Kesehatan

Masalah Dan Solusi Untuk Kesehatan Pencernaan Di Usia 40 Tahun Keatas

Belum Ada Rating.

Diusia lanjut mungkin banyak sekali penyakit penyakit yang akan timbul. Diumur 40 tahun keatas.

Gejala yang umum sering terjadi pada usia lanjut ini Adalah beberapa gangguan kesehatan seperti pencernaan. Beberapa orang sering sekali menganggap kesehatan pencernaan merupakan hal yang paling sepele.

Jika diamati dengan seksama tubuh akan rentan terserang penyakit dari pencernaan ini. Penyakit yang sering menyerang antara lain BAB atau buang air besar. Jika kita merasa tidak peduli dengan ini peluang untuk penyakit penyakit lain timbul justru lebih besar.

Contohnya wasir atau divertikulosis. Kalau dibiarkan bisa berakibat fatal dan bisa mengganggu kenyamanan aktivitas yang anda lakukan sehari hari. Yang lebih mengerikannya lagi jika berujung sampai terserangnya penyakit kanker kolon (usus besar) yang dapat menyebabkan kematian.

Dari fenomena diatas dapat kita ambil contoh. Penyakit sekecil apapun tidak bisa dibiarkan dengan mudah hinggap didalam tubuh kita. Sebisa mungkin harus tanggap dan cepat untuk menanggulangi nya.

Berikut beberapa bentuk masalah yang umumnya banyak mendera usia 40 tahun keatas yang biasanya terkait dengan pencernaan.Bagi teman teman sekalian yuk Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Masalah Dan Solusi Untuk Kesehatan Pencernaan Di Usia 40 Tahun Keatas

Masalah Pencernaan Yang Kerap Menyerang Di Umur 40 Tahun Keatas.

1. Sulitnya BAB (Buang Air Besar) Sembelit, Konstipasi.

Biasanya jika pencernaan terganggu kita dapat melihatnya dari BAB kita sehari hari. Bila melakukan BAB secara tidak teratur. Dan Merasa untuk buang air besar yang dilakukan ini tidak tuntas.

Pada umumnya orang biasa melakukan aktivitas buang air besar secara normalnya adalah 3 kali dalam seminggu. Jika lebih dari itu maka kita patut waspada.

Faktor pada saat bertambahnya usia maka aktivitas untuk melakukan buang air besar ini juga semakin sulit. Dengan kata lain semakin sedikit. Ini diakibatkan karena semakin meningkat nya faktor usia maka fungsi fungsi pencernaan yang ada pada tubuh juga menurun fungsinya.

Diusia lanjut terkadang seseorang lebih cenderung kurang memainkan aktivitas fisik. Serta di barengi dengan pola hidup dan aturan makan yang kurang memperhatikan serat.

Jika merasa sulit sulit untuk buang air besar. Mencari alternatif obat pencahar sebagai solusi untuk mengatasi BAB ini. Banyak yang melupakan bahwa aktivitas ini bukannya malah menjadi solusi.

Justru menimbulkan masalah lain. Karena efek ketergantungan terhadap obat. Lalu jika tidak ada obat. Maka BAB pun tidak bisa lancar dilakukan.

2. Wasir ( hemorrhoid,ambeien ) dan divertikulosis.

Seperti yang kita ketahui Wasir ( hemorrhoid,ambeien) merupakan suatu pembengkakan yang terjadi akibat pecahnya pembuluh darah disekitar bagian anus. Faktor untuk wasir sendiri sangat banyak sekali.

Seperti contohnya bisa terjadi karena penyebab sulit nya aktivitas untuk buang air besar. Dalam rentang waktu yang sangat lama.

Sedangkan divertikulosis merupakan suatu tonjolan yang terjadi disekitar bagian luar usus. Biasanya penonjolan ini sering disertai radang dan infeksi.

3. Kanker kolon (usus besar)

Harus kita akui satu satunya penyakit yang paling menyakitkan dan paling mematikan adalah kanker.

Kanker kolon ini adalah penyakit kanker yang disebut sebut paling mematikan setelah kanker paru-paru. Fenomena orang yang terserang penyakit ini untuk Indonesia sendiri jumlahnya sangat besar.

Untuk kanker kolon sendiri penyebabnya sangat beragam sekali. Salah satunya yang paling terkenal adalah dari faktor genetik atau keturunan.

Selain faktor genetik. Faktor yang paling rentan untuk orang terkena penyakit ini ialah faktor usia. Biasanya usia yang paling rawan ialah umur 50 tahun keatas.

Karena semakin bertambahnya usia pola hidup dan pola makan akan semakin salah. Terkadang untuk konsumsi makanan lebih banyak mengandung lemak ketimbang serat.

Jika makanan yang dikonsumsi kekurangan serat. Akan mengakibatkan aktivitas BAB buang air besar menjadi tidak lancar. Walhasil saluran pencernaan tidak bisa menterjemahkan racun sisa makanan. Inilah yang kemudian akan menimbulkan penyakit kanker kolon ini.

Penyebab timbulnya masalah pencernaan didalam tubuh. 

Setelah memahami fenomena tentang permasalahan diatas. Maka dapat disimpulkan. Bahwa didalam setiap tubuh manusia terdapat beberapa jenis bakteri.

Bakteri ini dikelompokkan menjadi 2 type. Yang pertama bakteri “baik”. Yang kedua bakteri “jahat”. Untuk menjaga tubuh agar tetap pada alur yang benar. Kedua bakteri ini harus seimbang.

Jika tidak maka tubuh akan lebih mudah terserang penyakit gangguan pencernaan. Dan yang lebih fatalnya lagi resiko untuk terkena penyakit kanker kolon akan semakin tinggi.

Fungsi dari bakteri “jahat” didalam tubuh adalah untuk memproduksi racun dan menyebabkan penyakit (patogen). Sedangkan bakteri yang “baik” didalam tubuh. Berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imun).

Gangguan pencernaan yang seperti diare yang disebabkan oleh beberapa virus atau antibiotik. Selain itu bakteri “baik” berfungsi untuk mengurangi jumlah kadar racun karsinogenik, dan menekan untuk berkembang nya sel tumor.

Solusi dan cara mengatasi masalah pencernaan untuk usia lanjut. 

Untuk memulai hidup sehat seharusnya dibiasakan oleh setiap orang. Jangan sampai tunggu tubuh down karena sudah terserang penyakit. Pertama sekali yang harus kita tinjau adalah tentang pola hidup sehari hari.

Diusia lanjut ini resiko untuk terserang penyakit memang lebih besar. Sistem kekebalan tubuh tidak sekuat saat tubuh masih muda. Pastikan juga selain pola hidup. Aktifitas fisik juga diperhatikan.

Olahraga rutin harus setiap hari dilakukan. Lakukanlah olahraga ringan meskipun terasa tidak penting. Olahraga yang paling dianjurkan adalah jogging.

Selain olahraga, pola makan juga harus diatur dan diperhatikan. Konsumsi lah makanan yang kaya akan serat. Jika anda rasa makanan yang selalu masuk kedalam tubuh kurang akan kandungan serat. Bisa ditambahkan dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin .

Pilihlah vitamin yang memang dibuat  dari 100% serat tumbuhan alami. Serat isphagula(yang bersifat tidak larut air). Serat ini berfungsi membantu melancarkan bab. Cara kerjanya ialah mengikat air yang terdapat di usus besar, sehingga volume feses sisa sisa makanan teksturnya bisa dibuat lebih lunak.

Serat chicory(inulin) merupakan serat yang punya kemampuan prebiotik. Serat ini berfungsi untuk memacu pertumbuhan bakteri baik dan menekan jumlah bakteri jahat. Sehingga persentase bakteri yang baik menguntungkan bagi tubuh bisa lebih tinggi.

Pilih juga vitamin yang kaya antioksidan untuk mengurangi jumlah radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel. Selain vitamin. Hiduplah dengan bebas dari gula. Batasilah untuk mengkonsumsi gula berlebihan. Karena resiko timbulnya penyakit lebih besar.

Nilai Kualitas Konten

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment