TipsTrick

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Membersihkan Layar LCD

TV layar datar dan monitor LCD sama seperti layar yang terdapat pada smartphone atau tablet, membutuhkan penanganan khusus untuk membersihkannya.

Layar LCD memang agak berbeda dengan layar yang terdapat pada monitor dan TV tabung dimana TV tabung adalah layar kaca sehingga kamu bisa membersihkannya dengan cara yang hampir sama dengan kaca lain yang terdapat di rumahmu.

Layar LCD, terutama pada perangkat yang dilengkapi dengan fitur touchscreen lebih sensitif. Layar tersebut mudah sekali tergores dan mengalami kerusakaan akibat proses pembersihan yang kurang hati-hati.

Oleh sebab itu, berhati-hatilah saat membersihkan layar LCD dan ikuti sejumlah tips berikut.

Cara Membersihkan Layar LCD

Tips berikut bisa dilakukan, baik pada layar TV, layar komputer ataupun perangkat lain yang menggunakan LCD.

Matikan Monitor

Matikan monitor atau perangkat lain yang ingin kamu bersihan. Dengan begitu, layar akan menjadi gelap dan kamu bisa lebih mudah menemukan area yang kotor atau berminyak. Selain itu dengan mematikan layar, kamu bisa mencegah hal yang tidak diinginkan. Seperti jari yang secara tidak sengaja menekan tombol untuk menelepon atau mengirim pesan. Hal ini sering terjadi pada smartphone atau tablet.

Gunakan Kain Yang Lembut

Pastikan kain yagn kamu gunakan kering dan terbuat dari bahan yang lembut. Jika butuh rekomendasi, kamu bisa menggunakan kain microfiber.

Jangan Ditekan

Jika kain kering yang digunakan untuk membersihkan tidak dapat menghilangkan kotoran atau minyak, maka jangan menekan layar lebih keras. Menekan dan menggosok layar lebih keras seringkali bisa merusak layar, terutama monitor PC, laptop dan TV LCD.

Pada layar touchscreen seperti tablet dan smartphone, hal ini biasanya tidak masalah. Namun tetap sangat disarankan untuk berhati-hati.

Gunakan Pembersih Layar

Jika perlu, kamu bisa menggunakan pembersih layar. Saat ini ada banyak perusahaan yang menjual pembersih khusus layar LCD dalam botol semprot kecil.

Untuk tepian layar yang berbahan plastik, sebenarnya dapat dibersihkan dengan pembersih multiguna. Tetapi jangan sampai terkena layar. Untuk layar, gunakan pembersih khusus layar LCD.

Hal Yang Harus Dihindari Saat Membersihkan Layar

Selain hal-hal di atas, ada hal lain yang perlu dilakukan, yaitu hindari hal-hal berikut.

Hindari penggunaan kertas toilet, kertas tisu, handuk kertas, lap ataupun baju untuk membersihkan layar. Bahan-bahan yang tidak lembut bisa menggores layar.

Hindari produk pembersih yang mengandung amonia, etanol, alkohol, toluene, aseton dan ethyl acetate. Bahan-bahan kimia tersebut bisa menyebabkan layar hitam dan kerusakan lainnya.

Hindari menyemprotkan cairan pembersih ke layar. Cairan bisa masuk ke dalam layar dan menimbulkan kerusakan. Lebih baik semprotkan cairan pembersih ke kain dan bersihkan layar menggunakan kain yang telah dibasahi cairan tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan jika ingin membersihkan layar LCD. Semua tips di atas berlaku untuk semua layar LCD, baik itu TV dengan resolusi 1080p (HD), 4K, maupun 8K. Selain itu, kamu juga bisa melakukannya pada layar smartphone atau tablet.

Dengan melakukan sejumlah tips di atas, maka kamu bisa menghindari kerusakan yang ditimbulkan akibat kesalahan dalam membersihkan layar.

Hal ini tentu saja sangat penting. Jika kamu membersihkan layar LCD karena layar sudah kotor namun ternyata layar mengalami kerusakan akibat kesalahan yang dibuat saat membersihkan layar tersebut, maka kamu harus siap-siap mengeluarkan dana untuk membeli LCD baru.

About the author

Alvin

Leave a Comment