Tutorial Aplikasi

Cara Mudah Membuat Daftar Isi (Table Of Contents) Di Microsoft Word

Jika kamu ingin membuat buku atau karya tulis lain dengan jumlah halaman yang cukup banyak, maka daftar isi menjadi hal yang penting. Daftar isi bisa memudahkan pembaca untuk mengetahui isi dari karya tulismu dan di halaman mana setiap bab dimulai.

Umumnya jika kita ingin membuat karya tulis, terutama karya tulis yang cukup panjang, maka kita akan menggunakan Microsoft Word. Nah, berbicara mengenai daftar isi, software buatan Microsoft tersebut dapat membuat daftar isi yang bisa diupdate secara instan.

Di Microsoft Word sendiri, cara termudah untuk membuat dan mengedit daftar isi selama pembuatan karya tulis adalah dengan menggunakan fitur table of contents. Jika belum tahu caranya, kamu bisa mengikuti tutorial yang akan kami tampilkan di artikel ini.

Sebagai catatan, tutorial ini dapat digunakan pada Word 2016, Word 2016 for Mac, Word 2019, Word 2019 for Mac, Word 2007, Word 2010, Word 2013, Word for Office 365, Word for Office 365 for Mac, dan Word Online.

Cara Membuat Table of Contents

Di Microsoft Word, daftar isi atau table of contents akan dibuat berdasarkan judul yang terdapat dalam tulisan yang kamu buat. Tulisan dengan format H1 akan menjadi judul utama. Sementara H2 akan menjadi sub judul.

Sering kali daftar isi baru ditambahkan di tengah-tengah pembuatan karya tulis. Dengan kata lain, tulisannya sudah setengah jadi, atau hampir jadi dan tinggal menambahkan daftar isi.

Dalam kondisi ini, tentunya kamu ingin menambahkan daftar isi tanpa merubah font dan format tulisan yang kamu buat. Jika demikian, maka rubah terlebih dahulu format judul dan sub judul yang terdapat di karya tulis tersebut ke H1 dan H2.

Setelah itu, ikuti langkah berikut.

Pilih halaman kosong yang ingin kamu isi dengan daftar isi. Klik halaman tersebut. Setelah itu klik tab References.

Di sana, klik Table of Contents. Nanti akan muncul menu baru yang menunjukan sejumlah style table of content. Pilih yang kamu sukai.

Jika kamu menggunakan Microsoft Word 2003 atau versi sebelumnya, maka caranya agak sedikit berbeda, yaitu mulai dari Insert, lalu ke Reference dan Tables and Indexes. Setelah itu pilih Table of Contents.

Cara Mengupdate Table of Contents

Kamu bisa langsung mengupdate tablet of contents yang kamu buat setelah mengubah isi dokumenmu. Caranya, klik dimana saja di table of content yang kamu buat. Setelah itu, klik Update Table.

Dari sana, kamu bisa memilih apakah kamu ingin Update page numbers only atau Entire table of contents. Setelah memilih salah satunya, klik Ok. Nanti, daftar isimu akan diupdate secara otomatis.

Cara Mengedit Dan Menggunakan Table of Contents

Table of Content yang kamu buat bisa kamu edit. Caranya, blok teks yang mau diedit. Setelah itu, klik menu Home. Di sana, kamu bisa memilih ukuran, warna, font ataupun format teks yang sesuai keinginanmu.

Jika kamu membutuhkan lebih banyak pilihan untuk merubah table of contents, maka blok teks di table of contents dan klik kanan. Setelah itu pilih Edit Field.

Pada menu Filed Name, gulirkan ke bawah. Nanti kamu akan menemukan TOC. Klik pilihan tersebut. Setelah itu di sebelah kanan, klik Table of Contents.

Pada menu Tablet of Contents, kamu bisa menemukan beragam pilihan untuk mengedit daftar isi yang kamu buat.

Selain melakukan pengeditan, kamu juga bisa menggunakan daftar isi tersebut untuk memudahkanmu dalam mencari halaman yang kamu cari. Ini karena daftar isi tersebut telah dilengkapi dengan hyperlink bawaan.

Untuk berpindah halaman secara cepat dengan menggunakan hyperlink, arahkan ke judul atau sub judul yang ingin kamu cari. Setelah itu tekan dan tahan tombol Ctrl, lalu klik kiri mouse. Nanti kamu akan berpindah secara otomatis ke halaman yang kamu tuju.

About the author

Alvin

Leave a Comment