Tutorial Aplikasi

Ingin Membuat Slide Presentasi PowerPoint? Ikuti Cara Berikut

Microsoft PowerPoint sering kali menjadi pilihan utama saat orang ingin memuat slide presentasi sehingga cukup banyak orang yang paham betul bagaimana cara menggunakannya.

Meski demikian, tidak semua orang dapat menggunakan PowerPoint untuk membuat slide presentasi. Mungkin, kamu salah satunya.

Tentunya kamu membaca artikel ini untuk mencari tahu bagaimana caranya membuat slide presntasi PowerPoint, bukan?

Jika demikian, langsung saja ikuti cara membuat slide presentasi PowerPoint berikut.

Membuat Slide Presentasi PowerPoint

Pertama, buka dulu software PowerPoint. Lalu buka tab File yang terdapat di kanan atas.

Pada tab File, pilih New untuk membuat slide presentasi baru.

Di sana ada beberapa pilihan untuk membuat slide baru. Kamu bebas memilih apakah ingin menggunakan Blank Presentation atau menggunakan Theme yang sudah disediakan.

Dengan memilih Theme, kamu bisa menggunakan salah satu dari sejumlah tema yang sudah dibuat sebelumnya.

Jika kamu ingin menggunakan Blank Presentation, maka PowerPoint akan membuatkan satu slide presentasi dengan satu kotak untuk Judul dan satu kotak untuk sub judul.

Klik kotak tersebut untuk membuat Judul dan Sub Judul.

Sekarang, kamu tinggal menambahkan lebih banyak slide. Caranya, kamu bisa mengklik New Slide yang terdapat di tab Home, atau kamu bisa klik kanan di Menu Slide Sorter yang terdapat di kiri PowerPoint. Setelah itu pilih New Slide dari menu yang muncul.

Kamu juga bisa mengubah layout yang terdapat di slide yang kamu buat. Caranya klik tab Home yang berada di bagian atas PowerPoint. Setelah itu klik Layout untuk memilih jenis layout yang tersedia. Tentu saja, nantinya kamu dapat mengedit layout yang kamu pilih.

Ulangi langkah-langkah di atas untuk membuat slide presentasi di PowerPoint.

Menambahkan Teks dan Image di Slide Presentasi PowerPoint

Sekarang, untuk membuat slide presentasimu menjadi semakin menarik, maka kamu bisa memasukan beberapa hal berikut.

  • Teks
  • Gambar
  • Video
  • Tabel
  • Bagan
  • SmartArt

Untuk menambahkan teks pada slide PowerPoint, klik Text Box yang terdapat di tab Insert. Setelah itu tentukan di sebelah mana kamu ingin menempelkan teks tersebut. Selanjutnya, kamu hanya tinggal mengetik di keyboard.

Teks yang terdapat di dalam Text Box tersebut bisa kamu edit. Begitu pun dengan Text Box tersebut. Jika posisinya kurang pas, maka kamu bisa menggesernya. Jika ukuran Text Box tidak sesuai dengan yang kamu inginkan, maka kamu juga dapat memperbesar atau memperkecilnya.

Selain teks, kamu juga bisa menambahkan image.

Caranya, klik tab Insert. Lalu, arahkan kursor mouse ke menu Image. Di sana terdapat beberapa pilihan, seperti Picture yang memungkinkanmu untuk memasukan gambar yang terdapat di komputermu, Screenshot untuk mengambil sebagian gambar yang muncul di layar dan Photo Album yang dapat mengakes kumpulan photo yang kamu buat sebelumnya.

Selain gambar atau photo, pada tab Insert kamu juga bisa memasukan hal-hal lain yang dapat membuat slide PowerPoint tampak lebih menarik dan efektif seperti bagan, SmartArt, atau Shape.

Cara Menyimpan Slide Presentasi PowerPoint

Setelah membuat slide presentasi yang menarik, jangan lupa untuk menyimpannya. Segera simpan file tersebut dengan cara mengklik tab File dan pilih Save As.

Selain itu, setiap kali membuat slide presentasi PowerPoint, cobalah untuk klik Ctrl+S sesering mungkin. Terutama setelah kamu membuat perubahaan di file presentasi yang kamu buat.

Keyboard shortcut tersebut berguna untuk menyimpan file secara otomatis. Ini hal yang penting untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, seperti file belum disave akibat mati listrik atau komputer error saat mengerjakan slide presentasi.

About the author

Alvin

Leave a Comment