Tutorial Blog

Efek Ganti Permalink Blogger Ke WordPress

Permalink adalah salah satu bagian penting didalam sebuah blog. Ketika kamu ingin mengubah atau ingin mengganti dari permalink blogger ke permalink default wordpress. Perlu diketahui ada beberapa trik yang harus kamu lakukan. Dan disini, saya kebetulan tidak akan menjelaskan bagaimana caranya, dan yang lebih tepatnya adalah apa efeknya. Efek apa yang akan terjadi di blog kamu ketika kamu mengganti permalink seluruh konten artikel di blog kamu.

Bisa dibilang, permalink adalah sebuah alamat yang berfungsi untuk menuju ke tempat tertentu, bisa itu berupa artikel, laman, atau bagian lainnya. Disini permalink sangatlah penting bagi SEO (Search Engine Optimization). Permalink seperti apa yang bagus untuk bersaing di serp google, akan saya bahas nanti di akhir artikel ini.

Sebelumnya, jika kalian belum tahu. Bahwa blog ini dulunya pernah menggunakan permalink blogger. Karena dulu, memang saya menggunakan platform blogger. Setelah melakukan migrasi, saya membuat keputusan untuk mengganti atau migrasi dari platform blogger ke platform wordpress self hosting.

Dan hal tersebut, pernah saya bahas disini : Pengalaman Migrasi Dari Blogger Ke WordPress Self Hosting.

Mungkin dari sekian banyak teman teman disini yang sependapat dengan saya dan mengalami hal yang sama. Ini bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk membuat salah satu keputusan yang besar di blog kamu.

1. Tidak Ada Efek Dalam Pengunjung Blog

Resiko didalam pengunjung blog yang saya alami tidak ada penurunan sedikitpun. Karena, cara yang saya gunakan adalah cara di google dan semuanya sudah lengkap.

Selagi masih redirect 301, butuh waktu untuk pergantian permalink baru, namun jangan khawatir untuk kehilangan posisi serp di google.

Permalink Blog
Permalink Blog

Pastikan sebuah platform itu selaras dengan permalinknya.

Tips : Hindari Permalink Yang Tidak Sesuai Dengan Platform,

Permalink bagi saya, tidaklah pengaruh bagi persaingan serp google. Namun, hanya sebagai penanda untuk menuju alamat artikel kamu.

Jadi, gausah diganti pun sebenarnya bukan masalah. Pengujung blogpun tidak ada pengaruhnya dengan pergantian permalink, melainkan butuh waktu jika ada pergantian permalink.

2. Indeks Ulang Semua Artikel Blog

Yang namanya mengganti permalink blog, pasti akan berdampak pada indeks blog kamu. Semua artikel blog kamu akan di crawl ulang oleh google sendiri, dan pastinya butuh waktu bagi bot crawl untuk mengindeks blog anda.

Kelemahannya adalah di segi artikel baru. Akan lama untuk pengindeksan artikel baru setelah di publish, dan akan selaras ketika selesai mengindeks permalink keseluruhan artikel.

2.1 Berapa Lama Selesai Mengindeks Oleh Google ?

Menurut pengalaman saya sendiri, google selesai crawl seluruh artikel saya kisaran 1 – 3 bulan. Dan itu semua biasanya tergantung dari berapa banyaknya artikel anda.

2.2 Apakah Perlu Re – Submit Sitemap ?

Tidak perlu, submit sitemap itu satu sekali ketika mendaftarkan blog ke google search console. Jadi ketika ada perubahan baru yang ingin di indeks, google akan otomatis mengenali perubahan di blog kamu.

Baca Juga : Cara Submit URL Artikel Baru Di Google Webmaster Versi Terbaru.

3. Hilang SERP Beberapa Artikel Jika Salah Penerapan

Karena, saya telah redirect semua url saya ke 301 ke target url yang baru. Ini penting sekali bagi kamu yang ingin melakukan perpindahan permalink baru. Karena sedikit saja anda membuat kesalahan fatal mengenai salah penerapan permalink, maka akan berujung dengan 404 not found dan tidak baik untuk SEO.

Contoh Permalink Blogger : https://www.jagoankode.com/2018/08/permalink-blogger-menjadi-seperti-wordpress.html

Redirect 301 Ke Permalink WordPress Menjadi : https://www.jagoankode.com/permalink-blogger-menjadi-seperti-wordpress/

Disana, kurang lebih, ada ilustrasi saya ketika mengganti permalink baru.

Dan inti utamanya adalah harus benar sesuai dengan prosedur pergantian permalink baru. Mungkin untuk panduan lengkapnya akan saya bahas di lain hari.

Masih Takut Ganti Permalink ?

Sebaiknya di pikir pikir dahulu sebelum mengganti. Karena ini salah satu keputusan yang amat besar dan berpengaruh bagi keseimbangan ranking artikel blog kamu di google.

Pelajari, serta amati dari orang orang yang berpengalaman yang pernah mengganti permalink, apakah itu baik atau buruk.

Demikianlah ulasan saya mengenai pergantian permalink blog yang wajib harus kamu ketahui. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu pembaca setiap blog jagoankode. Saya akhiri dengan beri rating kualitas konten dibawah.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment