Info Menarik

Manfaat Dan Kerugian Gadget Bagi Pelajar

Teknologi saat ini berkembang dengan pesat pesatnya untuk kemajuan negara. Mulai dari segi belajar, hiburan, bahkan pekerjaan hampir semua orang sudah menggunakan teknologi sebagai media perantara mereka untuk membuat pekerjaan agar lebih cepat. Di balik kemajuan teknologi tersebut terdapat Manfaat & Kerugian Gadget Bagi Pelajar yang wajib kalian ketahui. Sebelumnya admin jagoankode telah meriset beberapa hal penting mengenai apa hubungannya antara sekolah dan juga gadget. Saat ini mungkin anak milenial sudah mengenal gadget sewaktu mereka kecil. Jadi mungkin tidak akan canggung lagi terhadap smartphone, komputer, internet dan lain hal sebagainya.

Adapun beberapa manfaat dari penggunaan gadget, dan juga ada kerugian yang pasti didapatkan oleh seorang pelajar. Baik itu masih di jenjang sekolah, maupun di jenjang perkuliahan atau universitas. Gadget ini jika digunakan dengan baik maka akan berdampak baik juga bagi pelajar. Namun sebaliknya, jika penggunaannya secara terus terusan maka juga akan berdampak buruk bagi pelajar. Tentu kita sebagai siswa yang baik harus menghindari beberapa kerugian yang akan terjadi. Dengan cara melakukan penggunaan smarphone (Gadget) yang tidak berlebihan dan ketidakbergantungan.

Manfaat Dan Kerugian Gadget Bagi Pelajar

Segala jenis informasi ataupun pelajaran sudah terdapat begitu banyak tersimpan di internet. Cukup dengan smartphone saja, kita cukup mengaksesnya lewat gadget dan bisa menjelajah kemanapun sobat mau. Sungguh luar biasa kemajuan teknologi sekarang ini. Dari beberapa kesimpulan lengkap dibawah, akan saya bahas lebih lengkap mengenai apa saja Manfaat & Kerugian Gadget Bagi Pelajar.

Manfaat Gadget Bagi Pelajar

Dengan adanya gadget di jaman sekarang ini, diharapkan untuk dapat dipergunakan dengan baik dan bijak. Selalu ambillah nilai postif yang ada didalamnya. Semoga dengan adanya artikel mengenai referensi tentang manfaat gadget bagi pelajar. Diharapkan untuk diperhatikan seksama, Berikut inilah ulasannya.

1. Membantu Pelajar Dalam Mengerjakan Tugas Yang diberikan Oleh Guru

Seorang guru disekolah kerap kali memberikan tugas kepada anak muridnya. Tujuannya adalah agar murid juga belajar di rumah. Tambahan waktu belajar dirumah, bisa kamu mencari referensinya di internet sebagi guru dan pedoman kamu jika sedang tidak disekolah. Walau hanya bermodalkan gadget android atau hp. Semuanya dapat kamu akses melalui perangkat tersebut, sehingga kamu mampu menjawab semua pertanyaan atau soal dengan mudah dan cepat.

2. Sumber Referensi Terlengkap

Internet adalah sarana informasi yang begitu lengkap. Hampir semuanya sudah tersedia di internet. Google memudahkan kita sekali dalam pencarian situs yang ingin kita cari. Biasanya terkadang seorang guru pun masih menggunakan internet untuk mencari informasi yang lebih lengkapnya disana. Pemecahan masalah yang begitu simple inilah yang membuat internet diminati dan dibutuhkan oleh orang banyak, termasuk juga pelajar.

3. Media Komunikasi Yang Lebih Mudah

Selain sebagai sumber referensi, gadget juga dapat digunakan sebagai media komunikasi antar teman dengan mudah. Hanya bermodalkan kuota atau internet saja. Kamu bisa melakukan segalanya, termasuklah menghubungi kawan lewat sosial media. Seperti whatsapp, facebook dan juga instagram. Adanya sosial media ini membawa pengaruh yang baik bagi seorang pelajar karena dapat berkomunikasi dengan mudah. Tanpa harus ketemuan langsung kerumah atau dimana saja.

4. Media Belajar Yang Modern

Poin selanjutnya adalah sebagai media belajar yang modern. Kalau sobat mencari di internet seorang pelajar yang sedang mengikuti kursus online. Itu merupakan ide yang sangat bagus untuk dapat belajar lebih mudah. Kursus online dapat digunakan siapa saja, dan boleh bergabung. Materi seperti les private sudah menjalar ke arah pendidikan termasuk kursus online. Disana kamu juga bisa face to face dengan seorang guru melalui video call. Jaman memang sudah canggih, jadi kita tidak boleh ketinggalan juga ya sobat jagoan.

5. Dapat Latihan Soal Soal Di Internet

Bahan soal di internet sangatlah banyak. Tinggal mau apa tidak ingin belajar di internet. Saya rasa pelajar dengan otodidak pun bisa memahami materi yang diberikan oleh guru. Kamu dapat latihan soal soal di internet dengan mudahnya mengambil referensi di website orang. Untuk mendapatkan beberapa latihan soal tanpa harus membeli buku maupun les private yang biayanya sangat mahal. Sangat ramah lingkungan dan gratis juga menurut saya, dan patut sobat mencobanya dan dipergunakan dengan maksimal.

6. Sebagai Media Hiburan

Jika sobat semuanya sudah bosan dan jenuh dalam hal pembelajaran. Gadget juga bisa sebagai media hiburan. Bisa main game, menonton, bermain dan lain banyak hal yang bisa kamu temukan di gadget ini. Hiburan juga tidak harus jalan jalan, cukup dengan smartphone kamu bisa refreshing tanpa biaya yang mahal mahal amat.

Itulah tadi beberapa keuntungan dan juga menfaat gadget bagi kebutuhan seorang pelajar. Jika sobat menggunakannya dengan bijak. Maka hasilnyapun juga akan bagus pula, oleh karena itu pengaruh baik pada gadget harus kita terapkan ya sob!.

Kerugian Gadget Bagi Pelajar

Dibalik keuntungan, pasti ada yang namanya kerugian juga. Sebagai seorang pelajar yang baik. Kita harus pandai pandai dalam memilah mana yang baik dan mana yang buruk. Inilah beberapa kerugian penggunaan gadget secara berlebihan.

1. Terlalu Bergantung Pada Gadget

Yang pertama adalah terlalu bergantung pada gadget. Dan ini juga satu hal yang salah menurut saya. Penggunaan gadget harus dan terlalu bergantung juga salah satu kerugian. Kenapa ?. Karena kita juga tidak boleh tergantung mengandalkan semuanya harus dengan internet. Yang ada malahan tidak berkembangnya pemikiran sobat sekalian. Penggunaan gadget boleh boleh saja. Tetapi tidak boleh juga semuanya harus bergantung pada gadget.

2. Komunikasi Yang Berkurang Karena Adanya Gadget

Kalau sobat perhatikan di jaman sekarang ini. Komunikasi bicara antar manusia sudah berkurang dikarenakan adanya gadget sekarang ini. Semua orang hampir fokus kepada gadget mereka hingga tak peduli orang yang didepannya atau disekitarnya. Ini juga termasuk bahaya menurut saya, karena bisa menghilangkan pertemanan dan kekeluargaan yang seharusnya sobat bisa akrab.

3. Mata Minus & Rabun

Penggunaan yang berlebihan juga dapat membuat mata sobat menjadi rabun dan minus. mata adalah organ tubuh yang sensitive banget terhadap cahaya. Cahaya pada handphone sangatlah berbahaya jika digunakan terlalu lama. Saran saya, sobat harus mengatur

4. Tidak Sehat Jika Digunakan Berlebihan

Dampak terakhir adalah tidak sehat jika semuanya dilakukan berlebihan. Pasti ada saja dampak negatif yang akan mucul. Sehingga sobat harus menanggung dampak buruknya. Untuk menghindari hal tersebut. Sobat harus menggunakan gadget teratur dan seperlunya saja. Jika tidak begitu perlu maka jangan digunakan.

Kesimpulan

Itulah tadi alasan kenapa ada keuntungan atau manfaat dan adajuga terdapat kerugian pada gadet. Sehingga jika kamu sudah membaca poin poin diatas, Semoga bisa mengatur waktu yang tepat dalam penggunaan gadget. Atau bisa dibilang gunakan saja seperlunya. Walau mau tak mau kita harus mengikuti perkembangan jaman. Namun kaidah lama janganlah dihilangkan seperti budaya, komunikasi antar manusia, dan lain hal sebagainya. Baiklah alangkah baiknya admin jagoankode tutup dulu untuk topik kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan Selamat belajar.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment