar.

Pertama, tekan tombol Windows + R untuk membuka menu Run. Setelah menu Run terbuka, ketik msconfig di sana dan klik OK.

Di menu System Configuration, pilih tab Startup. Di sana, kamu akan menemukan sejumlah program yang akan berjalan secara otomatis saat komputer masuk ke Windows. Untuk menonaktifkan program tersebut, klik kotak yang berada di belakang nama program.

Dengan begitu, tanda ceklis akan hilang. Itu berarti, program tersebut tidak akan berjalan secara otomatis ketika komputer dinyalakan.

Jika sudah melakukan langkah di atas, maka tinggal kilk Apply. Lalu klik OK. Jika komputer minta direstart, maka restart saja.

Jika kamu ingin mengaktifkan startup progam, maka caranya juga sama. Klik saja kotak yang terdapat di belakang nama program yang tidak aktif sehingga muncul tanda ceklis di kotak tersebut. Setelah itu, klik Apply, lalu klik Ok dan restart komputer.

Sementara itu untuk pengguna Windows 10, silahkan ikuti cara berikut.

Menonaktifkan Startup Programs Di Window 10

Cara termudah untuk menonaktifkan startup program di Window 10 adalah dengan menggunakan Task Manager.

Ada banyak cara untuk membuka Task Manager. Salah satunya adalah dengan menekan Ctrl + Alt + Delete. Setelah itu pilih Task Manager.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cara yang lebih mudah, yaitu dengan menekan Ctrl + Shift + Esc. Gunakan shortcut keyboard tersebut untuk langsung membuka Task Manager.

Setelah Task Manager terbuka, maka langsung cari tab Startup. Jika Task Manager muncul dalam ukuran yang kecil dan kamu tidak menemukan satu Tab pun. maka klik More Details telebih dahulu. Letaknya ada di bagian bawah Task Manager.

Setelah mengklik tab Startup, maka Task Manager akan menampilkan semua startup program yang terdapat di komputermu. Di sana, kamu pun bisa melihat mana program yang aktif dan mana yang tidak.

Jika startup program aktif dan berjalan saat booting Windows, maka di kolom status akan terlihat Enable. Jika tidak aktif, maka tulisannya Disable.

Selain itu, kamu juga bisa melihat program mana saja yang cukup berpengaruh terhadap performa komputer dengan melihat kolom Status impact.

Klik program yang ingin dinonaktifkan. Setelah itu, klik Disable yang terdapat di kanan bawah Task Manager.

Kamu bisa menutup Task Manager setelah melakukan hal tersebut. Jangan lupa, restart komputer.

About the author

Alvin

Leave a Comment