Tech

Ini Dia Gejala Yang Muncul Saat Komputer Terserang Virus

Virus komputer adalah ancaman yang harus terus diwaspadai. Hingga saat ini, virus-virus baru terus muncul dan berpotensi menyerang komputermu.

Serangan virus komputer sendiri seringkali tidak terdeteksi, terutama pada komputer yang tidak dilindungi antivirus.

Hal Yang Akan Terjadi Saat PC Terserang Virus

Meski serangan virus komputer sulit dideteksi, tetapi umumnya komputer yang terserang virus akan menimbulkan sejumlah gejala.

Berikut ini adalah beberapa tanda yang biasanya muncul pada komputer yang telah terserang virus.

Performa Komputer Melambat

Apakah kamu merasa komputer membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk membuka aplikasi dan file? Apakah komputer juga membutuhkan waktu booting yang lama dan berjalan dengan lambat?

Jika iya, maka kemungkinan besar komputermu telah terserang virus.

Tidak Bisa Mengakses Menu Setting

Salah satu ciri malware telah mengambil alih komputermu adalah komputer tidak bisa mengakses menu setting. Terkadang, sejumlah file atau folder pun juga tidak dapat diakses.

Muncul Jendela Pop-ups

Di layar komputer tiba-tiba sering muncul jendela pop-ups? Bisa jadi komputermu terserang virus. Harap berhati-hati pada jendela pop-ups tersebut, karena bisa jadi di jendela tersebut terdapat tulisan yang memintamu untuk mengunjungi situs tertentu atau mengunduh program yang mungkin berisi malware.

Selain itu, segera scan komputermu saat hal ini terjadi karena munculnya iklan pop-ups bisa saja berlanjut ke kondisi yang lebih parah, seperti spyware yang diinstal secara diam-diam. Spyware tersebut cukup berbahaya karena dapat memata-matai aktivitasnmu atau mencuri kata sandi.

Halaman Utama Browser Berubah

Coba perhatikan browser yang sering kamu gunakan. Apakah halaman utamanya berubah? Dan apakah kamu kesulitan untuk mengatur ulang halaman tersebut?

Jika memang demikian, maka mungkin saja terdapat virus di dalam komputermu yang dapat melakukan perubahan pada halaman utama browser.

Selain halaman utama yang berubah, virus juga dapat menyebabkan munculnya pesan error, atau browser yang tidak bisa diakses.

Muncul Program Asing Yang Berjalan Ketika Menyalakan Komputer

Komputer yang terasa berat ketika dinyalakan bisa jadi karena ada banyak progam yang berjalan di belakang layar secara otomatis. Terkadang program-progam tersebut merupakan progam asing yang tidak diketahui dengan jelas.

Hal ini bisa jadi karena virus telah menyerang komputer dan menginstal progam-progam tersebut.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui program apa saja yang berjalan secara otomatis saat komputer dihidupkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan Task Manager.

Setelah komputer masuk ke Windows, segera buka Taks Manager. Nanti akan terlihat progam mana saja yang berjalan di sana.

Untuk saya sendiri, saya menggunakan Netlimiter untuk mencari tahu jika ada progam yang mencurigakan.

Netlimiter ini fungsinya adalah untuk membatasi kecepatan internet. Tetapi bukan hanya itu saja, Netlimiter akan memberitahu progam mana saja yang sedang atau telah mengakses internet. Dari sana, kita akan tahu jika ada progam yang mencurigakan

Ini karena progam-progam tersebut biasanya merupakan program yang tidak pernah kita install tapi telah mengakses internet, baik untuk download ataupun upload.

Antivirus Berhenti Berfungsi

Saat antivirus berhenti tanpa kamu ketahui penyebabnya, bisa jadi ini ulah virus.

Komputer Sering Crash

Selain memperlambat kinerja komputer, virus juga bisa membuat komputer sering crash. Jadi, jika komputer mengalami kedua gejala tersebut, maka kemungkinan besar komputer telah terserang virus.

Saat kamu mengalami beberapa gejala di atas, maka jika memungkinkan, lakukan scan menggunakan antivirus atau malware removal tool.

About the author

Alvin

Leave a Comment