TipsTrick

Ini Tips Sederhana Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Di awal waktu tamat sekolah kita pasti dibuat bingung mengenai menyambung pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi yakni dunia perkuliahan. Sebenarnya jika dilihat dengan seksama ada beberapa orang yang mudah sekali memilih atau menentukan akan kemana dirinya setelah lulus SMA. Namun ada sebagian orang lagi yang mungkin bingung melihat teman temannya sudah menetapkan jurusan favoritnya didunia perkuliahan. Lalu kita akan kemana ? Jurusan apa saja yang cocok untuk passion kita ? Apakah ini sudah bagus untuk kita ? Semua pertanyaan demi pertanyaan ini akan coba kita jawab satu persatu . Untuk itu mari sejenak kita simak ulasannya berikut ini. .

Baca Artikel : Ingin Melanjutkan Kuliah Tapi Tidak Punya Biaya, Coba Lakukan Ini

Mahasiswa begitulah sapaan yang akrab ditelinga masyarakat tatkala melihat seseorang pelajar yang telah duduk di bangku kuliah. Mereka bukan siswa lagi. Sebagian orang menggambarkan dunia perkuliahan itu merupakan jembatan antara 2 masa depan. Yaitu masa depan yang baik dan masa depan yang suram. Masa depan yang baik adalah berada di jurusan yang baik dan masa depan yang suram berada pada jurusan yang salah . Kesalahan persepsi ini lah yang membuat sebagian orang malah justru frustasi dan ragu ragu dalam menentukan pilihan apalagi jurusan. Mereka tidak ingin apa yang telah dibuat ataupun dibangun bertahun tahun tidak sia sia begitu saja.

Perlu kalian garis bawahi bahwa “tidak ada jurusan kuliah yang salah” . Yang salah itu jika kalian tidak memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat dan minat individu. Rata rata orang memilih jurusan kuliah karena ikut ikutan. Mendengar penuturan orang mengenai kemewahan finansial. Dengan jurusan ini jika bisa duduk diinstansi pemerintah ataupun perusahaan swasta. Bisa mendapat gaji yang hingga mencapai nominal yang tak terhingga. Ini merupakan virus yang sudah seharusnya dihentikan oleh negara khususnya. Karena itu artikel ini membantu kalian para smart people untuk lebih berpikir kritis dan hati hati namun tidak ragu.

Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat 

Pilihlah Jurusan sesuai minat dan bakat jangan mengejar per$epsi finansial.

Banyak orang yang salah kaprah dalam menilai sebuah jurusan untuk masuk kuliah. Mereka selalu mengaitkannya dengan gambaran yang akan dilakukan setelah habis atau tamat kuliah. Mungkin yang terbayang dibenak adalah jurusan ini akan sulit mencari kerja. Banyak tidak dibutuhkan. Ataupun sulit untuk bekerja di perusahaan swasta. Ataupun bisa bekerja di instansi pemerintahan . Kalaupun ingin menjadi freelance gajinya pun kecil. Karena alasan ini lah sebagian orang mengurungkan niatnya, dari yang semula ingin memperdalam hobi dan minatnya . Kemudian harus berusaha sekeras mungkin memahami apa yang tidak disukai.

Semua pasti tahu sesuatu yang dilakukan secara paksa. Akan berdampak tidak baik. Apalagi menyangkut mengenai pelajaran. Jika dipaksa otak tak akan mau untuk berpikir lebih dalam dan konsentrasi hanya sebatas melihat dan mendengar saja. Unsur paksaan ini lebih tidak berguna jika diamati dengan seksama. Buat apa kuliah mahal mahal sedangkan ilmu yang didapat sedikit bahkan tidak ada sama sekali. Ini banyak sekali dialami oleh mahasiswa. Karena otak cenderung dipaksa sedangkan hati cenderung menolak.

Baca Artikel : Masuk Jurusan Informatika Apa Bagus ? IT Itu Adalah Ilmu Yang Luas

Walhasil kesulitan banyak muncul dari kalangan mahasiswa ketika menyelesaikan tugas akhir yaitu skripsi. Mereka seolah ketakutan dan malas untuk menyelesaikan nya karena unsur paksaan tadi. Ini juga alasan kenapa orang banyak yang ditengah jalan berhenti kuliah. Berbeda halnya jika melakukannya memang dengan minat. Hobi jika dilakukan pasti banyak mendapatkan sumber ilmu baru pengetahuan baru dan pemahaman baru. Karena sesuatu yang dilakukan dengan hobi tanpa paksaan maka akan menimbulkan hal baik.

Terkadang banyak hal yang tidak kita mengerti saat menjalankan sesuatu karena hobi kita. Misalnya kita hobi motor. Untuk menghabiskan dana berapapun tidak ada masalah. Menghabiskan waktu berjam-jam untuk otak Atik motor juga tidak ada masalah apalagi mengeluh. Malahan semua nya dilakukan bahkan secara tidak sadar. Apapun sanggup dilakukan.

Kesimpulan.

Jangan pernah takut untuk memilih jurusan apapun. Semua jurusan baik untuk diri kita. Yang tidak baik itu adalah tidak memilih jurusan. Karena itu tinjauan mengenai bakat dan minat harus lah dilihat dengan benar. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan bakat serta minat anda. Kalau soal persepsi mengenai gaji kecil, sulitnya lapangan pekerjaan. Ataupun sangat sedikit sekali instansi pemerintahan atau swasta yang menyediakan space untuk jurusan anda jangan khawatir.

Belajarlah dari orang orang sukses yang bahkan bukan menentukan kesuksesan berdasarkan jurusan. Bahkan ada hal hal yang anda lihat sekarang bahkan dulunya tidak ada, seperti contoh. Yang sedang anda baca sekarang. Dulu baca hanya dibuku sekarang anda bisa melakukannya dengan handphone . Jika ditelaah jurusan yang bisa membuat bacaan dari handphone ini bahkan tidak ada dan mustahil. Namun kenyataan yang anda lihat sekarang adalah mungkin.

Karena kesuksesan tidak diukur melalui jurusan. Melainkan kesuksesan hanya bisa diraih jika yang kita pelajari bisa ditekuni dengan baik. Selain tekun kesabaran dan kreatifitas juga dibutuhkan. Karena itu pilihlah jurusan sesuai minat dan bakat anda. Karena jurusan sama sekali tidak ada kaitannya dengan kesuksesan.

Baca Artikel : Apakah Jika Saya Tidak Kuliah Masih Bisa SUKSES ?

Demikianlah artikel mengenai tips memilih jurusan kuliah yang tepat semoga artikel ini dapat membantu teman teman semua sekian dan terima kasih 😀

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment