Keluarga

Manfaat Pentingnya Memiliki Tradisi Keluarga

Cara membuat tradisi keluarga Manfaat pentingnya berkumpul dan memiliki tradisi keluarga. Berkumpul saat ulang tahun atau perayaan agama merupakan salah satu bentuk tradisi keluarga. Kadang kebiasaan ini dianggap merepotkan, padahal banyak manfaatnya. Ingin tahu pentingnya tradisi keluarga dan bagaimana cara memulainya simak ulasannya berikut ini

Setiap liburan kenaikan kelas beberapa orang sedang mengajak anak anaknya. Liburan itu tidak hanya diisi dengan bermain atau bersantai santai. Tapi dengan berkunjung ke rumah yatim piatu yang ada di sana. Kini sudah menjadi tradisi di keluarga itu untuk menye gambar batik hadiah untuk anak-anak kurang beruntung sebelum libur sekolah tiba.

Tradisi Keluarga
Tradisi Keluarga

Manfaat Pentingnya Memiliki Tradisi Keluarga

Apa yang dilakukan oleh orang-orang seperti kasus diatas merupakan salah satu bentuk tradisi keluarga. Menurut psikolog Tri puspitarini M.Psi, tradisi keluarga adalah segala perilaku atau aktivitas yang biasanya dilakukan oleh seluruh anggota keluarga. Aktivitas itu dilakukan secara konsisten dan memiliki makna spesial bagi setiap anggota keluarga. Karena memiliki arti atau nilai spesial inilah perilaku tersebut dilakukan terus.

Biasanya tradisi keluarga ini awalnya tidak dinyatakan secara khusus untuk menjadi sebuah tradisi. Tapi karena sering dilakukan akhirnya menjadi tradisi. Kegiatan itu pasti memberikan sesuatu yang istimewa bagi individu yang terlibat misalnya kehangatan kebersamaan, hubungan yang lebih berkualitas dan lain sebagainya. Keistimewaan itulah yang membuat semua orang mau mengulanginya terus menerus.

Menurut psikolog dari lembaga jembatan pekerti Setiap keluarga membutuhkan tradisi. Tapi pelaksanaannya memang tidak bisa dipaksakan. Kebanyakan tradisi dalam keluarga terjadi secara alamiah karena masing-masing anggotanya merasa butuh untuk meluangkan waktu bersama. Saling berbagi dan saling berbagi kasih sayang. Karena kebutuhan kebutuhan itulah Ada momen-momen khusus seperti ulang tahun hari raya hari libur akhir tahun kenaikan kelas dan lain-lain yang dijadikan sarana untuk melakukan kegiatan bersama.

Manfaat tradisi keluarga.

Sekeluarga apapun bentuk pelaksanaannya tentu memiliki tujuan yang positif. Karena itulah kegiatan ini selalu dinantikan. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat dari sebuah tradisi keluarga.

Mempererat hubungan anggota keluarga

Dengan adanya tradisi yang dihadiri seluruh anggota hubungan jadi bertambah tradisi ini menjadi momen yang mengingatkan setiap anggota akan nilai-nilai keluarga.

Keseimbangan hidup

Sebagian besar orang sibuk bekerja setiap hari dengan adanya tradisi kita terkondisi meluangkan waktu dan mendapatkan sesuatu yang berbeda. Dengan demikian tercipta keseimbangan hidup

Menjadi pengikat

Jika sudah mempunyai tradisi setiap anggota keluarga pasti akan mengingatnya. Tradisi ini menjadi pengikat sekaligus menimbulkan rasa kangen pada keluarga.

Cara membuat tradisi Keluarga

Belum mempunyai tradisi tak perlu berkecil hati kita dapat memulainya dari sekarang ini langkah-langkahnya:

1. Diskusikan dengan pasangan , seperti Apa tradisi yang diinginkan beri gambar yang secara mendetail, termasuk konsekuensi yang terjadi, seperti ada biaya tambahan.

2. Mulailah dari kebiasaan atau aktivitas yang sudah dilakukan keluarga. Misalnya makan bersama di luar rumah setelah gajian. Ini akan jadi momen yang sangat dinantikan anak-anak.

3. Bila tak ada kebiasaan khusus, manfaatkan momen yang sudah ada ( terjadi tiap tahun). Contohnya ulang tahun hari raya akhir tahun kenaikan kelas dan lain-lain. Kenapa ? Karena lebih mudah diingat dan jadwalnya tetap. Dengan demikian kek anggota keluarga lebih mudah melakukannya. Lakukan hal yang tak mungkin anda dan keluarga lakukan di rumah sehari-hari. Kegiatan tersebut pasti terasa istimewa dan sangat menyenangkan Sehingga anda ingin mengulanginya kembali di tahun depan.

4. Membuat sesuatu yang baru bagi keluarga anda. Contoh menjelang ujian nasional. Anda membuat acara 2 Agustus di rumah yang hanya dihadiri anggota keluarga inti. Siapkan makanan istimewa sesuai keinginan anak yang akan ujian. Tujuannya untuk memberi ketenangan batin dan semangat dalam menjalankan ujian ujian tersebut.

5. Selalu bersemangat dan memberi contoh. Keberlangsungan tradisi ini tergantung orang tua. Anda harus memberi contoh dengan benar. Sebagai langkah awal, mungkin saja ada yang merasa terbebani. Jangan patah semangat dan berusaha menjaga konsistensi. Jelaskan juga maksud pelaksanakan tradisi tersebut.

Jangan dipaksakan

Seperti individu keluarga juga mengalami perkembangan. Mungkin ada tradisi-tradisi yang kini tidak lagi sesuai. Jika tanda-tanda itu sudah terlihat Segera cari penyebabnya. Anggota keluarga terutama orang tua sebaiknya peka terhadap perubahan-perubahan dan tanggap melakukan penyesuaian. Meski judulnya tradisi keluarga kalau ada anggota keluarga kurang mood melakukannya ia sah-sah saja untuk tidak dilakukan tahun ini. Lakukan saja tahun depan. Ajak keluarga untuk membahas masalah ini.

Apabila Tradisi sudah berjalan, perhatikan kondisi dan perubahan dalam keluarga. Jangan sampai anak terlalu terpaksa melakukannya. Untuk membuat tradisi keluarga yang baik dan berjalan lancar, dibutuhkan perencanaan. Karena melibatkan seluruh anggota keluarga, perhatikan masalah waktu tempat aktivitas dan faktor-faktor lain yang ikut mempengaruhi. Yang pasti jangan sampai ada yang merasa terpaksa melakukan tradisi tersebut.

Demikianlah penjelasan sedikit mengenai tradisi keluarga semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment