Info Menarik Sosial Media

Kelebihan Dan Kekurangan Whatsapp Yang Wajib Kamu Ketahui

Sejauh yang kita kenal, aplikasi whatsapp adalah aplikasi chatting terbaik yang pernah kita gunakan. Karena rata rata orang indonesia pasti menggunakan whatsapp, jadi hari ini rencananya saya akan membagikan sebuah tips. Tips tersebut adalah mengenai whatsapp juga yaitu kelebihan dan kekurangan whatsapp yang mungkin saja belum pernah kalian ketahui. Untuk mengenal lebih jauh apa saja kelebihan dan kekurangan itu, bisa kalian baca dibawah ini.

Jika berbicara aplikasi chatting, maka pilihan kita tentu tidak akan jauh-jauh dari raksasa chatting saat ini, yaitu Whatsapp. Dengan jumlah pengguna lebih dari 1,8 Miliar, membuat Whatsapp dinobatkan sebagai layanan chatting terbesar saat ini. Jumlah ini jauh lebih besar dibanding pesaingnya seperti Telegram, Snapchat, Line dan sebagainnya.

Baca Juga : Cara Mudah Hack Akun Whatsapp Orang Lain

Ada banyak faktor yang membuat Whatsapp menjadi primadona untuk bertukar pesan. Meski begitu, Whatsapp sebagai layanan chatting juga memiliki beberapa kekurangan yang patut anda ketahui? Apa sajakah itu? Simak ulasannya di bawah ini.

Kelebihan Layanan Chatting Whatsapp

Kelebihan Layanan Chatting Whatsapp
Kelebihan Layanan Chatting Whatsapp

1. Sinkronisasi langsung kontak telepon

Whatsapp memiliki layanan sinkronisasi langsung berbagai kontak telepon yang tersimpan. Dengan fitur ini membuat anda dapat menghubungkan langsung seluruh kontak telepon yang anda simpan dengan kontak Whatsapp pengguna lain. Hal ini sangat memudahkan dimana anda tidak perlu mengetikkan dan menginput ulang nomor kontak orang lain ke Whatsapp.

2. Fitur Berbagi Status dan Stories

Whatsapp kini telah mengadopsi fitur berbagai status dan stories seperti halnya pada Instagram yang membuatnya booming sebagai layanan medsos. Pada fitur berbagi stories, status anda akan ditampilkan pada akun anda selama 24 jam kemudian secara otomatis terhapus. Fitur ini hampir sama dengan fitur stories yang ditawarkan pada aplikasi Snapchat.

3. Mudah dalam penggunaan

Aplikasi Whatsapp tergolong sangat mudah untuk dioperasikan bahkan oleh pengguna baru. Anda hanya perlu mendaftarkan nomor telepon anda sebagai akun pada Whatsapp. Selanjutnya anda akan diarahkan pada halaman yang berisi chat antara anda dengan orang lain.

4. Fitur group video calling

Fitur ini masih tergolong baru karena baru dirilis pada bulan Mei tahun 2018 silam. Dengan fitur grup video calling memungkinkan anda untuk berkomunikasi via video call dengan beberapa orang secara bersamaan. Hanya saja, Whatsapp membatasi jumlah orang yang bisa terlibat dalam satu kali video call yaitu sebanyak 4 orang saja.

5. Chatting dengan Format Text

Kehadiran format text sangat membantu anda untuk menekankan suatu kalimat dalam percakapan. Whatsapp menghadirkan format text seperti Bold (tebal), teks miring (italic) hingga pencoretan kata. Untuk menggunakan fitur ini anda cukup menambahkan beberapa karakter pada awal dan akhir kata.

Kekurangan Layanan Chatting Whatsapp

Kekurangan Layanan Chatting Whatsapp
Kekurangan Layanan Chatting Whatsapp

1. Grup percakapan cukup terbatas

Whatsapp sampai saat ini hanya sanggup menampung jumlah anggota grup sebanyak 256 orang saja. Jumlah ini jauh lebih sedikit dibandingkan jumlah anggota yang dapat ditampung oleh aplikasi percakapan lain seperti Telegram.

Menarik Lainnya : Cara Membuat Share Location Palsu di WhatsApp

Oleh sebab itu, Whatsapp kurang dapat diandalkan untuk membangun sebuah Super Grup di dalamnya. Kebanyakan orang mensiasati hal ini dengan membuat beberapa grup sekaligus. Meski begitu, cara ini terbilang kurang efektif untuk menyalurkan informasi ke beberapa pihak.

2. Ukuran file yang dapat dikirimkan tergolong kecil

Whatsapp sebagai aplikasi layanan chatting kurang dapat diandalkan untuk mengirimkan file berukuran besar. Whatsapp hanya menyediakan slot file sebesar 16 MB saja. Ukuran ini tentu hanya cukup efektif mengirimkan file dokumen kecil maupun gambar dan video yang sudah dikompres. Oleh sebab itu, whatsapp sangat tidak cocok untuk pengiriman file berukuran besar.

3. Pesan yang keliru tidak dapat diedit

Jika anda mengirimkan pesan lewat Whatsapp dan keliru saat sudah terkirim, paling anda hanya bisa menghapus pesan tersebut dan menuliskan ulang. Fitur edit pesan yang salah belum tersedia pada aplikasi Whatsapp. Hal ini berbeda dengan aplikasi layanan chat lain yang sudah menyediakan fitur edit pesan yang sudah terlanjur terkirim.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment