TipsTrick

Lakukan Hal ini Agar Komputer Tidak Terkena Virus

Hal yang paling tidak menyenangkan saat komputer terserang virus adalah komputer terasa berat sehingga tidak bisa digunakan. Akibatnya, terpaksa harus melakukan install ulang. Selain itu, serangan virus juga bisa membuat file penting tidak bisa dibuka.

Jadi sebelum kamu merasakan pengalaman yang menyebalkan seperti itu, ada baiknya kamu melakukan tips berikut agar komputer tidak terserang virus.

Instal Antivirus

Cara yang mudah dan mainstream. Tapi ini merupakan salah satu cara yang sangat efektif dalam mencegah serangan virus. Saat ini ada banyak antivirus yang tersedia secara gratis. antivirus tersebut bisa kamu gunakan untuk melindungi komputermu.

Antivirus yang bagus bisa mendeteksi adanya masalah yang diakibatkan oleh virus komputer. Virus akan diblokir sebelum merusak system dan file-file yang terdapat di dalam komputermu.

Scan Komputer Dengan Anti-Malware

Beberapa jenis antivirus memang menyediakan perlindungan terhadap malware. Tetapi sangat disarankan untuk melakukan pemindaian pada komputer dengan anti-Malware secara berkala. Selain mencegah serangan malware, melakukan pemindaian bisa membuat komputermu terbebas dari program-program lain yang cukup mengganggu.

Update Software dan Sistem Operasi

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Selalu update sistem operasi yang kamu gunakan. Selain itu, update juga software seperti Adobe Acrobat, Adobe Flash, Java dan sejumlah software lain yang kamu gunakan.

Melakukan hal ini bisa membuatmu terhindar dari masalah keamanan yang membuat komputermu mudah terserang virus.

Jangan Buka Link Sembarangan

Berhati-hatilah saat kamu menerima link yang mencurigakan, baik dari email, Facebook ataupun SMS. Jangan klik link tersebut. Cari tahu dulu siapa yang mengirim.

Virus bisa dikirim melalui link. Saat kamu mengklik link tersebut, maka saat itulah virus langsung masuk ke komputermu. Selanjutnya, performa komputer bisa melambat dan file yang terdapat di dalamnya pun bisa mengalami kerusakan akibat serangan virus.

Berhati-hati Saat Menginstal Software

Berhati-hatilah saat menginstal software, terutama software gratisan yang kamu download dari website file sharing dan torrent. Bisa jadi software tersebut telah dimodifikasi dan terdapat program berbahaya di dalamnya.

Jadi saat kamu menginstal software tersebut di komputer, maka komputermu bisa terserang trojan, ransomware dan virus berbahaya lainnya. Sebaiknya aktifkan antivirus sebelum menginstal aplikasi.

Scan Flashdisk

Jika kamu sering menggunakan flashdisk, baik di komputermu atau di komputer orang lain, maka berhati-hatilah. Scan terlebih dahulu sebelum membuka file apapun dari flashdisk tersebut.

Saya sendiri sudah beberapa kali terkena virus yang berasal dari flashdisk. Hasilnya, komputer jadi lambat. Selain itu, muncul virus yang mengganggu dan merusak file. Jadi lakukan tips yang saya sebut tadi agar kamu terhindar dari virus yang berasal dari flashdisk.

Hindari Website Yang Mencurigakan

Beberapa website memiliki reputasi yang baik. Sementara beberapa lagi tampak mencurigakan. Hati-hati dengan jenis yang kedua. Mengunjungi website seperti itu dapat berpengaruh terhadap keamanan komputermu.

Sejumlah antivirus memiliki kemampuan untuk memblokir website seperti itu. Jadi jika kamu khawatir kalau suatu saat kamu mengunjungi website yang mencurigakan tanpa tahu bahwa website tersebut berbahaya, maka install antivirus yang dilengkapi kemampuan tersebut.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari serangan virus. Cara-cara di atas bisa sangat berguna dalam mencegah serangan virus. Meski demikian, ada hal lain yang sebaiknya tetap kamu lakukan, yaitu melakukan back up data.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan, terutama jika kamu memiliki file penting. Ini karena meski kita melakukan sejumlah pencegahan, terkadang virus bisa masuk tanpa diketahui dan merusak file sehingga file tidak bisa dibuka dan digunakan. Jadi tidak ada salahnya melakukan back up untuk mencegah hal tersebut.

About the author

Alvin

Leave a Comment