Tutorial Windows

Gunakan Parental Controls di Windows 10 Untuk Lindungi Anak Dari Konten Negatif

Jika kita sudah punya anak yang dapat mengakses komputer atau perangkat lain yang dapat terhubung ke internet, maka tentu akan ada rasa cemas setiap kali anak mengakses internet.

Sebagai orang tua, cukup wajar jika kita merasa cemas mengingat ada banyak sekali konten negatif yang terdapat di internet. Konten tersebut bisa diakses oleh siapa saja, termasuk anak kita.

Disinilah pentingnnya penggunaan Parental Controls. Fitur ini berguna untuk melindungi anak dari konten-konten yang tidak layak dikonsumsi oleh anak-anak.

Nah, berbicara mengenai Parental Controls, orang tua yang menggunakan Windows 10 terbilang cukup beruntung karena OS tersebut juga menyediakan fitur ini.

Di Windows 10 sendiri, kamu bisa membuat akun untuk anak dan keluarga. Akun tersebut nantinya dapat digunakan untuk membatasi konten yang dapat dikonsumsi, waktu menggunakan komputer atau smartphone, memblokir akses ke aplikasi tertentu dan sejumlah hal lainnya.

Kenapa Harus Menggunakan Parental Controls Di Windows 10?

Penggunaan Parental Controls sangat penting untuk membatasi konten yang dapat dikonsumsi anak. Selain itu, dengan menggunakan fitur tersebut, kita juga bisa melihat apa sih yang anak kita lakukan, website mana yang mereka kunjungi dan game apa yang mereka mainkan.

Ini tentu penting mengingat kita tidak selamanya bisa duduk disamping anak sambil memperhatikan setiap hal yang mereka lakukan dengan PC atau smartphone yang kita kasih ke mereka.

Untuk melakukan hal ini, kamu bisa membuat akun khusus untuk anak supaya aktivitas anak saat menggunakan Windows 10 dapat dipantau dan diatur.

Berikut adalah beberapa fitur yang dapat kamu gunakan saat mengaktifkan Parental Controls.

  • Mendapatkan laporan aktivitas anak saat menggunakan Windows 10, termasuk riwayat browser, riwayat pencarian, waktu penggunaan Windows 10, aplikasi dan video game.
  • Membatasi waktu mengakses Windows 10.
  • Membatasi penggunaan aplikasi dan video game.
  • Memblokir website dan aplikasi yang tidak layak dikonsumsi anak.
  • Mengelola izin pembelian di Microsoft Store.

Membuat Akun Untuk Anak Di Windows 10

Untuk mengaktifkan fitur Parental Controls di Windows 10, pertama kamu harus membuat akun untuk anak terlebih dahulu.

Untuk melakukannya, kamu bisa mengklik Start menu dan icon roda bergerigiĀ untuk membuka jendela Settings.

Setelah jendela Windows Setting terbuka, maka langsung saja klik menu accounts.

Selanjutnya, klik Family & Other Users. Lalu, di menu sebelah kanan klik Add A Family Member.

Pilih Add A Member. Lalu jika anakmu memliki akun email, maka kamu bisa masukan email tersebut. Jika tidak punya, klik Create An Email Address For A Child untuk membuat akun email gratis melalui Microsoft Outlook.

Menggunakan Fitur Parental Controls

Setelah membuat akun untuk anak, maka kamu bisa langsung mengakses website Microsoft untuk mengelola dan memantau akun tersebut.

Untuk mengakses website tersebut langsung dari menu Family & Other Users, klik saja Manage Family Settings Online.

Dari situs tersebut, nantinya kamu bisa melihat semua akun yang telah kamu buat. Sejumlah setting untuk Parental Control sendiri umumnya masih belum diaktifkan. Jadi kamu perlu mengaktifkannya secara manual.

Untuk melakukannya, pilih Activity, lalu aktifkan Activity Reporting. Dengan begitu, kamu bisa melacak aktivitas dari akun anak yang telah dibuat sebelumnya. Kamu bisa melihat laporan tersebut secara langsung di sana atau melalui laporan email.

Begitu Activity Reporting diaktifkan, maka coba scroll ke bawah untuk mengaktifkan fitur pembatasan akses untuk waktu penggunaan windows 10, browser, aplikasi dan video game dengan cara mengklik Turn On Restrictions di setiap pilihan pengaturan.

About the author

Alvin

Pemiliki Warnet yang merangkap sebagai Op Warnet dan penulis Freelancer.

Leave a Comment