Info Menarik

Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Apa Saja?

Jika kamu masih seorang yang sedang berada di kelas sma, smk atau sederajatnya, Pasti kamu akan melanjutkan masuk ke perguruan tinggi. Nah, disamping itu, tentu seorang anak sma/smk masih minim pengetahuannya dengan jalur masih perguruan tinggi negeri. Termasuk saya dahulu, juga bingung bagaimana sih sistem perkuliahan. Kuliah dengan sekolah itu sangat berbeda jauh. Bagi kamu yang ingin tahu apa apa saja jalur masuk perguruan tinggi negeri atau yang biasa disebut PTN. Berikut, ulasan lengkap dari admin jagoankode.

Sewaktu dulu saya masih sma/smk. Saya menganggap remeh waktu waktu ujian yang diadakan untuk masuk ke universitas negeri. Hal ini, membuat saya tidak bisa mendapatkan perguruan tinggi negeri favorit saya. Meski begitu, ada dua jenis tipe orang sehabis tamat sekolah. Yang pertama adalah langsung kerja, dan ada juga yang melanjutkan kuliah. Perlu teman teman ketahui, bahwa sekarang, kuliah itu tidaklah semahal yang ada di pikiran sobat.

Seperti beeasiswa sebenarnya sudah disediakan oleh pemerintah, bagi siswa yang berprestasi ataupun masyarakat yang miskin. Jadi, tidak ada alasan lagi, bahwa kuliah itu mahal, gak guna, atau apapun yang sekarang ada di benak sobat. Sekedar berbagi pengalaman dulu, akibat kelewat dua jalur utama beasiswa yang biaya per semesternya agak murah. Jadinya, saya malah masuk ke jalur mandiri, yang biayanya yaa u know lah.

Sekedar tips : Ini Tips Sederhana Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat.

Perguruan tinggi negeri (PTN) memang masih menjadi primadona bagi siswa yang baru lulus SMA untuk melanjutkan pendidikannya. Bisa masuk ke PTN merupakan sebuah kebanggaan bagi diri sendiri dan juga keluarga. Namun seleksi masuk PTN terbilang susah dan tidak semua orang bisa lulus. Tahun 2019 ini, jalur masuk PTN sedikit berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Seleksi masuk PTN tahun 2019 berbeda dengan tahun 2018. Jika dulu peserta bisa mendaftar dulu baru kemudian tes, maka di tahun 2019 ini peserta diwajibkan dulu untuk mengikuti tes. Hasil nilai tes inilah yang kemudian digunakan untuk mendaftar ke PTN idamannya. Ada beberapa jalur seleksi masuk PTN yang harus dipahami oleh siswa kelas XI SMA antara lain:

Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri
Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri

1. SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur masuk yang menggunakan prestasi dan portofolio akademik siswa. Melalui tes ini siswa bisa memilih 2 prodi dari 1 PTN atau 2 PTN berbeda. Ada 2 syarat yang harus dipenuhi untuk bisa lolos SNMPT ini yaitu:

Sekolah berasal dari SMA/MA/SMK atau swasta yang punya NPSN dengan ketentuan akreditasi:

  • Sekolah terakreditasi A: 40% terbaik di sekolahnya.
  • Sekolah terakreditasi B: 25% terbaik di sekolahnya.
  • Sekolah terakreditasi C: 5% terbaik di sekolahnya.

Kemudian siswa masing-masing sekolah harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Merupakan siswa kelas terakhir (XII) yang punya prestasi unggulan.
  • Memiliki prestasi di bidang akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN tujuan.
  • Punya NISN dan/atau NIK dan telah terdaftar di PDSS.
  • Punya nilai raport mulai semester 1 hingga 5 yang sudah diisikan oleh PDSS.

2. SBMPTN

SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dengan daya tampung minimal 40% dari kuota daya tampung setiap prodi PTN. Kuota ini dipilih dari hasil UTBK atau ditambah dengan kriteria lain sesuai kesepakatan PTN. Siswa yang mengikuti SBMPTN ini bisa memilih 2 prodi dari 1 PTN atau 2 PTN tujuan.

Peserta SBMPTN harus melakukan tes menggunakan komputer dan dikenakan biaya sebesar Rp 200.000,00. Siswa yang bisa mengikuti SBMPTN harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Merupakan siswa SMA/MA/SMK sederajat yang lulus sampai 2 tahun sebelum pendaftaran dan harus sudah memiliki ijazah.
  • Siswa lulusan terbaru bisa menggunakan Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah yang minimal memuat informasi mengenai jati diri dan foto terbaru dari yang bersangkutan serta dibubuhi cap stempel sah.
  • Mempunyai nilai UTBK.
  • Memiliki kondisi kesehatan yang baik.
  • Memiliki NISN dan/atau NIK.
  • Menginput data prestasi penunjang lain sesuai ketentuan PTN tujuan.

3. Ujian Mandiri

Jalur masuk PTN yang terakhir adalah melalui Ujian Mandiri. Skema ujian ini diatur oleh masing-masing PTN. Kuota jalur masuk melalui Ujian Mandiri ini maksimal 30% untuk setiap prodi PTN. Proses seleksi dan penerimaan jalur mandiri ini bisa menggunakan hasil nilai dari UTBK yang telah dilakukan sebelumnya.

Ujian Mandiri bisa dilakukan dengan jadwal yang berbeda-beda tergantung ketetapan dari PTN masing-masing. Biasanya PTN juga bisa menerapkan persyaratan tambahan selain nilai UTBK bagi peserta ujian Mandiri.

Bisa masuk ke perguruan tinggi negeri merupakan impian semua siswa yang akan lulus SMA. Tapi impian ini tentunya masih harus diiringi usaha keras dan doa. Anda bisa belajar optimal untuk mengikuti UTBK dan 3 jalur seleksi di atas.

Jalur mandiri adalah termasuk pengalaman mimin masuk ke dunia perkuliahan. Bukannya saya tidak berprestasi di kedua sebelumnya, hanya terlewatkan tanggalnya gara gara saya anggap sepele. Nah, sobat bisa mengambil hikmah dari pengalaman saya diatas. Jangan anggap sepele untuk jalur masuk perguruan tinggi negeri. Karena biasanya, orang lebih memprioritaskan negeri ketimbang swasta.

Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk teman teman semua yang sudah ingin masuk ke universitas negeri. Catat tanggal tanggal penting ujian untuk kuliah jika anda tidak ingin ketinggalan dari teman teman anda.

Akhiri dengan membaca ini : Apakah Jika Saya Tidak Kuliah Masih Bisa SUKSES ?.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment