Android

Download Tertunda Playstore Begini Cara Mengatasinya

Halo sobat jagoan. Pernahkah kalian melihat download tertunda yang ada pada playstore. Hal ini dapat menyebabkan hasil unduhan tidak berjalan dan sementara waktu habis terbuang sia sia. Ya rasa kesal pasti ada. Ini banyak sekali dialami oleh kalian. Dan tentunya sangat mengganggu sekali. Jika kalian pengguna android pastilah telah mengenal aplikasi playstore sejak lama. Dan mustahil sekali user atau pengguna android tidak mengetahui ini.

Baca Juga : 7 Aplikasi Streaming Film Online Terbaik Yang Wajib di Coba!

download tertunda aplikasi playstore

Untuk mengunduh segala macam bentuk aplikasi kedalam android. Harus melalui playstore. Dan tidak akan maksimal rasanya jika tidak mempergunakannya dengan baik. Download tertunda ini ada beberapa penyebab yang harus anda kenali terlebih dahulu. Adapun penyebab umum terjadinya download tertunda adalah sebagai berikut :

Penyebab terjadinya download tertunda di playstore

  • Hp dalam keadaan ngelag/berat
  • Ram atau memori handphone tidak cukup.
  • OS (operating sistem) yang tidak kompatibel.
  • Internet dalam keadaan lambat
  • Spesifikasi handphone yang sangat rendah sekali.

Diatas merupakan penyebab umum yang terjadi. Dan pasti anda akan mendapati download tertunda dikarenakan memang penyebabnya adalah yang seperti disebutkan diatas. Namun kalian jangan salah sangka dulu. Bahwa tidak semua penyebab diatas selalu menjadi permasalahan playstore download tertunda. Bisa jadi ada faktor lain seperti memang server tidak berjalan dengan sempurna dengan kata lain. Tunggulah beberapa saat.

Baca Juga : Cara Melihat Live Subscriber Youtube di HP (Handphone / Mobile) Android

Kalau menurut anda penyebab diatas bukanlah kriteria yang ada pada smartphone anda. Sekarang ini mari kita mulai menganalisa dan mencari jalan keluarnya. Jika semua masalah masih belum juga teratasi dengan baik maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan menggunakan cara dibawah ini.

Cara mengatasi download tertunda di playstore.

1. Silahkan hapus cache atau bersihkan data

Permasalahan ini erat hubungannya dengan cache aplikasi playstore. Ada kemungkinan terdapat banyak sampah. Yang menumpuk bersarang dihp anda. Sehingga memberatkan beban load pada aplikasi yang berujung pada aktivitas diplaystore tersebut menjadi lambat. Untuk mengatasinya silahkan hapus dulu cache untuk aplikasi playstore caranya dengan masuk ke menu pengaturan. Lalu pengaturan lainnya pengelola aplikasi pilih google playstore

hapus cache di aplikasi playstore

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih penyimpanan pilih bersihkan cache. Disini yang perlu anda lihat. Jika pada saat bersihkan cache masih belum bisa berarti. Anda harus hapus data dulu. Lalu coba mendownload ulang aplikasinya

hapus cache playstore supaya download tidak tertunda

Hapus cache aplikasi diaats dilakukan di handphone merk vivo sedangkan untuk model smartphone yang lain caranya sama aja. Kalian bisa mengikuti alurnya. Kalau sudah semua kalian lakukan silahkan balik lagi ke playstore dan coba donwload apakah bisa atau masih saja tertunda.

download playstore berhasil

Kalau berhasil maka akan tampak seperti gambar diatas. Jika masih saja gagal maka kita lanjut pada langkah yang kedua.

2. Silahkan berhenti paksa aplikasi /forced close atau bisa memilih cabut pemasangan pembaruan.

Nah dilakukan langkah yang kedua ini bertujuan untuk memberhentikan sementara aplikasi yang sedang berjalan. Ini juga bertujuan untuk mengatasi permasalahan download lain yang mungkin sedang berjalan. Itu jika anda memilih berhenti paksa aplikasi. Namun jika anda memilih mencabut pemasangan pembaruan. Hal ini bertujuan. Mana tau aplikasi yang update versi baru memang tidak kompatibel dengan hp anda. Dan bisa jadi dengan playstore versi lawas memungkinkan kita untuk mendownload secara lancar.

Caranya sama seperti diatas silahkan masuk kedalam menu pengaturan. Lalu pilih pengaturan lainnya. Lalu pilih lagi pengelola aplikasi. Dan aplikasi playstore. Lihat pada bagian dibawah terdapat 2 versi paksa berhenti / copot pemasangan pembaruan. Silahkan pilih salah satu terlebih dahulu.

memberhentikan aplikasi paksa supaya bisa mendownload

Jika aplikasi dipaksa berhenti masih juga tidak bisa maka yang selanjutnya harus dipilih adalah mencopot pemasangan pembaruan. Lalu coba lagi mendownload aplikasi apakah masih tertunda ?

download playstore berhasil

Kalau masih saja gagal cara yang kedua ini maka kita akan masuk langkah yang ketiga

3.Memeriksa penyebab download tertunda / gagal di playstore

Seperti yang sudah dijelaskan penyebabnya jika hp kalian dalam keadaan berat dan banyak sampah silahkan terlebih dahulu dengan menghapus sampah sampahnya. Bisa dengan menggunakan aplikasi ataupun. Bisa menggunakan aplikasi dari bawaan handphone. Jika sudah periksa koneksi internet. Ini faktor yang sangat penting. Bila kalian mendapat pesan seperti ini pada saat mendownload tertunda maka fix berarti kesalahan hanya ada pada internet. Silahkan anda gunakan jaringan wifi ataupun kuota yang memadai.

download tertunda karena tidak ada jaringan

Untuk versi os ataupun spesiifkasi hp. Tidaklah terlalu bermasalah sebenarnya. Demikianlah cara ini dibuat semoga dapat membantu permasalahan anda tentang ini. Sekian dan terima kasih.

About the author

Imass Queen

Penulis Blog ~ modelstarz_ 🔞 ads / shout out inquiry for more information

Leave a Comment