Perbankan

Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan Kartu Kredit

Belum Ada Rating.

Kartu kredit adalah alat transaksi non tunai berupa utang atau pinjaman, di mana setiap transaksinya akan ditagihkan ke anda apabila sudah jatuh tempo. Sebagai kartu yang saat ini dijadikan sebagai metode pembayaran, tentu saja kartu kredit memiliki kelebihan yang akan menjadi keuntungan bagi anda, salah satu keuntungannya adalah kartu kredit banyak memberikan promo diskon atau cashback yang dapat menyebabkan transaksi kamu menjadi lebih hemat.

Selain itu, kartu kredit akan membantu anda melakukan transaksi yang lebih praktis dan mudah, walaupun demikian tentu saja kartu kredit juga memiliki kekurangan yang dapat menyebabkan anda mengalami kerugian. Oleh sebab itu, anda sebagai nasabah suatu Bank apabila anda berencana untuk memiliki kartu kredit sebaiknya anda harus memperhatikan keuntungan dan kerugian yang dapat diperoleh dari kartu kredit.

Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan Kartu Kredit

Berikut merupakan beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari kartu kredit.  Keuntungan kartu kredit yang dapat anda rasakan antara lain.

  1. Anda tidak perlu membawa banyak uang tunai saat berbelanja atau bertransaksi saat ingin membeli sebuah produk yang mahal, disi anda cukup menggesek kartu kredit anda.
  2. Dengan adanya kartu kredit dapat meringankan beban anda saat akan membeli barang yang anda inginkan sebab sistem pembayaran dari kartu kredit adalah beli sekarang bayar nanti, sehingga anda dapat membeli barang sekarang dan melakukan pembayaran dengan mencicilnya secara teratur atau membayar nominal pada bulan berikutnya.
  3. Anda bisa mendapatkan poin reward jika sering menggunakan kartu kredit dan bisa ditukarkan dengan hadiah, tentu saja hal ini ada ketentuan yang berlaku atau berapa nominal minimal pengeluaran anda dengan menggunakan kartu kredit tersebut.
  4. Anda bisa mendapatkan diskon di merchan tertentu yang bekerjasama dengan bank penerbit kartu kredit.
  5. Anda bisa mendapatkan program cicilan dengan bunga 0% untuk pembelanjaan barang – barang tertentu.
  6. Anda tidak perlu ruisau jika ada keadaan darurat yang mengharuskan anda untuk membayar tagihan tertentu sebab kartu kredit bisa digunakan untuk keperluan darurat.
  7. Anda tidak perlu kuwatir  dalam pembayaran sebab ada tempo pembayaran dari saat transaksi dilakukan sampai terbitnya tagihan.

Begitu banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan kartu kredit, tapi pastinya ada kerugian dari penggunaan kartu kredit. Kerugian dari penggunaan kartu kredit yaitu sebagai berikut.

  1. Karena sistem berutang terlebih dahulu, ada kemungkinan anda kurang memantau pengeluaran yang terjadi shingga terjadi pembenkakan pada tagihan anda tanpa anda sadari.
  2. Jika anda menggunakan kartu kredit secara berlebihan anda juga akan dikenakan Biaya over limit yang disini akan sangat merugikan anda
  3. Jika anda  membayar tagihan lewat dari masa jatuh tempo maka akan ada bunga yang dikenakan pada transaksi anda.
  4. Kartu kredit memiliki berbagai aturan ketat yang wajib anda taati karena bila tidak anda akan dikenakan denda.
  5. Anda harus  mengeluarkan biaya untuk mendapatkan kartu kredit, misalnya biaya iuran tahunan kartu kredit, biaya administrasi pembayaran via bank dan biaya material.
  6. Kartu kredit juga merupakn metode pembayaran dengan resiko yang sangat tinggi bagi pengguna kartu kredit sebaiknya anda berhati-hati dalam bertransaksi atau menimpan kartu kredit anda. Kejahatan ini biasa di sebut dengan carding.

Kartu kredit dapat memberikan keuntungan juga kerugian bagi anda yang kurang berhati – hati dalam menggunakan kartu kredit.  Oleh sebab itu,  bijak – bijaklah dan berhati – hatilah dalam menggunakan kartu kredit. Sekian informasi keuntungan dan kerugian mengguakan kartu kredit dari kami,  Terima kasih.

Nilai Kualitas Konten

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment