Info Menarik

Lebih Baik Saintek atau Soshum? Ini Penjelasan Lengkapnya

Saat menentukan rumpun mana ketika akan berkuliah, seringkali banyak calon mahasiswa yang kebingungan memilih antara rumpun soshum maupun saintek. Ada banyak asumsi yang beredar di masyarakat yang umumnya membuat calon mahasiswa semakin bimbang dalam menentukan pilihan. Dengan mengetahui kelebihan, maka kamu akan dapat mempertimbangkannya lagi sesuai dengan passion dan keinginan kamu.

Baca Juga : Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Apa Saja?

Lebih-Baik-Saintek-atau-Soshum-Ini-Penjelasan-Lengkapnya

Kelebihan Saintek yang Harus Kamu Ketahui

Saintek adalah rumpun IPA yang ada diperkuliahan. Contoh jurusan yang ada di rumpun saintek antara lain seperti kedokteran, perikanan, pertanian, sistem informatika, matematika, fisika, kimia, dan lain sebagainya. Apasajakah kelebihan rumpun saintek? Antara lain adalah sebagai berikut:

1. Saintek sangat cocok bagi kamu yang menyukai ilmu eksak

Saintek adalah ilmu pasti. Bagi kamu yang menyukai sesuatu yang sifatnya pasti, seperti matematika, fisika, dan kimia, maka kamu bisa mengambil saintek sebagai pilihan kamu untuk memilih jurusan kuliah.

2. Mengambil saintek untuk meneruskan jurusan saat SMA

Bagi kamu yang sejak SMA sudah menduduki kelas IPA, maka pelajaran seperti matematika, kimia, fisika sudah menjadi makanan sehari-hari. Akan lebih mudah jika kamu meneruskan apa yang sudah kamu pelajari semasa SMA. Kamu tidak perlu belajar dari awal utamanya jika kamu ingin lintas jurusan.

3. Prospek kerja pada bidang STEM yang besar untuk anak saintek

Selanjutnya adalah, dengan berkuliah di rumpun saintek maka prospek kerja kamu di bidang STEM akan semakin tinggi. STEM merupakan singkatan dari Sciene, Teknologi, Engineering, Math. Dengan begini, kamu tidak perlu khawati kurang lapangan pekerjaan selulus kuliah.

4. Cocok bagi kamu yang menyukai ilmu alam

Kamu akan mempelajari banyak fenomena alam dan segala yang berkaitan di rumpun saintek ini. Diperkuliahan, kamu dapat praktik secara langsung terkait bidang yang kamu pelajari. Misalnya, praktik dalam kedokteran, pertanian, dan sebagainya.

Kelebihan Soshum

Setelah mengetahui kelebihan jika kamu memilih jurusan pada rumpun saintek, selanjutnya adalah kelebihan yang akan kamu dapatkan jika kamu berkuliah di rumpun soshum. Kelebihannya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Cocok bagi kamu yang pkamui berpikir kritis

Ketika kamu berkuliah di rumpun soshum, maka kamu akan diminta untuk berfikir secara kritis untuk melihat berbagai fenomena sosial yang ada. Bagi kamu yang memiliki pikiran kritis, sangat cocok masuk kedalam rumpun soshum.

2 Peluang pekerjaan yang banyak

Umumnya, jurusan di saintek menjurus pada profesi tertentu. Misalnya, menjadi dokter, teknisi mesin, dan lain sebagainya. Pada jurusan di rumpun soshum, peluang pekerjaan yang ada semakin luas. Kamu dapat bekerja menjadi apapun bahkan yang tidak selinier dengan jurusan yang kamu miliki.

3. Ilmu dinamis dan seru untuk dipelajari

Jika saintek adalah ilmu pasti atau eksak, berkebalikan dengan apa yang dimiliki oleh jurusan yang berada di rumpun soshum. Rumpun soshum adalah ilmu yang dinamis, yang mana dapat berganti atau menyesuaikan dengan fenomena sosial yang ada. Oleh karena itu, berkuliah di jurusan soshum menjadi suatu pembelajaran yang menarik dan menantang.

4. Cocok bagi kamu yang menyukai sosial dan humaniora

Soshum merupakan kependekan dari sosial humaniora. Bagi kamu yang menyukai pembelajaran tentang sosial dan juga humaniora, sangat cocok berada di jurusan soshum. Kamu akan dapat enjoy mempelajari mata kuliah yang ada dan menjadi ekspert dibidangnya.

Kesimpulan

Keduanya, baik soshum maupun saintek sama-sama baik dan memiliki kelebihan masing-masing.

Baca Juga : Tips Lulus SBM โ€“ PTN Dengan Mudah Dan Tepat

Apapun yang kamu pilih, baik soshum maupun saintek, semuanya memiliki kelebihan yang mana akan menjadi nilai plus jika memang menjadi passion yang kamu miliki. Bagaimana, apakah kamu telah menentukan pilihanmu?

About the author

Imass Queen

Penulis Blog ~ modelstarz_ ๐Ÿ”ž ads / shout out inquiry for more information

Leave a Comment