Article Berita Terbaru

Jenis – Jenis Kartu Simcard di Indonesia

Dunia seluler kini mengalami perkembangan yang begitu pesat. Hal tersebut terlihat dari munculnya berbagai macam inovasi-inovasi yang membuat kebutuhan seluler menjadi lebih simple dan efisien. Salah satu bentuk efisiensi dan penyederhanaan perangkat seluler dapat dilihat dari semakin rampingnya bodi pada handphone. Tidak hanya itu, jenis sim card yang digunakan juga mengalami perkembangan.

Jenis - Jenis Kartu Simcard di Indonesia
Jenis – Jenis Kartu Simcard di Indonesia

Sebelum digunakannya kartu sim dengan ukuran seperti saat ini, ternyata kartu sim memiliki perubahan yang cukup banyak. Hal tersebut terlihat jelas dari ukuran kartu sim yang digunakan. Pada awal kemunculannya, kartu sim memiliki ukuran yang lebih besar dari ukurannya saat ini. Hal tersebut membuat kartu sim memiliki jenis yang beragam. Berikut ini merupakan jenis-jenis kartu sim yang wajib Anda ketahui.

Jenis-Jenis SIM Card di Indonesia

1. Kartu SIM Full-Sized

Jenis kartu sim yang pertama adalah kartu sim full size. Jenis kartu sim yang memiliki kode 1FF ini digunakan pada handphone generasi pertama yang ada di dunia. Kartu ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1991. Ciri yang dimiliki kartu ini adalah ukurannya yang panjang dan lebar layaknya kartu ATM ataupun KTP. Selain itu, kartu sim ini dikenal memiliki ukuran yang cukup tebal sekitar 0,76 mm.

Baca Juga : Mengatasi Registrasi Kartu Sim No. KTP & KK Melebihi Batas

2. Kartu SIM Mini

Jenis kartu sim selanjutnya adalah kartu sim mini. Kartu yang memiliki kode 2FF ini mulai digunakan pada tahun 2000an awal. Kartu sim jenis ini mungkin bisa dikatakan sebagai kartu sim paling familiar di Indonesia. Hal tersebut karena kartu sim ini digunakan dari tahun 1996 sampai dengan akhir tahun 2015. Apabila Anda membeli kartu perdana pada waktu itu tentu jenis kartu sim ini yang Anda dapatkan.

Terkait Lainnya : Kartu Sim Yang Sudah Mati, Hangus, Habis Masa Tenggang

3. Kartu SIM Mikro

Jenis kartu sim yang selanjutnya adalah kartu sim ukuran mikro. Kartu sim yang satu ini mulai diluncurkan pada tahun 2003. Kartu ini memiliki panjang 15 mm dengan ketebalan 0,76 mm. Penggunaan kartu yang memiliki kode 3FF ini digunakan pada masa peralihan jaringan 3G ke jaringan 4G. Hal tersebut karena banyak handphone yang telah menggunakan slot kartu sim mikro.

4. Kartu SIM Nano

Kartu sim Nano merupakan generasi keempat dari kartu SIM handphone. Kartu yang memiliki kode 4FF ini pertama kali diluncurkan pada periode tahun 2012an. Hadirnya jenis kartu sim ini dapat dibilang cukup dekat dengan kehadiran kartu sim mikro. Namun kartu yang satu ini memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu dengan panjang 12,3 mm, lebar 8,8 mm, dan ketebalan 0,767 mm.

Sampai saat ini, kartu SIM berukuran nano paling banyak digunakan di Indonesia. Hal tersebut karena banyak produsen handphone telah banyak menggunakan slot berukuran nano pada handphone terbaru yang diproduksinya.

5. Kartu SIM Combi

Jenis kartu SIM combi merupakan hasil modifikasi dari kartu SIM mikro. Dibuatnya jenis kartu sim ini bertujuan untuk memudahkan pengguna apabila ingin mengganti handphone. Jenis kartu SIM ini cukup populer pada saat era pergantian kartu SIM berukuran standar ke kartu sim berukuran mikro. Dengan begitu, apabila Anda berganti handphone dengan slot mikro, Anda tidak harus mengganti kartu sim Anda.

Sampai saat ini, kartu sim telah mengalami banyak perkembangan. Mulai dari kartu ukuran standar sampai dengan kartu sim mikro. Namun, hal tersebut tentu tidak menjadi masalah yang begitu besar karena semua perkembangan tersebut bertujuan untuk semakin memudahkan para pengguna smartphone di dunia.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment