Tutorials Windows

Folder Tidak Bisa Dibuka di Windows 10

Folder Tidak Bisa Dibuka โ€“ salah satu masalah yang sering pengguna windows alami adalah folder pada file explorer tidak bisa terbuka. Banyak penyebab yang terjadi sehingga folder tersebut tidak bisa terbuka salah satunya karena file explorer error atau itu bukalanlah folder asli merupakan folder cloningan (replika) dari salah satu virus yang menyerupai folder.

Bila kamu mengalami masalah seperi ini sebaiknya segera mengatasi hal tersebut, jika tidak maka akan menghambat pekerjaan atau aktivitas di komputer kamu. Apalagi dalam folder tersebut terdapat file-file penting.

Saya sendiri sudah sering mengalami folder tidak bisa terbuka dan penyebab hal itu terjadi bisa karena beberapa hal.

Penyebab Folder Tidak Bisa Dibuka

Berikut ini merupakan masalah atau penyebab yang sering terjadi yang mengakibatkan folder tidak bisa terbuka. Sebenarnya masih banyak penyebab lain, namun yang paling sering:

  • File system terhapus atau corrupt
  • Terdapat virus pada folder tersebut
  • Cache yang menumpuk
  • Terdapat bug pada system operasi
  • Space memori penuh

Tapi dari pengalaman yang sering saya alami penyebabnya adalah bug atau virus.

Mengatasi Folder Tidak Bisa Dibuka

Untuk cara mengatasi folder error atau tidak bisa terbuka ini dapat kamu gunakan pada Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Penerapan dan caranya sama, mungkin hanya tampilannya saja yang sedikit berbeda.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

Restart File Explorer

Cara pertama yang bisa kamu lakukan dengan me-restart file explorer pada Laptop/Komputer yang kamu gunakan. Sepengalaman saya setelah me-restart, folder akan normal dan bisa terbuka kembali.

Pertama buka Task Manager dengan cara klik kanan pada taskbar bagian bawah, kemudian pilih Task Manager.

Folder Tidak Bisa dibuka

Lalu buka tab Processes dan scroll ke bagian sampai menemukan Windows Explorer.

Folder Tidak Bisa dibuka

Setelah itu klik Windows Explorer tersebut dan klik Restart yang ada pada bagian kanan bawah.

Folder Tidak Bisa dibuka

Dan selesai.

Jika sudah berhasil me-restart, lalu coba buka kembali folder yang sebelumnya tidak bisa terbuka. Jika folder tersebut bisa terbuka kembali berarti penyebabnya adalah bug.

Restore File Explorer ke Defaults

Jika cara pertama belum berhasil, kamu bisa mencoba cara yang satu ini. Berikut langkah-langkahnya:

Buka File Explorer, lalu buka menu File pada pojok kanan atas.

Cara restore file explorer

Setelah menu File terbuka, buka menu Change folder and search options. Dimana pada menu tersebut kita akan melakukan Restore File Explorer ke Defauts.

Cara restore file explorer

Kemudian arahkan ke menu General dan pilih Restore Defauts pada bagian kanan bawah, lalu klik OK.

Cara restore file explorer

Setelah berhasil melakukan Restore File Explorer ke Defaults, coba buka kembali folder yang sebelumnya tidak bisa terbuka.

Buat Shortcut Baru

Cara memperbaiki filder tida bisa terbuka selanjutnya dengan membuat Shortcut baru. Jadi kamu hanya perlu membuat Shortcut baru untuk membuka dan mengakses Windows Explorer secara manual.

Pertama klik kanan pada dekstop/komputer kamu.

Kemudian akan muncul beberapa opsi pilihan, lalu pilih New dan pilih Shortcut.

Cara membuat shortcut di windows

Setelah itu isi kolom yang ada dengan direktori berikut : C:\Windows\explorer.exe. kamu juga bisa memilih direktori dengan klik tombol Browse, lalu pilih direktori yang akan kamu arahkan menggunakan Shortcut.

Cara membuat shortcut di windows

Jika sudah, kemudian klik Next untuk memulai proses pembuatan Shortcut.

Cara membuat shortcut di windows

Kemudian beri nama Shortcut tersebut dan klik Finish.

Cara membuat shortcut di windows

Sekarang kamu bisa buka Windows Explorer dengan menggunakan Shrotcut yang baru saja kamu buat.

Restart Laptop/Komputer Kamu

Kamu juga bisa menggunkan cara satu ini, yaitu dengan me-restart komputer yang kamu gunkaan untuk menormalkan kembali folder yang error atau tidak bisa terbuka.

Bisa saja penyebab error tersebut karena adanya bug pada komputer kamu, sehingga folder menjadi error dan tidak bisa terbuka.

Folder Tidak Bisa dibuka - Cara Restart Komputer

Untuk cara me-restart komputer pasti kamu juga bisa, yaitu dengan menekan tombol Power pada keybord kamu atau bisa menekan tombol Windows > klik icon Power dan pilih Restart. Tunggu sampai komputer menyala kembali, lalu kamu coba buka Windows Explorer dan buka folder yang bermasalah apakah sudah kembali normal atau belum.

Akhir Kata

Nah, itulah Cara Mengatasi Folder Windows Tidak Bisa Dibuka yang bisa kamu ikuti untuk memperbaiki folder yang sedang bermasalah. Namun bisa semua cara yang kami bagikan masih belum berhasil, sebaiknya kamu Update Windows yang kamu gunakan agar bug dan masalah pada komputer bisa teratasi.

About the author

Handika Prasetya Ramadhan

Penulis JagoanKode yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar SIM Card Prabayar dan Pascabayar lewat akun Instagram @kemocengtakberbulu

Leave a Comment