Tech

iQOO Pamerkan Penampakan iQOO 3 5G, Usung Quad Camera & Punch-Hole Display

Setelah munculnya rumor dan bocoran, subrand Vivo – iQOO akhirnya secara resmi memamerkan gaming smartphone 5G pertamanya yang diberinama iQOO 3 5G.

iQOO telah meng-unggah poster teaser untuk smartphone tersebut via situs mikroblogging Cina @Weibo yang tentunya memberikan kita sedikit informasi menyangkut desain iQOO 3 5G.

Menurut poster teaser yang iQOO unggah, iQOO 3 5G memiliki tombol volume dan tombol berwarna merah dibagian samping kanan. Di bagian pojok kiri dan kanan juga sepertinya terdapat touch-sensitive shoulder button mengingat iQOO 3 5G sendiri adalah gaming smartphone.

Namun, fungsi tombol merah masih belum diketahui dengan jelas. Kemungkinan, tombol merah tersebut berfungsi untuk mengaktifkan fitur Gaming tertentu, namun tidak dielakan jika tombol tersebut hanyalah sebuah tombol power.

Pada bagian atas, kita bisa melihat dengan jelas akan keberadaan 3.5mm headphone jack yang saat ini sangat jarang ditemukan terutama pada smartphone kelas flagship seperti iQOO 3 5G.

iQOO juga memamerkan bagian belakang smartphone tersebut yang menunjukan 48MP Quad Camera setup dan LED flash.

Belum lama, iQOO 3 5G juga telah muncul di database situs benchmarking @Geekbench yang mengusung motherboard dengan codename “Kona” dan 12GB RAM –  Kona merupakan codename untuk Snapdragon 865 processor.

iQOO 3 5G memiliki model number Vivo V1955A dan berhasil memperoleh skor 899 poin dan 3229 poin di Geekbench 5 single dan multi-core test.

Spesifikasi iQOO 3

iQOO 3 5G sendiri sudah terdaftar di database situs sertifikasi cina @TENAA.

Menurut listings yang TENAA berikan, smartphone tersebut akan menggunakan Super AMOLED display berukuran 6.44-inchi dengan punch-hole cutout yang mengakomodasi kamera depan.

Sayangnya, layar tersebut hanya mendukung 60Hz refresh rate dengan resolusi Full-HD+ (1080 x 2400) pixels, 20:9 aspect ratio.

Hal tersebut menuai sedikit kontroversi karena iQOO 3 5G sendiri merupakan gaming smartphone kelas flagship pertama iQOO yang mendukung 5G. Maka sangat heran jika smartphone tersebut hanya akan hadir dengan 60Hz refresh rate, apalagi jika dibandingkan dengan smartphone dari perusahaan lain yang sudah menggunakan high refresh rate display i.e 90Hz, 120Hz bahkan 240Hz.

Melupakan hal tersebut, iQOO 3 5G memiliki tiga konfigurasi memori yakni 6GB, 8GB dan 12GB RAM dengan 128GB/256GB UFS 3.1 Onboard Storage.

Untuk kamera, iQOO 3 5G mengusung kamera depan dengan sensor 16MP dan Quad Camera setup yang terdiri dari sensor 64MP, 13MP , 13MP dan 2MP.

Namun, penampakan resmi yang iQOO unggah menunjukan iQOO 3 5G menggunakan sensor 48MP. Kemungkinan terdapat kesalahan di-pihak TENAA atau mungkin, iQOO 3 5G yang terdaftar di TENAA merupakan varian lain dari smartphone tersebut.

Semuanya akan ditenagai dengan baterai 4,410mAh yang mendukung 55W rapid charge dan akan langsung menggunakan Android 10 out of the box.

About the author

Afrizal

Hanya seorang penulis yang mencintai dunia teknologi.
Rizal sebenarnya sangat pemalas, maka dari itu dia lebih memilih untuk menghasilkan uang dari passionya
Rizal mencintai hal-hal yang berkaitan dengan komputer atau smartphone dan akan selalu memberikan berita terbaru mengenai keduanya.
Namun, terkadang dia juga suka membagi tips & trick saat tidak dikejar deadlines.
Di waktu luangnya, kamu akan melihat dia bermain gitar atau menonton film di bioskop.

Business Contact: Rizaladhi32@yahoo.com

Leave a Comment