Tutorial C++ Tutorial Pemrograman

Contoh Program Bilangan Prima C++ (Perulangan)

Halo sobat, bertemu lagi bersama admin jagoankode. Sudah lama sekali saya tidak membahas mengenai tutorial pemrograman. Dan rencananya, saya ingin berbagi sesuatu pada hari ini. Melanjutkan pembahasan saya mengenai bahasa pemrograman c++. Dan bagi sobat yang belum menginstall compiler c++. Saya merekomendasikan agar sobat menggunakan DEV C++ sebagai compiler untuk menterjemahkan program dan dapat langsung dijalankan secara otomatis.

Di pertama kali konten c++, saya ingin membahas mengenai pembuatan bilangan prima pada bahasa pemrograman c++. Mungkin, sobat sudah tau banyak mengenai coding coding yang ada pada c++. Disini saya hanya ingin sharing dan berbagi ke teman teman sekalian mengenai coding atau perulangan didalam c++. Sebenarnya, untuk membuat bilangan prima di c++, kamu hanya perlu menggunakan statement boolean, serta perulangan for sebagai salah satunya.

Bilangan prima, bisa kamu buat menggunakan 3 metode perulangan didalam c++. Sebagai contoh, kamu juga dapat menggunakan while, do while, serta for untuk membuat perulangan bilangan prima agar tidak ribet mengetikkan satu persatu.

Mungkin untuk materi perulangan c++, akan saya bahas di kemudian hari sebagai referensi kamu untuk mempelajari lebih dalam mengenai hal ini. Baiklah, masuk kembali ke topik, saya akan memberikan sebuah contoh program dari cetak bilangan prima dengan mudah di bahasa pemrograman c++.

Cara Membuat Bilangan Prima di Bahasa Pemrograman C++

Kita tahu, bahwa definisi bilangan prima adalah bilangan yang dapat dibagi dengan angka 1, dan bilangan itu sendiri. Selagi masih bisa dibagi dengan bilangan lain, itu bukan termasuk bilangan prima.

Nah disini, kita sudah dapat logikanya untuk membuat bilangan prima. Langkah selanjutnya adalah pengaplikasian lewat bahasa pemrogramannya.

Saya menggunakan bool, perulangan for, serta kondisi if else untuk membantu saya memilah milah mana statement yang benar, mana statement yang tidak benar.

Kalian bisa meng-copy source code bilangan prima untuk bahasa pemrograman c++ dibawah ini.

#include <iostream>

using namespace std;

bool prima (int a) {
	
	if(a==2) {
		return true;
	}
	
	for(int b=2;b<a;b++) {
		
		if(a%b==0) 
		return false;
	}	
	return true;
}

int main() {
	
	for(int i=2;i<=200;i++) {
		if(prima(i)) cout << i << endl;
	}
	
}

Penjelasan singkat dari coding diatas. Saya membuat logika apabila termasuk bilangan prima, maka akan mencetak hasil true, dan jika tidak termasuk bilangan prima maka akan mencetak hasil false. Disini, fungsi boolean berperan penting untuk memudahkan kita membuat perandaian logika.

Maka, jika saya ingin mencetak angka dari 2 – 200, saya memasukkan statement if untuk memisahkan lagi/membagi 2 bilangan. Dan otomatis memindai mana bilangan true, mana bilangan false.

Jika kamu jalankan, maka seharusnya keluarannya adalah seperti berikut.

Cara Membuat Bilangan Prima di Bahasa Pemrograman C++

Sebenarnya cara ini adalah cara yang efektif untuk kamu gunakan, karena selain singkat. Cara ini juga sangat efisien bagi programmer pemula dalam belajar logika perulangan. Nah, mungkin materi perulangan inilah yang akan sedikit membuat kamu bingung dalam pengoperasian serta cara kerja dari perulangan.

Mungkin source code diatas bisa sedikit membantu teman teman dalam membuat bilangan prima di bahasa pemrograman c++. Selanjutnya, nanti akan saya bahas juga di website ini.

Semoga membantu, dan silahkan dicoba.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment