Bisnis

7 Tips Melihat Peluang Bisnis untuk Jaman Modern Sekarang Ini

Tips Cara Melihat Peluang Bisnis untuk Jaman Modern Sekarang Ini Bagaimana Strategi Untuk Megembangkan Bisnis Di Saat Sekarang Ini. Bisnis dijaman ini sudah tidak terdengar asing ditelinga kita. Siapapun sekarang dapat melakukan bisnis baik itu tua muda bahkan anak anak sekalipun sudah bisa berbisnis. Banyak orang orang sukses dan terkenal dunia yang merekomendasikan jika ingin memiliki penghasilan yang bagus maka berbisnislah. Pernyataan ini memang sangat benar sekali namun seperti yang kita ketahui membangun bisnis juga bukan merupakan hal yang mudah.

Baca Juga : 7 Cara Menjadi Pengusaha Muda yang Sukses Unggul Dari yang Lain

Mungkin beberapa orang juga sering mengemukakan pendapat bahwa bisnis apapun bisa kita buka. Namun walhasil bukanlah keuntungan yang didapat. Malahan utang dimana mana dan hanyalah tinggal kerugiannya saja. Banyak sekali dari para pelaku bisnis yang kemudian bangkrut atau gulung tikar dikarenakan mereka tidak mengatur strategi itu sebaik mungkin. Membuka bisnis hanya sekedar membuka saja. Dengan kata lain bisa dibilang hanya ikut ikutan. Tanpa ditekuni dan dipelajari dengan baik.

Sejak adanya internet bisnis tidak lagi saja berbasis offline. Sekarang semua bisnis sudah bisa dilakukan secara online. Yang lebih kerennya lagi setiap orang bisa menjangkau bisnis hingga keberbagai belahan dunia. Pengembangan bisnis dijaman sekarang lebih tergolong mudah jika mengetahui caranya dengan baik. Banyak orang orang yang sukses berpenghasilan tinggi. Hanya bekerja dari rumah saja. Tanpa perlu repot repot pergi untuk bekerja.

Baca Juga : 5 Cara Menghasilkan Uang di Internet Dengan Mudah

Di jaman yang sudah serba canggih dan modern seperti sekarang ini, kita melihat banyak sekali hal-hal yang dulu tak terpikirkan mulai dilakukan oleh banyak orang. Salah satu contohnya adalah bisnis di bidang online shop. Sebenarnya masih banyak ide-ide bisnis lain yang bisa dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi serta gaya hidup kaum milenial sekarang ini.

Baca Juga : 7 Tips Jualan di Instagram Agar Laku Keras (Laris Manis)

Cara Melihat Peluang Bisnis dari Kehidupan Sehari-Hari

Tips termudah untuk bisa menemukan peluang bisnis menjanjikan di jaman serba modern ini adalah dengan melihat kembali pada kehidupan pribadi, kerabat, dan juga lingkungan sekitar Anda. Kenalilah setiap masalah yang dialami oleh diri sendiri dan juga orang lain, kemudian jadikan solusinya sebagai ide bisnis baru, misalnya saja seperti:

Baca Juga : Bisnis Lewat Internet Itu Menguntungkan! Ini Rahasianya

1. Masalah dari Diri Sendiri

Langkah yang paling simpel dan mudah dalam mendeteksi adanya peluang usaha adalah masalah dalam diri sendiri. Sebagai manusia, Anda pasti punya permasalahan yang ditemukan sehari-hari yang kadang sampai membuat kita jengkel dan kesal.

Misalnya saja Anda tidak pernah bisa konsisten menjalankan program diet dan selalu tergoda makanan kaya kalori. Kemungkinan masalah ini bisa diubah menjadi sebuah peluang untuk menciptakan aplikasi smartphone yang bisa mengontrol pola makan, mengatur program diet, hingga memberikan tantangan diet bagi penggunanya.

2. Teliti Keahlian

Sebenarnya masing-masing orang punya keahlian sendiri, hanya saja ada yang mengenali dan kemudian mengasahnya, namun tak sedikit yang mengabaikannya begitu saja. Padahal keahlian dalam diri Anda bisa menjadi modal utama untuk membangun bisnis di era modern ini. Misalnya orang yang ahli dalam bidang desain bisa membuka jasa desain digital dengan software tertentu.

3. Cermati Hobi

Hobi yang selama ini ditekuni ternyata juga bisa dijadikan inspirasi memulai bisnis. Bayangkan saja, saat ini sudah banyak orang yang bisa menghasilkan uang dari hobinya jalan-jalan/travelling, kuliner, hingga hobi unik lainnya. Anda pun bisa mencoba menekuni hobi menjadi rezeki, misalnya jika Anda hobi memasak, Anda bisa membuka jasa catering.

4. Bertemu Banyak Komunitas

Bertemu dengan banyak orang dari berbagai komunitas juga bisa menajamkan kepekaan terhadap permasalahan yang timbul. Misalnya para pedagang jajanan khas daerah yang belum punya wadah untuk menjualnya. Kemudian Anda bisa membuat inisiasi bisnis toko online makanan khas daerah tersebut.

5. Mengamati Masalah di Lingkungan Sekitar

Masalah yang mungkin muncul di lingkungan sebenarnya punya jalan keluar yang bisa diubah sebagai ide bisnis kekinian. Coba saja kita lihat bisnis-bisnis start-up saat ini yang sebenarnya dimulai dari permasalahan lingkungan, misalnya saja munculnya ojek online untuk menanggapi sulitnya masyarakat memesan transportasi untuk bepergian ke suatu tempat.

6. Belajar dari Pengusaha Lain

Semua hal dan orang yang ditemui bisa menjadi sarana belajar untuk menemukan ide bisnis di jaman modern ini, tak terkecuali dari para pebisnis yang telah sukses. Anda bisa mencari ide bisnis dari pebisnis yang telah sukses. Galilah informasi sebanyak mungkin mengenai bagaimana perjalanan bisnis mereka hingga sampai sukses.

7. Ikut Komunitas Bisnis

Saat ini banyak anak muda yang membentuk komunitas pengusaha di kotanya masing-masing. Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan ide bisnis yang unik, Anda bisa bergabung dengan komunitas ini. Biasanya komunitas bisnis ini akan membuat pandangan Anda berubah. Hal-hal yang dulunya tak pernah terfikirkan sama sekali, ternyata berubah menjadi bisnis yang sudah dijalani.

Nah diatas merupakan 7 poin bagaimana cara kita meilhat peluang didalam dunia bisnis. Setidaknya nilai nilai diatas meski tidak memberikan dampak yang signifikan bagi dunia anda. Tapi menjadikan strategi anda lebih tajam dan lebih baik lagi. Disini kita juga mampu dituntut melihat semuanya dari berbagai aspek.

Baca Juga : Kata – Kata Motivasi Memulai Bisnis Sampai Jadi Pengusaha Sukses

Teliti dan pelajari. Hindari kecerobohan yang tidak penting. Kreativitas adalah kunci utama lahirnya ide bisnis yang bisa maju dan berkembang di zaman penuh teknologi seperti sekarang ini. Semakin kreatif, Anda bisa menemukan ide bisnis dengan mudah hanya berawal dari permasalahan yang ada di sekitar kita. Semoga artikel diatas dapat membantu kita dalam jeli melihat peluang yang ada. Saya akhiri dengan sekian dan terima kasih. Sampai jumpa di tips selanjutnya.

About the author

Nurdiansyah Uin

Seorang Pengangguran Yang Hanya Ingin Berbagi Banyak Informasi.

Leave a Comment