Info Menarik

Ini Dia, 5 Ekstensi Dark Mode Terbaik Untuk Google Chrome

Google Chrome mengijinkan pengguna untuk mendownload tema baru bernuansa dark. Tema tersebut akan membuat tab, bookmarks bar dan menu lain di Google Chrome berubah menjadi hitam.

Buat sebagian orang, ini membuat tampilan Google Chrome menjadi tampak lebih menarik. Hanya saja, kalau kamu ingin membuat tampilan halaman web menjadi hitam saat dibuka di Google Chrome, maka kamu memerlukan ekstensi lain.

Tampilan Dark Mode di halaman web sendiri terkadang diperlukan agar mata tidak mudah lelah saat membaca artikel. Jadi, jika kamu sering membaca artikel, mungkin kamu tertarik untuk menggunakan ekstensi yang dapat merubah tampilan halaman web menjadi Dark Mode.

Berikut ini adalah beberapa ekstensi yang membuat halaman web menjadi hitam dengan teks yang berwarna putih.

Dark Reader

Dark Reader merupakan salah satu ekstensi Dark Mode yang paling banyak digunakan oleh pengguna Google Chome.

Saat kamu menginstal ekstensi ini, maka tampilan halaman web, termasuk halaman sosial media seperti Facebook dan Instagram akan berubah menjadi hitam.

Selain itu, jika kamu menggunakan produk-produk Google, seperti Google Drive, Google Doc, dan Google Sheets, maka tampilan produk tersebut juga akan menjadi hitam.

Dark Reader sendiri tidak hanya membuat tampilan halaman web menjadi gelap. Ada pengaturan yang dapat kamu gunakan untuk mengatur tingkat kecerahan, kontras dan sejumlah pengaturan lainnya.

Midnight Lizard

Midnight Lizard memiliki fitur yang lebih banyak dibanding Dark Reader. Pada ekstensi ini, kamu bisa mengatur warna dari background, teks, gambar hingga links yang terdapat di halaman website.

Midnight Lizard sangat cocok untuk kamu yang baru menggunakan Dark Mode dan belum terbiasa dengan tampilan gelap yang terdapat pada mode tersebut.

Ini karena kamu bisa menyesuaikan warna dan tingkat kecerahan dari hampir semua element yang terdapat di halaman web sehingga matamu mudah menyesuaikan dengan tampilan tersebut.

Hanya saja bagi sebagian pengguna, banyaknya pilihan untuk pengaturan warna akan membuat mereka kebingungan dan malas untuk melakukan pengeditan.

Jadi jika kamu seperti saya, yang lebih menyukai tampilan yang sangat sederhana, maka sebaiknya gunakan ekstensi lain.

Luna Reader

Luna Reader memiliki tampilan yang menyerupai Dark Reader. Pilihan pengaturannya juga tidak jauh berbeda.

Melalui Luna Reader, kamu bisa mengaktifkan Dark Mode dengan sejumlah pengaturan seperti brightness, contrast, blacklist, whitelist dan schedule untuk Dark Mode.

Dark Mode

Nah, kalau suka ekstensi yang sederhana, maka kamu bisa memilih Dark Mode. Ekstensi ini tidak mengizinkanmu untuk menyesuaikan tingkat kecerahan ataupun kontras. Selain itu, tidak tedapat pula pengaturan untuk hal lain.

Jadi, pilihannya hanya mengaktifkan atau menonaktifkan Dark Mode. Meski demikian, jika kamu mengakses menu option, kamu masih bisa menemukan fitur untuk melakukan penyesuaian.

Dark Mode memang tidak seperti ekstensi lain yang saya bahas di atas. Tidak ada menu untuk melakukan pengaturan. Tetapi di sinilah bagian menariknya. Bagi orang yang tidak mau ribet, ini tentu menjadi hal yang menyenangkan.

Cukup klik tombol toggle dari ekstensi Dark Mode di kanan atas browser, maka kita bisa langsung menikmati tampilan Dark Mode.

Dark Night Mode

Pada Dark Night Mode, hanya tersedia pengaturan untuk menyesuaikan tingkat kecerahan saja. Sangat cocok untuk yang ingin mengatur tingkat kecerahan tanpa perlu pusing memikirkan pengaturan lainnya.

Hanya saja, Dark Night Mode entah kenapa tidak berfungsi di Facebook. Tapi ini bukan masalah mengingat saat ini Facebook juga menyediakan fitur Dark Mode.

About the author

Alvin

Pemiliki Warnet yang merangkap sebagai Op Warnet dan penulis Freelancer.

Leave a Comment