Tutorial Blogger

Dapatkan Pundi-pundi Dollarmu dari Blog

Dapatkan pundi-pundi dollarmu dari blog

Blog merupakan salah satu cara kamu untuk mendapatkan pundi-pundi dollar secara gratis dan tentunya sangat fleksibel. Bagi kamu yang sedang mencari-cari cara untuk bisa mendapatkan penghasilan sendiri tanpa terikat oleh orang lain, terutama kamu seorang pelajar, mahasiswa, atau bahkan yang telah lulus pendidikan sekalipun tentu bisa menjadi seorang blogger yang berpenghasilan dollar.

Kok bisa ?

Tentu bisa, kamu hanya memerlukan modal smartphone/laptop dan juga keahlian menulis saja sudah cukup untuk bisa mendapatkan pundi-pundi dollar. Dijaman serba digital sekarang ini seharusnya tidak ada lagi yang namanya pengangguran. Sebab semuanya bisa dijadikan sebagai peluang untuk bisa mendapatkan penghasilan, termasuk dari blog.

Lantas bagaimana caranya ?

Cara Dapatkan Pundi – Pundi Dollar Dari Blog

Nah untuk cara kamu bisa menghasilkan dollar dari blog silahkan baca artikel ini sampai akhir, dan pastikan untuk tidak melewatkan setiap katanya agar apa yang saya ingin sampaikan ini dapat tersampaikan dengan jelas.

1. Buat Blogmu Sekarang juga !

Karena kita berbicara menghasilkan dollar dari blog, maka jelaslah kamu harus mempunyai blog terlebih dahulu. Kalau tidak, bagaimana bisa kamu mendapatkan penghasilan dari blog. Buat kamu yang sudah mempunyai blog atau mungkin pernah membuat blog tapi belum sempat diisi konten, maka sebenarnya kamu telah melangkah satu langkah menuju pundi-pundi dollarmu.

Bagi yang belum punya blog, maka setelah kalian selesai membaca postingan ini segeralah untuk membuat blog. Jenis blog yang bisa kalian gunakan ada banyak sekali, kalian bisa menggunakan blogspot, wordpress, tumblr, wix, joomla, weebly dll. Kalian bisa pilih salah satu dari platform tersebut.

Saran saya, untuk kalian yang masih belum tau platform tersebut, mending buat blog kalian dengan blogspot. Selain karena alasan gratis, platform tersebut juga salah satu milik google, sehingga untuk pemula akan lebih baik menggunakan blogspot. Untuk membuatnya sobat bisa daftar melalui blogger.com, dengan syarat mempunyai akun gmail.

2. Tentukan Niche Blog

Setelah kalian berhasil mendaftar, jangan dulu buru-buru buat artikel post, inilah yang sering menjadi kesalahan para blogger pemula. Saking semangatnya pengen menghasilkan pundi-pundi dollar, sampai lupa menentukan niche blognya, sehingga blog yang dibuat menjadi tidak tentu arah tujuannya, sehingga terbentuklah blog gado-gado.

Nah, untuk bisa mengarahkan blog kalian agar jelas arahnya, baiknya tentukan dulu niche blog kalian mau membahas tentang apa. Apakah itu tentang kesehatan, teknologi, berita, tutorial dll. Agar blog kedepannya menjadi penyemangat untuk senantiasa mengisi kontennya, maka kalian pilih yang sesuai dengan kemampuan kalian.

Kenapa begitu?

Karena banyak dari blogger-blogger pemula yang akhirnya menyerah untuk tidak melanjutkan mengisi konten karena mereka bingung mau mengisi konten apa.

3. Perbaiki Tampilan Blog Kamu

Ketika kalian telah berhasil membuat blog, dan menentukan niche blognya, langkah selanjutnya kalian perbaiki tampilan blog semenarik mungkin, tapi tetap tampil sederhana.

Maksudnya apa ?

Maksudnya, kalian buat tampilan blog semenarik mungkin agar nantinya pengunjung bisa betah dalam blog kalian. Tampilan itu termasuk pada warna template, navigasinya jangan sampai membingungkan, jenis dan ukuran font yang enak dibaca dll.

Untuk bisa mengetahui tampilan blog yang bagus itu seperti apa, kalian bisa tanya ke diri sendiri, kalau kalian sedang melakukan searching di google misalnya, lalu mengunjungi blog seseorang, maka apa yang ingin dan tidak ingin di dapatkan kalian itu pula yang dirasakan calon pengunjung blog. Sehingga tampilan sederhana tapi menarik sangatlah di sarankan.

4. Mulai untuk Menulis

Setelah kalian punya blog yang nichenya jelas, kini tugas kalian untuk mengisi blog tersebut.

Kenapa ?

Karena kalau blog kalian tidak di isi-isi konten maka siapa yang mau mengunjungi blog kalian, tentu orang tidak mau membuang-buang waktu mengunjungi blog yang tidak ada apa-apanya karena pengunjung prinsipnya mencari solusi dari blog kalian.

