TipsTrick Tutorial Aplikasi

Kapan Saat yang Tepat Perusahaan Menggunakan Software HR

Penggunaan suatu software HR atau sistem aplikasi HRIS merupakan pilihan yang tepat bagi sebuah perusahaan. Dengan menggunakan HR Software, banyak manfaat yang akan diperoleh perusahaan. Ketika beralih dari pengelolaan karyawan secara konvensional ke pengelolaan secara teknologi yang lebih canggih, hampir semua pekerjaan administrasi perusahaan dapat diselesaikan hanya dengan satu aplikasi saja.

Meskipun terdapat begitu banyak manfaat, sayangnya masih banyak perusahaan yang belum mau menggunakan software hr. Biaya jasa penggunaan dan penerapan dari sistem aplikasi HRIS memang terbilang cukup besar, tapi harga tersebut sangat sebanding dengan fungsionalnya.

Faktor lain adalah waktu yang dirasa belum tepat untuk menggunakan software tersebut. Nah berikut ini adalah waktu yang tepat untuk perusahaan anda beralih menggunakan HR Software :

1. Ketika Teknologi dan Perusahaan Semakin Berkembang

Pekerjaan manusia akan banyak yang tergantikan dengan hadirnya teknologi, termasuk hadirnya software hr ini. Dengan berbagai fitur canggihnya, software ini mampu menyelesaikan berbagai pekerjaan dalam waktu yang singkat dan akurat.

Perusahaan yang perkembangannya terus naik, tidak akan dikatakan maju apabila pengelolaannya masih memakai cara konvensional. Pelayanan administrasi harus efektif dan efisien ketika jumlah karyawan semakin bertambah.

Pertumbuhan dan perkembangan sebuah perusahaan yang melesat jauh harus diimbangi dengan sistem kerja yang semakin baik pula. Maka dari itu, inilah waktu yang cocok untuk menggunakan software hr.

2. Tugas HR Semakin Berat dan Semakin Kompleks

Adanya ketentuan PPh 21, premi BPJS, pembaruan UMP setiap tahun, dan sebagainya menyebabkan pekerjaan administrasi semakin kompleks. Khususnya bagi perusahaan yang memiliki karyawan kontrak, maka kontrak tersebut harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Pekerjaan administrasi yang menumpuk dan memberatkan HR ini membutuhkan banyak waktu juga membutuhkan tingkat ketelitian yang juga tinggi. Ketika tim HR sudah mulai kewalahan dan banyak hal yang terlantar.

Serta tidak selesai tepat waktu, menandakan bahwa perusahaan Anda telah membutuhkan sistem yang baru. Dengan memakai software hr, maka Anda tidak perlu membuat HR perusahaan Anda lembur terus-terusan.

3. Ketika Terjadi Perekrutan Karyawan Baru Secara Besar-Besaran

Semakin hari, kebutuhan kerja akan terus bertambah. Bagi perusahaan yang berkembang juga membutuhkan tenaga lebih banyak. Ditambah lagi kemajuan teknologi dan kemampuan manusia dalam mengakses teknologi tersebut, menyebabkan akses perekrutan kerja menjadi lebih mudah.

Namun, bagi perusahaan yang merekrut banyak karyawan sekaligus pasti membutuhkan sebuah sistem aplikasi yang praktis untuk mengelola kebutuhan administrasi para karyawan baru.

Sistem aplikasi tersebut contohnya melakukan absensi dan pengajuan cuti secara online. Sehingga, menggunakan software hr adalah langkah tepat bagi perusahaan Anda ketika merekrut banyak karyawan baru.

4. Ketika Didapati Kedisiplinan Kehadiran Karyawan Mulai Menurun

Kadang-kadang di sebuah perusahaan menghadapi keadaan seperti banyaknya karyawan yang mulai kendur kedisiplinannya, sering terlambat datang kerja, dan bolos kerja. Bahkan, mungkin sebagian ada yang mengalami karyawannya datang terlambat tapi pulang lebih cepat. Dengan demikian, ini adalah waktu bagi Anda untuk sistem absensi perusahaan.

Biasanya software hr memiliki modul yang berkaitan absensi agar perusahaan dapat melakukan absensi terhadap setiap karyawan menggunakan data real time. Dengan demikian, kehadiran karyawan dapat dipantau dengan lebih rinci baik jam kedatangannya maupun jam pulangnya.

Dengan memanfaatkan software hr, Tim HR juga dapat melakukan data kehadiran karyawan kapan saja ketika diperlukan. Dengan cara seperti ini diharapkan karyawan Anda akan lebih bertanggung jawab kembali meningkatkan kedisiplinannya.


Jika perusahaan Anda mengalami hal-hal seperti itu, maka sudah seharusnya perusahaan Anda menggunakan software hr untuk mengelola karyawan. LinovHR hadir sebagai salah satu Software HR yang terpercaya di Indonesia.

Software HR LinovHR memiliki banyak modul yang akan sangat berguna untuk perusahaan dalam mengelola human resource :

Modul Performance Appraisal

Modul ini akan membantu hr maupun tim penilai kinerja karyawan saat melakukan proses penilaian atau mereview kinerja karyawan, Terdapat banyak fitur yang dapat diandalkan untuk melakukan penilaian kinerja karyawan didalam modul perfomance appraisal .

Modul Time Management

Dinamika waktu bekerja yang tinggi pada sebuah perusahaan menuntut adanya sebuah sistem yang dapat mengelola waktu bekerja tersebut. Modul time management didalam Software HR LinovHR ini merupakan solusi nya, HR dapat dengan mudah untuk mengatur jadwal kerja karyawan maupun shift karyawan sehingga pengelolaan jam kerja karyawan bisa menjadi lebih efektif daripada menggunakan sistem manual.

Modul Goal Management

Kelola setiap target kerja, unit kerja maupun tim anda agar tepat sasaran dengan modul goal management di dalam Software HR LinovHR.

Modul Benefit

Gunakan modul benefit didalam Software HR LinovHR untuk mengelola setiap benefit yang didapatkan karyawan seperti bonus, tunjangan, uang lembur dan hal lain yang terkait benefit karyawan.

Modul Loan

Jika perusahaan anda memiliki kebijakan pinjaman, maka modul loan akan membantu perusahaan dalam mengelola setiap pinjaman yang diberikan terhadap karyawan.

Selain modul – modul diatas hr software indonesia LinovHR juga memiliki modul lain yang tidak kalah bermanfaat untuk perusahaan seperti modul succesion management, modul ESS, sampai dengan modul learing and development.

Anda akan merasakan kemudahan dalam pengelolaan sistem administrasi di perusahaan Anda. Segera ujicoba gratis Software HR LinovHR atau undang langsung Tim LinovHR untuk melakukan demo aplikasi ke tempat anda.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment