TipsTrick

Ini Dia, Perintah Yang Paling Berguna Di Command Prompt

Ada banyak perintah yang dapat digunakan pada Command Prompt. Tapi kamu tidak perlu mengingat semuanya.

Jika kamu mencoba mengingat satu-persatu semua perintah di Command Prompt, maka kamu akan kesulitan untuk menghapalnya. Terutama jika kamu baru belajar menggunakan fitur tersebut.

Daripada mencoba menghapal semua perintah, lebih baik menghapal perintah yang paling berguna dan sering digunakan saja. Setelah itu, akan mudah untuk menghapal perintah lainnya.

Berikut ini ada beberapa jenis perintah yang paling berguna dan paling sering digunakan oleh pengguna Windows.

Help

Help adalah jenis perintah yang paling berguna di Command Prompt. Dengan mengetik Help, maka akan muncul semua daftar perintah yang bisa kamu gunakan.

Jadi, jika kamu ingin tahu semua perintah di Command Prompt, ketik saja help dan tekan enter.

Command /?

Ganti kata command di atas dengan salah satu perintah di Command Prompt, lalu tekan enter. Dengan begitu, Command Prompt akan menampilkan informasi detail mengenai jenis perintah tersebut.

Misalnya, coba ketik help /?. Setelah mengetik perintah tersebut dan menekan tombol enter, maka kamu akan menemukan informasi mengenai perintah help di jendela Command Prompt.

Ping

Jika kamu merasa internet yang kamu gunakan sedang mengalami masalah, baik itu mati ataupun tidak stabil, maka kamu bisa menggunakan perintah ping untuk mencari tahu mengenai masalah tersebut.

Coba ketik ping dan alamat website di depannya. Lalu tekan enter. Misalnya, kamu bisa mengetik ping google.com dan tekan enter. Dengan begitu, kamu akan mengetahui kondisi internetmu.

IPConfig

Ipconfig merupakan perintah yang sangat berguna untuk mengetahui informasi mengenai  jaringan lokal. Menggunakan perintah ini akan membuat Command Prompt menampilkan informasi penting seperti sistem yang kamu gunakan, alamat Ip komputer, IP router dan sejumlah informasi penting lainnya.

SFC

SFC merupakan kependekan dari System File Checker. Jika kamu mengetik perintah ini, maka akan muncul informasi mengenai perintah yang bisa kamu tambahkan di depan perintah tersebut.

Misalnya coba kamu ketik sfc / scannow. Nanti, Windows pun akan memindai semua file sistem yang terdapat di OS tersebut untuk mencari kesalahan dan memperbaiki file yang rusak.

Perlu diketahui bahwa melakukan perintah tersebut terkadang bisa memakan waktu yang cukup lama. Jadi, jangan gunakan perintah tersebut saat kamu tergesa-gesa atau sedang mengerjakan hal lain di komputermu.

Chkdsk

Chkdsk merupakan kependekan dari Check Disk. Sesuai namanya, perintah ini akan membuat Windows mengecek kondisi hard disk.

Dir

Command Prompt bisa digunakan untuk membantumu menjelajahi sistem file di OS Windows. Untuk melakukan hal ini, cukup ketik Dir. Dengan perintah tersebut, Command Prompt akan menampilkan semua file yang terdapat di drive atau folder yang aktif.

Netstat

Dengan Netstat, kamu bisa mengetahui semua jenis informasi mengenai koneksi yang terhubung ke komputermu,

Cls

Saat jendala Command Prompt sudah dipenuhi dengan perintah yang kamu ketik dan informasi yang kamu butuhkan, mungkin kamu akan merasa pusing ketika melihat teks yang terdapat di jendela tersebut.

Untuk mengatasi hal ini, ketik Cls dan tekan enter. Maka semua teks tersebut akan terhapus dan Command Prompt pun akan bersih kembali.

Exit

Kamu bisa menutup jendela Command Prompt dengan menekan tombol X di kanan atas jendela tersebut. Tetapi jika kamu terlalu malas menggunakan mouse untuk mengklik tombol tersebut, maka ketik saja Exit untuk menutup Command Prompt.

Shutdown

Seusai namanya, mengetik perintah Shutdown di Command Prompt akan membuat komputer shutdown secara otomatis.

About the author

Alvin

Leave a Comment