Games Info Menarik

Kejuaraan Dunia Esports Segera Berlangsung di Bali

Indonesia telah resmi menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan IESF World Championship yang ke-14. Turnamen esports kelas dunia tersebut akan digelar di Bali pada 27 November hingga 9 Desember 2022. Adapun edisi sebelumnya pada tahun lalu diselenggarakan di Eliat, Israel.

IESF World Championship melibatkan banyak negara dari seluruh penjuru dunia dan mempertandingkan beberapa jenis permainan video baik Mobile, Konsol, maupun PC. Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah untuk kejuaraan esports ini merupakan sejarah serta kesempatan untuk bisa menumbuhkan gairah industri esports Tanah Air.

esports

Indonesia memiliki basis pengguna game yang sangat besar. Menurut hasil survei dari We Are Social, Indonesia menempati urutan ketiga untuk jumlah pemain video game terbanyak di dunia, yakni sebanyak 94,5% dari pengguna internet berusia 16-64 tahun. Adapun peringkat pertama ditempati oleh Filipina dengan persentase 96,4% dan posisi kedua diduduki oleh Thailand dengan 94,7%. Belum lagi para penggemar game lainnya seperti yang diakses di fun88.

Dengan jumlah pengguna game yang sangat banyak, penyelenggaraan kejuaraan IESF diharapkan dapat menjadi wadah bagi para gamers tanah air untuk turut berpartisipasi mengharumkan nama bangsa serta menjadi momentum pertumbuhan industri esports di Indonesia.

Turnamen bertajuk Indonesia Esports Summit: The 14th World Esports Championship ini akan diikuti oleh lebih dari 1 juta atlet esports dari 120 negara dan 5 region (Oceania, Eropa, Asia, Pan Amerika, dan Afrika). Ada 6 kategori yang dipertandingkan yakni Tekken 7, DotA 2, Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, eFootball 2022, dan CS:GO. Total hadiah yang diperebutkan adalah sebesar USD 500 ribu. Khusus untuk CS:GO akan ada kategori Male dan Female. Dengan demikian, gelaran kali ini menjadi yang pertama kali menampilkan turnamen wanita CS:GO.

Untuk game mobile, Mobile Legends dan PUBG Mobile untuk pertama kalinya terpilih untuk dipertandingkan dalam WEC 2022 kali ini. Kedua game tersebut terpilih karena mencerminkan pertumbuhan industri game Mobile serta komunitasnya yang semakin bertambah.

Sejumlah pertandingan di Bali nanti merupakan puncak dari serangkaian kualifikasi yang berlangsung sejak Februari hingga Oktober 2022 di seluruh dunia. Indonesia sendiri akan menurunkan tim di seluruh jenis kategori yang dipertandingkan. Adapun babak kualifikasi untuk menentukan atlet-atlet yang dipilih ke dalam Tim Nasional akan digelar mulai 12 hingga 26 Oktober 2022.

Gelaran ini juga disebut akan menjadi event esports outdoor terbesar di dunia. Selain beragam lokakarya yang menampilkan pakar serta pelaku esports, juga akan ada ekshibisi hingga panggung hiburan yang telah dipersiapkan. Peserta yang mengikuti turnamen ini juga dapat menikmati keindahan alam dan pantai Bali.

Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Bambang Sunarwibowo menyampaikan pesannya kepada masyarakat luas, pemerintah, pelaku industri, serta dunia pendidikan bahwa esports merupakan bidang positif bagi insan yang memiliki kecerdasan, kreativitas, kedisiplinan, dan etos kerja yang tinggi.

PBESI juga mengungkapkan optimisme bahwa ajang WEC 2022 yang diselenggarakan di Bali akan menjadi landasan kuat bagi Indonesia sebagai salah satu pusat dan barometer esports dunia di masa depan.

Sebelumnya melalui pesan video yang diputar dalam konferensi pers Agustus 2022 lalu, Presiden IESF Vlad Marinescu menyampaikan antusiasmenya dengan penyelenggaraan di Bali. Menurutnya Bali merupakan tempat yang sangat ideal untuk menjadi tuan rumah IESF 14th World Championship karena Indonesia memiliki tim esports yang luar biasa dan telah berkembang sejak lama. Lebih lanjut Marinescu menjelaskan, kejuaraan ini digelar sebagai bentuk dukungan untuk perkembangan esports di seluruh dunia.

About the author

Ahmad Malik Baehaqi

Leave a Comment