Untuk mengisi konten blog, sebaiknya kalian isi serutin mungkin. Bisa tiap hari satu artikel, seminggu dua artikel, atau satu bulan dua artikel. Namun, kembali lagi semakin banyak artikel dalam blog kalian, maka semakin tinggi pula kemungkinan blog akan dikunjungi orang. Jadi, biasakanlah untuk mengisi blog minimal satu minggu tiga artikel.

5. Pastikan Tulisanmu Terindex Google

Apabila kalian sudah mempublikasikan artikel, maka kalian harus memastikan bahwa artikel telah diindex oleh mesin pencari google.

Maksudnya apa?

Maksudnya, artikel yang sudah kamu publish harus bisa muncul di halaman pencarian, mungkin kalian pernah melakukan searching di google, kemudian tampil beberapa blog hasil pencarian kalian. Nah itulah yang dinamakan keindex search engine google.

Agar artikel blog cepat terindex google, maka submitlah artikel kalian ke webmaster tools/search console sehingga artikel bisa mendapatkan perankingan dari google dan masuk ke daftar pencarian.

6. Promosikan Blog Kamu

Untuk mendapatkan pengunjung pertama kali, maka promosi yang kalian lakukan sangatlah dibutuhkan, agar orang lain bisa mengetahui hasil tulisan kalian. Karena dengan hanya mengandalkan pengindexan dari google tentu tidak akan maksimal.

Nah untuk memaksimalkannya, kalian bisa promosikan artikel yang telah kalian publish ke teman-teman terdekat, keluarga, grup-grup, media sosial yang dimiliki dll. Tapi perlu diperhatikan, jangan sampai kalian berleihan dalam , mempromosikan blog kalian terutama dalam sosial media, karena bisa-bisa kalian akan di anggap spam yang pada akhirnya penghapusan url. Jadi, promosikanlah pada grup-grup yang relevan dengan pembahasan artikelnya.

7. Daftarkan Blog Ke Penyedia Iklan

Ketika kalian sudah mempunyai banyak pengunjung, dan artikel dalam blog sudah dirasa cukup banyak, maka kalian siap memanen pundi-pundi dollar dari blog.

Caranya gimana?

Daftarkanlah blog kalian ke beberapa penyedia iklan, dan perlu kalian ketahui bahwa banyak sekali penyedia iklan yang siap membayar kalian dengan kalian menaruh link iklan mereka. Adapun beberapa penyedia iklan yang terbukti membayar publishernya adalah sebagai berikut,
iklan AdsSense, iklan AdNow, iklan Adsterra, iklan Propellerads, iklan RevenueHits, iklan PopCash, iklan Chitika, iklan Qadabra, iklan Media.net, iklan BuySellAds, iklan infolink, iklan Bidvertiser dll.

8. Ikuti Program Affiliasi

Banyak sekali website-website yang siap beraffiliasi dengan kalian.

Apasih program affiliasi?

Program affiliasi/ program kemitraan adalah teknik marketing dimana seorang penjual bekerjasama dengan kalian sebagai pemasar melalui blog. Pemasar disini bukan berarti kalian harus memasarkan produk penjual seperti halnya seorang sales. Melainkan kalian mempromosikan lapak penjual di dalam blog yang telah kalian miliki.

Promosinyapun tidaklah sulit, karena nantinya kalian akan akan diberikan link atau script benner yang hanya tinggal menempelkan di blog saja, mudah bukan ?.

Lalu gimana cara kerjanya?

Cara kerjanya, ketika link atau benner yang kalian pasang di blog itu mendapatkan klik dari pengunjung dan pengunjung tersebut kemudian meneruskan berbelanja kepada penjual, maka kalian akan mendapatkan komisi, nah dari komisi inilah kalian mendapatkan penghasilan.

Dimana saya bisa mengikuti program affiliasi?

Program affiliasi biasanya banyak dilakukan oleh tiap-tiap toko online seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak dll. Selain toko online, berbagai penyedia hosting dan domain juga biasanya sering membuka affiliasi, seperti Rumahweb, idcloudhost, Niagahoster, Dewaweb, Hostingger, Webhostmu, dan masih banyak lagi.

9. Buka Jasa Online

Selain kalian bisa mempromosikan penjualan orang lain, jika kalian punya skill yang baik di bidang tertentu, maka kalian bisa membuka jasa online di blog kalian. Banyak loh blogger-blogger sukses dari jasa yang ditawarkan, mulai dari jasa desain grafis, jasa ketik, jasa pembuatan website, jasa SEO, jasa backlink, jasa menulis artikel, jasa riview artikel, jasa les private online, agen pulsa online, dll.

Kesimpulan

Di era industri 4.0 yang serba digital ini seharusnya setiap orang harus bisa membaca peluang untuk bisa mendapatkan pundi-pundi dollar, salah satunya dari sebuah blog. Untuk mendapatkan penghasilan dari sebuah blogpun ternyata banyak caranya, tinggal kembali lagi pada diri kita, apakah mau memulai atau tetap berdiam diri. Bagi kalian yang sudah ada niat, maka segeralah untuk mewujudkannya dan jangan lagi di tunda-tunda.

Mungkin itu yang bisa saya sampaikan pada postingan kali ini, semoga bermanfaat.

Terimakasih telah berkunjung.

About the author

Mastom

Mahasiswa sekaligus penulis blogger muda

Leave a Comment