Info Menarik

Inilah Pembagian Jurusan Informatika dan Penjelasan Lengkapnya

Jurusan Informatika

Jurusan Teknik Informatika adalah jurusan yang saat ini sedang naik daun karena prospek kerjanya yang tergolong cemerlang dibandingkan dengan jurusan yang lainnya. Karena ada beberapa pembagian untuk jurusan Teknik Informatika, maka Anda harus mengenali dulu profil masing-masing jurusan supaya Anda tidak salah memilihnya.

Teknik informasi termasuk perguruan tinggi yang menerapkan dan mempelajari prinsip-prinsip analisis matematis perancangan, ilmu komputer, pengembangan, pengujian dan evaluasi pada sistem operasi kinerja komputer maupun software atau perangkat lunak.

Pembagian Jurusan Teknik Informatika

Apabila Anda memutuskan untuk mengambil kuliah jurusan Teknik Informatika, maka Anda akan lebih banyak berhubungan dengan programming atau pemrograman, pengembangan perangkat lunak, dan juga teknologi jaringan komputer. Supaya Anda tidak salah dalam memilih jurusan, Anda harus mengetahui pembagian jurusan Teknik Informatika seperti berikut:

1. Jurusan Teknik Informatika

Kebanyakan dari mahasiswa jurusan Teknik Informatika akan menjadi seorang programmer. Dalam teknik informatika ini Anda akan membahas perihal pengolahan data dalam komputer melalui proses logika. Sementara bahasa yang digunakan dalam menerjemahkan gagasan pada bentuk digital yaitu python, C++ dan Java.

2. Jurusan Teknik Komputer

Untuk memilih jurusan Teknik Komputer, Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan perangkat keras berupa komputer. Selain mempelajari pada setiap bagian-bagian dari komputer, Anda juga diminta untuk lebih fokus dalam bermain mikrokontroller sebagai otak dari komputer.

3. Jurusan Sistem Informasi

Untuk jurusan Sistem Informasi, lebih banyak berkutat pada teknik komputer hardware dan software. Sementara untuk jurusan yang satu ini hampir sama dengan jurusan Teknik Industri karena sama-sama menggabungkan antara bidang teknis dan manajemen. Pada jurusan ini Anda bisa melakukan penggabungan antara Ilmu manajemen, bisnis dan ilmu komputer.

Jurusan ini sangat cocok untuk Anda yang lebih menyukai kegiatan bersifat sosial yaitu berinteraksi dengan manusia lain secara langsung.

Bagaimana Prospek Lulusan Teknik Informatika

Perlu untuk Anda ketahui bahwa berkarir dalam bidang Teknik Informatika memiliki prospek yang sangat bagus dan luas. Karena mengingat kebutuhan akan dunia digital yang diprediksi akan terus-menerus berkembang dan memberikan tren secara positif. Walaupun Anda tidak berkeinginan untuk menjadi seorang karyawan, Anda pun masih memiliki peluang untuk bisa menjadi pemain bisnis pada bidang informatika.

Berikut ini beberapa profesi untuk mahasiswa dari jurusan Teknik Informatika:

Peluang Profesi Dari Jurusan Teknik Informatika

1. Programmer

Untuk programmer merupakan pekerjaan dari jurusan Teknik Informatika secara umum. Programer memiliki tugas sebagai pembuat suatu program tertentu misalnya sebagai tim IT perbankan, maka anda diminta untuk bisa mengembangkan sistem core banking sesuai SOP instansi.

2. System Analyst

Sistem analis digunakan untuk melakukan analisis sekaligus merancang atau mendesain pada suatu sistem. Sistem yang dimaksud yaitu berhubungan pada jaringan komputer, perangkat lunak maupun hal-hal lain yang berkaitan secara teknis.

Supaya mampu memberikan analisis secara kuat, maka seorang system analyst harus melakukan pengecekan pada bagian system definition, database hingga perangkat keras yang nantinya akan digunakan pada sistem itu sendiri.

3. Konsultan

Profesi sebagai konsultan bisa dikerjakan secara independen. Sementara perusahaan memanfaatkan jasa Anda sebagai dasar untuk pertimbangan dalam pengambilan langkah strategis yang berkaitan pada pengembangan sistem IT. Seorang konsultan harus memiliki pemahaman yang luas dan mendalam sementara keuntungan yang didapatkan pun juga sebanding.

Apapun jenis jurusan kuliah yang Anda pilih, tentu akan memberikan ilmu yang bermanfaat dan berguna di masa depan. Apabila Anda menggeluti jurusan yang sedang Anda pilih, sama halnya dengan jurusan Teknik Informatika.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment