Android

Mencatat Jadi Lebih Mudah Dengan 5 Aplikasi Note Berikut

Saat ini, smartphone sudah menjadi barang yang sangat penting dan bagian yang tidak terpisahkan dari hidup kita. Smartphone memiliki banyak fungsi, yang salah satunya adalah mengantikan buku catatan yang biasa digunakan untuk mencatan ide, apa yang harus dilakukan dan hal lain yang mungkin berguna di kemudian hari.

Untuk melakukannya, kamu perlu menginstal aplikasi note di smartphonemu. Bukan hal yang sulit mengingat saat ini ada banyak aplikasi note yang bisa kamu unduh di google play.

Tapi bagian sulitnya adalah menentukan aplikasi mana yang harus kamu gunakan. Memilih aplikasi yang tepat bisa meningkatkan produktivitasmu. Tetapi menggunakan yang kurang tepat. Ini justru akan membuatmu frustasi dan menghambat kreativitasmu.

Lalu aplikasi seperti apa yang cocok untukmu? Jawaban seperti ini tentu saja hanya kamu yang bisa menjawabnya. Kami hanya bisa membantu merekomendasikan sejumlah aplikasi berikut.

Microsoft OneNote

Microsoft OneNote tersedia secara gratis sejak 2015 lalu. Ini membuat jumlah pengguna Microsoft OneNote meningkat dengan drastis. Tidak hanya populer, aplikasi ini juga berhasil membuktikan diri sebagai aplikasi note yang paling berguna.

Microsoft OneNote sendiri kaya akan fitur. Di aplikasi, kamu bisa mengambil clipping dari website, menyisipkan file multimedia di catatanmu, menggambar dengan menggunakan jari dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini mudah untuk dipelajari. Tampilannya juga tampak modern dan bersih.

Buat kamu yang membutuhkan aplikasi untuk menyimpan data dalam jangka waktu yang cukup lama, seperti ide untuk menulis cerita, resep masakan atau catatan kuliah, maka kamu bisa menggunakan Microsoft OneNote untuk memenuhi kebutuhanmu.

TickTick

Buat yang suka nulis to-do list, aplikasi ini akan sangat membantu. Ini karena pada dasarnya TickTick memang aplikasi to-do list yang dilengkapi oleh sejumlah fitur tambahan untuk memudahkanmu menulis to-do list dan catatan lainnya.

Pada setiap item yang kamu masukan dalam to-do listmu, kamu akan menemukan bagian  “Description”. Di bagian tersebut, kamu bisa menulis catatan yang berkaitan dengan item to-do lis tersebut.

TickTick  juga bisa digunakan dalam dua perangkat. Dengan demikian, kamu bisa membuat to-do listmu di PC misalnya, dan mengakses daftar yang kamu buat di smartphone milikmu.

Squid

Jika kamu lebih suka menulis dengan tangan dibanding mengetik catatan-catatan penting, maka kamu bisa mencoba menggunakan Squid. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menulis catatan atau apapun yang ingin kamu tulis.

Untuk menulis di aplikasi ini, kamu bisa menggunakan stylus atau jari tanganmu sendiri. Namun tentu saja, akan lebih nyaman jika menggunakan stylus dan menulis di tablet yang berukuran lebih besar dari smartphone.

Simplenote

Sesuai namanya, aplikasi ini hadir dengan tampilan yang sederhana dan merupakan salah satu aplikasi catatan paling ringan. Simplenote adalah aplikasi yang paling tepat untuk kamu yang tidak terlalu suka dengan aplikasi yang memiliki banyak fitur dan lelah dengan fitur-fitur tersebut yang sebenarnya jarang sekali digunakan.

Simplenote sendiri sebenarnya memiliki fitur-fitur yang membuatnya dapat digunakan sebagai aplikasi untuk semua catatanmu. Tapi jika kamu ingin menyimpan banyak sekali catatan dalam waktu yang cukup lama, maka sebaiknya cari aplikasi lain.

Aplikasi ini lebih cocok digunakan untuk kamu yang membutuhkan media untuk menyimpan catatan-catatan penting yang akan digunakan dalam waktu dekat. Selain itu, aplikasi ini juga sangat cocok untuk mereka yang memiliki smartphone edisi lama yang tidak terlalu powerful.

Evernote

Evernote adalah aplikasi catatan pertama yang hadir dengan membawa fitur yang sangat lengkap. Membuat aplikasi tersebut berhasil menjadi yang paling populer selama beberapa waktu. Namun saat ini situasinya agak berbeda.

Evernote tidak lagi spesial, mengingat sejumlah fitur hanya bisa diakses oleh pengguna premium. Meski demikian, aplikasi ini masih tetap layak digunakan karena memiliki beberapa fitur yang cukup menarik seperti web clipping, fitur sinkronisasi antar perangkat, memindai teks yang terdapat dalam foto, dukungan fitur pencarian yang cukup baik dan sejumlah fitur lain yang tentunya sangat bermanfaat untukmu.

About the author

Alvin

Leave a Comment