Tech

MediaTek Rilis Helio G80, Chipset Gaming Terbaru Untuk Smartphone Midrange

MediaTek telah merilis Helio G90 pada pertengahan tahun 2019, Chipset tersebut mempersenjatai smartphone seperti Redmi Note 8 Pro yang sangat laris terjual.

Daya tarik utama MediaTek Helio G Series adalah teknologi HyperEngine Game-nya.

HyperEngine adalah fitur yang berfungsi untuk mengatur sumber daya perangkat agar memberikan performa dan gameplay yang stabil saat menjalankan game.

Pada kesempatan kali ini, perusahaan semi-konduktor asal Taiwan tersebut kembali merilis chipset gaming terbarunya yaitu Helio G80.

Helio G80 dirilis untuk menjembatani antara Helio G90 dan Helio G70 yang dirilis bulan lalu.

Chipset tersebut dibuat untuk memberikan performa yang mendekati chipset kelas atas namun dengan harga yang lebih terjangkau.

MediaTek Helio G80

Helio G80 chipset difabrikasi menggunakan arsitektur dan teknologi yang sama seperti Helio G90 dan G70.

Chipset tersebut mengimplementasikan 8x CPU Cores yang terdiri dari 2x Cortex-A75 high performance cores @2 GHz dan 6x Cortex-A55 high efficient cores @ 1.8 GHz.

Spesifikasi Helio G80 memang identik dengan Helio G70, hanya saja Cortex-A55 Cores pada Helio G80 memiliki clockspeed/frekuensi yang lebih tinggi dari Helio G70.

Untuk GPU, MediaTek mengkorporasikan Mali-G52 GPU yang sanggup beroperasi hingga kecepatan @950MHz serta memiliki resolusi maksimum (2520 x 1080 pixels)

Sedangkan untuk memori, Helio G80 menggunakan LPDDR4X RAM yang mendukung hingga kapasitas 8GB @1800 Mhz. Sementara untuk storage, chipset ini mengadopsi eMMC 5.1 storage dan tidak dilengkapi dukungan UFS seperti Helio G90.

Untuk foto dan videografi, MediaTek menggunakan ISP yang mendukung sensor kamera hingga resolusi 48MP (Single) dan 16MP + 16MP (Dual camera).

ISP tersebut juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur seperti Camera Control Unit (CCU), Electronic Image Stabilization (EIS), Dedicated depth engine dan Rolling Shutter Compensation (RSC) yang mampu merekam video hingga 240fps.

Seperti Helio G Series lainya, Helio G80 tidak dilengkapi dengan dukungan 5G. Fitur 5G saat ini hanya tersedia di MediaTek Dimensity Series (1000/L & 800).

Dengan dirilisnya Helio G80, para smartphone OEMs dapat memproduksi smartphone gaming dengan harga yang terjangkau tanpa harus men-kompromisasi performa terlalu rendah.

Namun untuk saat ini, masih belum ada info mengenai smartphone apa yang akan mengadopsi chipset tersebut.

About the author

Afrizal

Hanya seorang penulis yang mencintai dunia teknologi.
Rizal sebenarnya sangat pemalas, maka dari itu dia lebih memilih untuk menghasilkan uang dari passionya
Rizal mencintai hal-hal yang berkaitan dengan komputer atau smartphone dan akan selalu memberikan berita terbaru mengenai keduanya.
Namun, terkadang dia juga suka membagi tips & trick saat tidak dikejar deadlines.
Di waktu luangnya, kamu akan melihat dia bermain gitar atau menonton film di bioskop.

Business Contact: [email protected]

Leave a Comment