Tutorial Pemrograman

Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Phyton

Sampai saat ini, bahasa pemrograman yang paling diminati oleh orang adalah bahasa python. Karena di bahasa python, kamu dapat menuliskan sebuah sintax yang singkat, serta powerfull dalam penggunannya. Disisi lain, sebenarnya semua bahasa pemrograman memiliki kelebihan serta kekurangannya masing masing. Untuk itu, disini saya akan sedikit mengulik mengenai bahasa pemrograman yang satu ini. Berikut penjelasan yang lebih rincinya.

Python adalah salah satu bahasa dengan level tinggi yang sedang berkembang. Melalui sintaks pada Python ini dapat membantu developer dalam melakukan pengkodean pada langkah-langkah yang jauh lebih sedikit dibandingkan pada Java atau C++. Sudah ada banyak website dan perusahaan besar yang telah menggunakan Python dalam pengembangan aplikasi.

Aplikasi yang banyak menggunakan bahasa Python yaitu seperti YouTube, Instagram maupun aplikasi yang lainnya. Sementara bahasa Python lebih banyak digunakan pada organisasi besar yang menggunakan paradigma pemrogramannya cukup banyak. Bahkan fitur-fitur serbaguna yang ada dalam Python pun juga sangatlah beragam.

Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Phyton
Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Phyton

Mengapa Harus Memilih Pemrograman Python?

Ada banyak alasan yang menjadikan banyak para developer menggunakan bahasa pemrograman Python. Selain memiliki kemudahan dengan fitur serbaguna yang cukup beragam, ternyata masih ada beberapa alasan lain yang menjadikan bahasa pemrograman Python semakin banyak diminati, yaitu sebagai berikut:

  • Phyton mempunyai konsep desain sederhana namun sangat bagus.
  • Python berfokus pada kemudahan dalam penggunaannya, hal ini bisa dilihat dari kode piton yang sangat mudah untuk dipelajari, dibaca, dirawat maupun digunakan ulang.
  • Python memberikan dukungan pemrograman yang berorientasi pada objek maupun pemrograman fungsional.
  • Phyton bisa meningkatkan produktivitas sekaligus menghemat waktu untuk para programer.
  • Bahasa pemrograman Python memiliki kode yang lebih sedikit namun dilengkapi dengan dukungan pustaka yang sangat banyak.
  • Phython memiliki sifat bebas atau gratis dan juga open source walaupun seringkali digunakan pada kepentingan komersil.

Kelebihan Bahasa Pemrograman Python

1. Memiliki library yang banyak dan luas

Berbagai modul yang dimiliki oleh PHython siap untuk digunakan dan di dalamnya terdapat banyak kode yang digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk documentation-Generation, regular expression, databases, unit- testing, CGI maupun email.

2. Sebagai peningkatan produktivitas developer

Bahasa pemrograman Phython dapat meningkatkan produktivitas developer, karena penggunaannya hanya cukup menulis kode dalam jumlah yang sedikit, sehingga Anda mempunyai banyak waktu agar dapat mengerjakan yang lainnya.

3. Memberikan dukungan LoT

Phython memberikan dukungan pada ada LoT atau Internet Of Thing yang sangat baik. Sementara LoT merupakan teknologi yang bisa menghubungkan benda di sekitar dalam jaringan yang telah menghubungkan satu dengan yang lain.

4. Embeddable

Karena bahasa pemrograman Phython bisa disematkan atau di tanamkan maka Anda bisa meletakkan bagian kode pada sumber bahasa lain misalnya seperti C++. Kemampuan ini bisa menambahkan scripting pada bahasa yang lain.

Kekurangan Dari Bahasa Pemrograman Python

1. Memiliki eksekusi yang lambat

Phython menggunakan bahasa interpreter yang bekerja bersama kompiler. Apabila dibandingkan dengan bahasa yang lain, maka Phython bekerja lebih lambat. Akan tetapi hal ini tergantung pada besar kecilnya program yang nantinya akan dibuat.

2. Memiliki komputasi mobile yang lemah

Bahasa pemrograman Phython memang sangat tepat digunakan pada server dan platform desktop, namun untuk komputasi mobile Phython tergolong lebih lemah. Terutama saat digunakan untuk mengembangkan game maupun ke ponsel.

3. Mengalami kesalahan pada run time

Phython dapat diketik secara dinamis, dengan demikian Anda tidak perlu untuk mendeklarasikan pada tipe variabel ketika menulis kode. Walaupun hal ini dapat memudahkan Developer pada saat pengkodean, namun hal ini bisa meningkatkan kesalahan ketika run time.

Bagi para pengguna pemograman Phython, tentu akan merasa sangat terbiasa dengan adanya berbagai fitur maupun librarynya yang sangat beragam. Dengan begitu bahasa pemograman mampu membantu pekerjaan programer lebih cepat.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment