Info Menarik Internet

Kelebihan Dan Kekurangan Internet di Masa Sekarang

Pada hari ini saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan internet di jaman sekarang ini. Koneksi internet di zaman modern sekarang, sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sekian orang. Karena internet dapat membantu kita menjelajahi dunia dengan waktu yang singkat, dan bertujuan untuk mengambil informasi dan beberapa keperluan lain. Setiap detiknya, terknologi mengalami perubahan yang signifikan dari segi apapun.

Termasuk internet, juga mengalami kemajuan dengan bertambahnya kecepatan, yang sekarang sudah mencapai tahap 5G. Dan seterusnya akan mengalami yang namanya upgrade / peningkatan sampai benar benar final. Dibalik kemajuan dan kelebihannya tersebut, ternyata internet masih juga bisa berdampak negatif. Bisa berdampak negatif atau kekurangan apabila salah dalam penggunanya. Namun, tak banyak orang yang sadar akan hal negatif yang dapat ditimbulkan dari koneksi internet ini.

Apalagi ini rata rata akan berdampak negatif bagi anak anak yang dibawah umur. Yang masih belum mengetahui, fungsi internet itu apa sih sebenarnya. Nah, Bisa dibilang, koneksi internet ini mencakup jangkauan yang luas, alias satu dunia. Semuanya dapat terhubung melalui jaringan internet dan dapat diakses satu sama lain. Sehingga sangat mudah untuk bertukar informasi dan data hanya dengan waktu yang amat singkat.

Kelebihan Dan Kekurangan Internet
Kelebihan Dan Kekurangan Internet

Semakin perkembangan jaman, internet sekarang sudah merambah ke dunia pekerjaan, hiburan, sarana informasi dan bisnis. Hampir semua orang, tahu apa itu internet, mulai dari anak anak, remaja, orang dewasa bahkan orang tua pun mengetahuinya. Mungkin tak banyak dari kalian yang tahu sisi buruk dari internet yang sebenarnya harus kita hindari. Kalau kalian berpendapat bahwa pembatasan internet itu dibutuhkan, saya sangatlah setuju dengan pendapat kamu.

1. Kelebihan Internet

1.1 Pertukaran Data Dan Informasi Yang Begitu Cepat.

Kelebihan utama dari internet adalah sistem pertukaran data dan informasi yang sangat cepat. Biasanya orang menggunakan internet untuk mengirim data, info, pengunguman hanya dengan hitungan detik. Karena jaringan internet, terhubung ke satu dunia. Kamu dapat menggunakan media ini sebagai hal yang bijak dan sesuai kepentingan saja.

1.2 Komunikasi Jarak Jauh Atau Sosial Media.

Siapa sih yang gak tau sosial media. Sosial media sangat penting dan butuh bagi semua orang. Baik itu berkomunikasi antar teman dari jarak yang jauh. Biasanya sosial media juga digunakan sebagai platform untuk berjualan, informasi, tanya kabar dan kepentingan komunikasi yang jaraknya jauh. Dan tentunya, sosial media sekalipun tetap menggunakan jaringan internet sebagai penghubung sekian banyaknya orang.

1.3 Pusat Sumber Informasi Dan Ilmu Pengetahuan.

Internet biasa disebut dengan sumber dan pusat informasi. Segala bentuk jenis informasi sudah tersedia di internet. Dan apalagi, hebatnya sekarang, sudah ada mesin pencari GOOGLE, yang mampu untuk menghubungkan website lain berdasarkan apa yang anda cari dan anda butuhkan. Lebih tertarget, dan sesuai dengan apa yang kita inginkan, akan menghemat waktu untuk mencari informasi didalamnya.

1.4 Edukasi Atau Pembelajaran.

Hal yang paling efektif untuk belajar adalah internet. Sebagai media informasi terbesar di dunia. Internet juga dapat dilakukan untuk hal hal yang positif. Seperti contoh untuk pembelajaran di semua kalangan masyarakat dunia. Ini bisa kita ambil keuntungannya, dan tentunya, semuanya gratis tanpa bayar. Kalian bisa menikmati semuanya dan sudah ada semuanya di internet. Tinggal cari dan belajar saja loh.

1.5 Sarana Hiburan.

Selain pembelajaran, informasi, komunikasi. Ternyata internet adalah salah satu sarana hiburan yang murah meriah. Dan kabar baiknya, sekarang sudah ada platform Youtube. Yang akan memudahkan kamu untuk menemukan hiburan, pembelajaran, dan hal hal lain yang bermanfaat disana.

6. Menghasilkan Uang Dengan Mudah.

Siapa sangka, bahwa sekarang internet juga dapat dan bisa menghasilkan uang. Sudah banyak sekali yang berhasil di dunia online dalam meraup penghasilan disini. Dan banyak juga sebagaian orang bergantung dan ber mata pencaharian dari internet. Wah, keren baanget internet ini!.

7. Membuat Pekerjaan Lebih Mudah.

Selain itu, internet juga bermanfaat bagi pekerja. Pekerja juga dibuat mudah dalam mengerjakan pekerjaan mereka. Apapun pekerjaannya, semuanya akan mudah ketika ada internet. Semua kebutuhan bekerja kamu sudah lengkap disini. Sekarang tinggal menggunakannya dengan bijak dan tepat aja ya sob!.

2. Kekurangan Internet

2.1 Malware, Virus Yang Menyerang Komputer Anda.

Hal yang paling saya sering alami adalah terinfeksi virus. Virus di internet dapat melalui apa saja. Selagi aktivitas kita online, virus tersebut 24 jam akan terus mengintai kita. Sampai benar benar kita kedapatan mendownload file mereka yang dibuat oleh hacker, maka bersiaplah untuk kehilangan data data pribadi anda. Maka itu, berhati hatilah dalamn penggunaan internet.

