Tutorial Windows

Cara Untuk Menutup Paksa Program Di Windows

Pernah gak kamu membuka satu atau beberapa program di Windows lalu kemudian progam tersebut macet dan tidak bisa ditutup?

Saat program yang dijalankan di Windows macet, maka yang biasanya dilakukan adalah menekan tombol X yang terdapat di kanan atas program. Lalu mungkin kamu akan menyadari bahwa apa yang kamu lakukan tidak berhasil dan program yang macet tidak berhasil ditutup.

Terkadang saat hal ini terjadi akan ada pesan seperti “program isn’t responding.” Kamu cukup beruntung jika muncul pesan seperti itu karena program bisa langsung dihapus dengan mengklik pilihan yang muncul.

Namun terkadang, tidak muncul pesan seperti itu dan program pun tidak bisa ditutup dengan menekan tombol X.

Biasanya saat hal ini terjadi, yang saya lakukan adalah menunggu program hingga berjalan kembali. Setelah itu baru ditutup karena biasanya program akan macet kembali.

Tetapi jika tidak berjalan kembali, maka solusi yang dilakukan adalah menutup paksa porgam tersebut.

Bagaimana caranya?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Kamu pun bisa melakukan salah satu cara berikut.

Menekan ALT+F4

Umumnya untuk menutup progam yang kita jalankan, kita menekan tombol X di kanan atas program, bukan? Nah, ada cara yang lebih mudah. Cukup tekan saja ALT+F4.

Sangat sedikit yang mengetahui hal ini. Jadi mari kita bahas lebih dalam.

Pertama, klik program yang macet. Jika sudah, tekan dan tahan tombol ALT. Setelah itu tanpa melepaskan tombol tersebut, tekan F4.

Jika kamu kesulitan untuk membuka program dengan menggunakan mouse, maka kamu bisa menggunakan ALT+TAB yang fungsinya untuk berpindah dari satu tab ke tab lain.

Saya pernah membahas hal ini dan beberapa keyboard shortcut lain sebelumnya. Klik di sini jika kamu tertarik untuk mempelajarinya.

Gunakan Task Manager

Fungsi dari ALT + F4 ini mirip dengan menekan symbol X. Jadi mungkin pada beberapa kondisi, shortcut keyboard ini tidak akan bekerja. Solusinya, coba lakukan cara ini.

Buka Task Manager dengan cara menekan kombinasi tombol CTRL+SHIFT+ESC. Jika tidak bisa, arahkan mouse ke Taskbar. Di sana, klik kanan mouse dan pilih Task Manager atau Start Task Manager, Untuk lebih jelasnya, silahkan klik di sini.

Setelah Task Manager terbuka, kamu harus mencari tab Processes. Di sana, cari program yang ingin kamu tutup secara paksa.

Klik kanan program tersebut. Nanti muncul beberapa pilihan yang bisa kamu pilih.

Klik End Process Tree. Biasanya progam akan langsung menutup. Jika tidak, ulangi kembali langkah tersebut.

Jika kamu menggunakan Windows 7 dan tidak menemukan progam yang kamu cari, maka lihat di bawah Task Manager. Di sana terdapat Show processes from all users. Klik di sana.

Jika kamu sudah berhasil menutup program yang macet, maka kamu bisa menutup kembali Task Manager.

Gunakan Taskkill

Jika dua cara di atas gagal, maka kamu bisa menggunakan perintah taskkill di Command Prompt. Cara ini bisa digunakan saat menghadapi situasi tertentu yang tidak umum, misalnya seperti ketika komputer terserang malware dimana kamu tidak bisa menjalankan komputermu secara leluasa.

Namun untuk menggunakan perintah taskkill di Command Prompt, kamu perlu mengetahui nama file dari progam yang ingin kamu hentikan secara paksa.

Untuk melakukan cara ini, buka Command Prompt dengan cara menekan WIN+R. Setelah muncul menu Run, ketik CMD di sana.

Lalu ketik ini di Command Prompt.

taskkill /im namafile.exe /t /f

Ganti nama file dengan nama program yang ingin kamu tutup.

About the author

Alvin

Leave a Comment