Tutorial Blogger

5 Host Gambar Gratis Terbaik Tanpa Batasan Bandwidth

Salah satu kendala seorang blogger biasanya adalah kehabisan ruang penyimpanan dan bandwidth karena terlalu banyak mengunggah gambar. Solusinya adalah dengan menggunakan hosting gambar online yang banyak tersedia gratis di internet. Tetapi kamu juga harus cermat dalam memilih karena tidak semuanya memberikan fasilitas secara penuh.

Situs hosting gambar gratis memang menawarkan opsi yang berbeda-beda. Ada yang mengunci fitur premium dan ada pula yang benar-benar menyediakannya secara gratis. Walaupun biasanya juga memiliki batasan-batasan tertentu seperti ukuran gambar yang diunggah. Nah, di antara banyak opsi di internet, kamu bisa mencoba beberapa hosting gambar terbaik berikut ini.

1. Imgur

Imgur sudah sejak lama menjadi pilihan bagi para blogger maupun pengguna forum. Platform ini disebut sebagai hosting gambar terbaik dan terbesar di dunia, yang mana awalnya hanya dirancang untuk media sosial Reddit saja. Namun seiring berjalannya waktu, Imgur terus bertambah dan mendapatkan banyak pengguna baru.

Pertumbuhan ini dapat dilihat dengan adanya penambahan-penambahan fitur penting di dalamnya. Adapun kelebihan Imgur antara lain adalah kamu tidak perlu membuat akun untuk mengunggah dan mendapatkan URL gambar. Selain itu, gambar kualitas tinggi juga bisa diunggah secara gratis dengan ukuran file maksimum 20 MB untuk berbagai macam format, kecuali GIF (maksimum 200 MB).

2. imgbox

Pilihan hosting gambar gratis yang kedua adalah imgbox. Secara fitur sebenarnya sangat mendasar, namun platform ini menawarkan kepraktisan. Kamu hanya dapat mengunggah gambar dengan format JPG dan PNG, serta GIF maksimum berukuran 10 MB. Tidak ada batas waktu kedaluwarsa untuk gambar dan ruang penyimpanannya tak terbatas.

Tampilan antarmuka halaman utamanya sangat sederhana. Cukup drag and drop gambar yang ingin kamu unggah, lalu tunggu sampai prosesnya selesai. Setelah file tersimpan di server imgbox, kamu bisa langsung membagikannya atau menyematkannya di posting blog.

3. Oshi

Tidak ada jaminan semua gambar yang disimpan di hosting gratis akan bertahan selamanya. Namun, Oshi menjanjikan penggunanya untuk menyimpan gambar selama mungkin. Pengguna Oshi benar-benar bisa mengontrol sendiri gambar yang diunggahnya dan membagikannya secara anonim.

Jika kamu hanya ingin menyimpan gambar untuk sementara waktu, Oshi juga punya fitur ‘Destroy after DL’. Saat mengunggah, pilih opsi masa berlaku URL gambar, mulai dari 1 jam, 1 hari hingga 90 hari. Tenang saja, opsi ini dapat diubah setelah gambar selesai diunggah.

4. ImageShack

Pengguna internet lama pasti sangat akrab dengan logo ImageShack berupa siluet katak. Biasanya logo ini akan tampak jika gambar yang disimpan di ImageShack sudah tidak tersedia lagi. Sejak beberapa tahun lalu mereka menggunakan sistem pendaftaran premium, meski tetap ada pilihan gratis dengan beberapa pembatasan.

Pembatasannya masih cukup wajar dan sepertinya tidak jadi masalah besar. ImageShack gratis memberikan ruang penyimpanan sebesar 10 GB per dalam sebulan. Tetapi itu hanya uji coba gratis selama 30 hari itu untuk premium. Untungnya, jika masa uji coba gratis kamu tidak akan kehilangan foto di sana.

5. Free Image Hosting

Dari namanya saja sudah membuat orang tahu bahwa ini adalah hosting gratis untuk gambar. Di antara empat situs sebelumnya, Free Image Hosting adalah layanan tertua yang sudah online sejak 2003. Fitur yang dimiliki memang sangat mendasar, tetapi tetap fungsional untuk kebutuhan blog atau forum.

Free Image Hosting memungkinkan penggunanya mengunggah file gambar berukuran maksimal 3 MB untuk jenis JPG, BMP, PNG, dan GIF. Selama situs Free Image Hosting masih ada, maka gambar yang kamu unggah akan tetap online di masa mendatang.

Alternatif untuk Menyimpan Gambar dan Foto Pribadi

Lima pilihan hosting gambar gratis di atas adalah untuk kebutuhan publikasi dan tidak cocok jika kamu ingin menyimpan foto-foto pribadi. Nah, untuk kebutuhan yang itu kamu harus menggunakan layanan Google Photos. Platform gratis ini mengambil ruang secara otomatis dari Google Drive dan memiliki fitur backup otomatis.

Jadi apabila kamu ingin foto-foto pribadi tetap aman, simpanlah di Google Photos. Jangan lupa aktifkan fitur backup otomatis dengan jadwal rutin setiap hari. Aplikasi ini tersedia dalam bentuk web dan aplikasi mobile.

Itulah beberapa rekomendasi hosting gambar gratis terbaik untuk berbagai kebutuhan. Silakan pilih sesuai dengan kriteria yang kamu cari dan tidak perlu khawatir lagi akan kehabisan ruang penyimpanan dan bandwidth di hosting personalmu.

About the author

Bagas Dharma

Keep calm and love Man United.

Leave a Comment