2.2 Segala Bentuk Jenis Penipuan Dan Kejahatan Dunia Maya.

Seperti contoh berita hoaks atau berita bohong, penipuan jualan di online. Atau segala bentuk transaksi, sangatlah bahaya jika di online. Pilihlah penyedia yang benar benar terpercaya dan ada lembaga hukumnya. Ini sangatlah penting bagi anda yang belum banyak tau mengenai transaksi online.

2.3 Kebebasan Konten Negatif.

Konten negatif yang dimaksud adalah Penipuan, Pornografi, Pencurian, Perjudian, SARA, dan Hal hal yang berlawanan dengan hukum di indonesia. Di internet, sangatlah bebas untuk mengakses segala sesuatu. Termasuk kejahatan, di internet sangatlah bebas. Ini tinggal bergantung kamu dan pemerintah-lah yang bisa dan pandai mengatur akan hal ini.

2.4 Candu Bagi Anak – Anak Bermain Game Online.

Sering denger game online ?, yang namanya game online ini akan membuat candu bagi setiap orang. Terlebih untuk anak anak sekarang, bahkan mereka rela menipu orang tuanya demi membeli item berbayar yang ada pada game online. Seharusnya game online ini bisa kalian hindari dan tidak terlalu terobsesi sekali. Karena akan membuat candu serta sifat kasar pada orang tua dan anak.

2.5 Komunikasi Asli Antar Manusia Menjadi Berkurang.

Yang amat saya rasakan untuk sekarang ini, adalah dengan penggunaan internet yang membuat komunikasi manusia berkurang. Sekarang orang lebih memilih sistem chatting dan mengurangi komunikasi asli pada manusia. Dan menurut saya, ini adalah hal yang sangat berbahaya. Karena dapat mengurangi kaidah manusia serta keakraban satu sama lain.

2.6 Pemakaian Berlebihan Yang Tidak Sehat.

Terakhir adalah pemakaian yang berlebihan. Apapun bentuk yang berlebihan itu tidaklah baik. Salah satunya akan berpengaruh bagi kesehatan anda. Perhatikanlah hal hal kecil seperti ini, untuk kesehatan anda nantinya. Biasanya efek yang akan muncul adalah mata minus karena radiasi dari cahaya layar komputer.

Tips Untuk Menghindari Sisi Negatif Internet

1. Pengawasan Orang Tua Yang Tepat.

Salah satu orang yang tepat untuk mengatasi ini adalah orang tua. Sebagian besar orang tua tidak membatasi anaknya dalam menggunakan internet. Disini, pengawasan orang tua sangatlah penting bagi anak – anak yang belum mengetahui sisi buruk dari internet. Jika anak dibiarkan, maka mereka akan terlalu dalam mengenal internet dan akan mengenal namanya hal hal yang negatif tadi.

2. Pembatasan Konten Negatif Oleh KOMINFO.

Pemerintah sebenarnya disini juga berperan penting bagi konten konten yang disediakan di internet. Biasanya yang berwenang adalah kominfo. Mereka akan memblokir situs situs yang tidak layak untuk dilihat dan pastinya melanggar uud yang ada di indonesia. Meskipun bertahap, disini pemerintah sudah bagus sekali dalam kinerja mereka, dan patut kita apresiasi.

3. Hindari Pemakaian Yang Berlebihan.

Pemakaian yang berlebihan akan menyebabkan candu. Dan apabila sudah candu, maka anda akan penasaran lebih dalam untuk mengenalnya. Poin ini hampir sama seperti yang saya jelaskan tadi diatas. Akan lebih baik jika anda pandai dan mampu membatasi diri untuk hal hal yang kurang pantas untuk dilihat dan diketahui sebelum waktunya.

4. Gunakanlah Dengan Bijak.

Sebenarnya yang harus dibentuk adalah karakter diri. Terkadang, prinsip akan lebih bagus ditanam untuk tips membatasi dan menghindari konten negatif di internet. Gunakanlah internet dengan bijak tanpa merugikan orang lain dan diri kamu sendiri.

5. Gunakan Seperlunya Saja.

Yang terakhir adalah gunakan seperlunya saja. Apabila anda banyak keperluan, pasti anda tidak akan membuka yang aneh aneh di internet. Ini penting untuk di ingat, bahwa kita juga harus pandai menggunakan internet sebagaimana mestinya. Semoga kelima tips ini, dapat membantu anda menghindari hal hal yang tidak di inginkan yang ada pada internet.

Kesimpulan

Jadi itulah tadi penjelasan lengkap mengenai kelebihan serta kekurangan dari internet. Yang paling terpenting adalah kita pandai membatasi diri kita untuk menggunakan internet. Agar tidak terjun lebih dalam dari sisi buruk yang ada di internet. Satu satunya kelemahan internet adalah membiarkan dan membebaskan segala bentuk media negatif serta hal hal yang tidak seharusnya kita lihat.

Disamping itu, internet masih banyak kelebihan lain yang harus pandai kamu gunakan. Jadilah orang yang sedikit bijak untuk melakukan suatu hal, termasuk internet juga. Semakin anda memahami internet, maka anda akan kehilangan batasan diri. Dan ingat masih banyak keuntungan berfaedah yang dapat kita ambil.

Semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa kembali ya, teman temanku 🙂
#SafeInternet.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment