Info Menarik

Jadwal Pendaftaran Seleksi CPNS & (P3K) PPPK Tahun 2019 Terlengkap

Halo sob. Kali ini admin jagoankode ingin berbagi sesuatu info yang sangat bermanfaat nih untuk kalian semuanya. Masih seputar CPNS, kali ini saya akan sedikit membagikan tata cara serta jadwal pendaftaran seleksi cpns khusus tahun 2019. Dan biasanya, tes cpns ini dilakukan setiap satu tahun sekali dan wajib mengikuti tes yang disediakan oleh pemerintah. Bagi sobat yang ingin berkecimpung ke dunia ASN, maka sobat harus pahami dulu apa apa saja lowongan yang dibuka untuk tahun ini.

Sekedar berbagi informasi, kalian tetap harus pantengin website dari bkn (badan kepegawaian negara) yaitu situs resmi yang wajib kalian ketahui. Yang saya bagikan kali ini hanyalah sekedar sementara dan belum tau pasti kebenarannya. Tetapi, hampir hampir mirip jadwalnya pasti akan dilaksanakan pada akhir bulan dari tahun 2019 ini.

Dan biasanya, informasi ter update untuk pendaftaran cpns tahun ini. Selalu di info kan ke sosial media termasuk twitter. Kalau kamu belum punya sosial media, silahkan di download dulu dan jangan lupa di follow seperti info info terbaru dari pendaftaran cpns agar mendapatkan info terbaru untuk jadwal dan seleksi cpns tahun ini.

Beberapa bulan lalu BKN melalui akun twitternya resmi mengumumkan bahwa pada tahun 2019 ini kembali akan diselenggarakan seleksi penerimaan CPNS dan PPPK. Bagi Anda yang ingin ikut seleksi, jangan sampai ketinggalan informasi mengenai jadwal lengkapnya. Jangan lupa juga mempersiapkan segala berkas yang diperlukan mumpung waktu yang tersedia masih lama.

Jadwal Pendaftaran Seleksi CPNS
Jadwal Pendaftaran Seleksi CPNS

Syarat-Syarat Pendaftaran CPNS

Untuk bisa mengikuti seleksi CPNS maupun P3K, Anda wajib memenuhi segala persyaratan yang sudah ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Sebagai acuan, Anda bisa menyiapkan dokumen-dokumen yang pada tahun 2018 kemarin digunakan untuk seleksi CPNS. Adapun syarat-syaratnya sebagai berikut:

1. Dokumen

Ada beberapa dokumen yang harus disiapkan oleh calon peserta tes CPNS maupun P3K yaitu:

  • Scan kartu tanda penduduk (KTP).
  • Scan kartu keluarga (KK).
  • Pas foto terbaru dengan background merah.
  • Scan ijazah.
  • Scan transkrip nilai.
  • Dokumen-dokumen lain yang dipersyaratkan oleh instansi/daerah misalnya SKCK, sertifikat keahlian, sertifikat TOEFL, dan surat keterangan sehat.

2. Syarat Pendaftaran

Peserta yang akan ikut tes CPNS wajib memenuhi syarat-syarat berikut ini:

  • Usia peserta minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan keputusan pengadilan yang punya kekuatan hukum tetap dengan masa tahanan dua tahun atau lebih.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat atau dengan hormat atas permintaan sendiri sebagai PNS, prajurit TNI, anggota POLRI, atau diberhentikan dengan tidak horma pada perusahaan swasta.
  • Tidak sedang berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, TNI, POLRI.
  • Tidak menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik apapun atau tidak terlibat politik praktis.
  • Punya kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah.
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Jadwal Tes dan Alur Pendaftaran CPNS dan PPPK (P3K) Tahun 2019

Pada tahun 2019 ini, pemerintah membuka 2 jalur seleksi yaitu tes CPNS dan juga P3K gelombang ke-2. Pelaksanaan seleksi CPNS ini terbagi menjadi 2 instansi yaitu pusat dan daerah. BKN menerangkan bahwa tahun 2019 ini, jumlah pegawai yang dibutuhkan mencapai 254.173 orang.

BKN telah resmi mengumumkan bahwa seleksi CPNS dan PPPK gelombang 2 akan dibuka mulai bulan Oktober 2019. Namun jadwal ini masih bisa berubah/tentatif sesuai dengan situasi dan kondisi nantinya. Tapi jadwal berikut ini bisa menjadi acuan bagi Anda:

No.Tahapan SeleksiJadwal Seleksi
1.Pengumuman penerimaan CPNS dan formasi yang tersediaSeptember – Oktober 2019
2.Pendaftaran CPNS melalui portal resmi BKN.Minggu pertama Oktober 2019
3.Seleksi administrasiMinggu ke 3 dan 4 Oktober 2019
4.Pengumuman kelulusan seleksi administrasi peserta.Minggu ke-4 Oktober 2019
5.Penjadwalan pelaksanaan SKD.Minggu ke-4 Oktober 2019
6.Pelaksanaan SKD.Minggu ke-4 Oktober 2019 – minggu ke-2 November 2019
7.Pengumuman lolos SKD.Minggu ke-3 November 2019
8.Pelaksanaan tes SKB.Minggu ke-4 November 2019
9.Penggabungan nilai akhir SKD dan SKBMinggu ke-4 November 2019 – awal Desember 2019
10.Pengumuman akhir seleksi CPNSDesember 2019

Biasanya pengumuman seleksi tes CPNS dan PPPK (P3K) punya tenggat waktu yang lumayan singkat hingga masuk pada proses pendaftaran dan verifikasi berkas. Oleh karena itu, Anda harus segera mencermati jadwal di atas dan melengkapi kebutuhan berbagai dokumen yang diperlukan.

Kesimpulan

Dan itulah informasi singkat mengenai jam dan tanggal – tanggal penting dilaksanakan seleksi cpns tahun 2019. Seandainya tahun depan ada diadakan tes lagi, admin jagoankode akan terus memberikan informasi terupdate untuk seleksi cpns. Mungkin sekedar berbagi, hanya itulah hal yang saya ketahui sejauh ini. Nantikan informasi terupdate juga di blog ini. Semoga bisa bermanfaat, saya akhiri dulu. Sampai jumpa kembali.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment